Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Keperluan Haji Laki-laki dan Perempuan, Jangan Lupa Dibawa!

Keperluan haji laki-laki dan perempuan, perlu dipersiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum mendekati hari keberangkatan. Tapi sebelum memikirkan barang-barang yang harus dibawa, calon jema'ah lebih baik memerhatikan kesehatan fisik dan mental dahulu.
 
Ibadah dapat berjalan lancar jika calon jema'ah, dalam keadaan sehat. Sehingga mampu melaksanakannya dengan baik.
 
Diketahui untuk mendapatkan kesehatan tersebut, calon jema'ah harus bertaubat sungguh-sungguh, berdzikir serta menjaga pola hidup sehat. Supaya terjaga kesehatan 
secara fisik maupun mental.
 
Bahkan sebelum berangkat, dianjurkan untuk meminta maaf, bersilaturahim, serta memohon do'a restu pada keluarga dan saudara. Setelah mempersiapkan mental serta fisik, periksa kembali keperluan haji laki-laki dan perempuan sudah lengkap atau belum.
 
Keperluan Haji Laki-laki dan Perempuan
 
Tentunya keperluan antara laki-laki dan perempuan itu tidak sama. Keduanya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.
 
Daftar kebutuhan ini sudah kami rangkum untuk Anda. Perlu dipersiapkan sebelum memulai perjalanan ke tanah suci, Berikut daftar keperluan haji laki-laki dan perempuan 
yang perlu dipersiapkan.
 
1. Keperluan Haji Laki-laki
 
Ada sejumlah keperluan yang harus dipersiapkan oleh para jema'ah laki-laki. Selain menyiapkan perlengkapan penting seperti pakaian ihram, alat mandi, ikat pinggang, serta sarung masih ada yang lainnya.
 
Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah pakaian ganti bisa menyerap keringat. Pakaian ini baik digunakan untuk melakukan aktivitas di luar kegiatan ibadah, serta digunakan untuk tidur.
 
Anda, juga perlu mempersiapkan buka panduan, do'a ibadah haji, serta membawa Al-Qur'an. Tujuan datang ke tanah suci adalah untuk beribadah, maka perbanyak membaca Al-Qur'an serta mengingat kembali panduan untuk beribadah haji, dan menghafalkan do'a-do'anya. 
 
Hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah membawa obat pribadi. Berjaga-jaga jika nanti kondisi tubuh sedang tidak fit ketika beribadah. Kemudian juga bawa sandal jepit, agar aktivitas bisa lebih mudah.
 
Jika ingin lebih tertutup, Anda dapat menggunakan slip on. Ini juga membantu kaki terhindar dari paparan sinar matahari. Keadaan di Mekkah dan Indonesia, sangat berbeda dalam cuaca.
 
Untuk menghalau matahari, gunakan juga kacamata hitam. Agar sinar matahari tidak langsung menuju pada kornea mata. Sejumlah peralatan ini, perlu jema'ah laki-laki perisapkan.
 
Setelah membahas keperluan laki-laki, berikut kami juga bahas keperluan perempuan. Agar keperluan haji laki-laki dan perempuan dapat terpenuhi dengan baik.
 
2. Keperluan Haji Perempuan
 
Sebagai perempuan, biasanya barang bawaan lebih banyak daripada laki-laki. Tapi untuk mempertimbangkan kapasitas barang bawaan, Anda harus pintar-pintar memilih barang penting untuk di bawa.
 
Misalnya dengan membawa pakaian bisa menyerap keringat. Suasana Mekkah panas sekali dibandingkan dengan Indonesia. Maka perlu menyiapkan pakaian untuk aktivitas diluar atau tidur bisa menyerap keringat tubuh.
 
Kemudian jangan lupa bawa pembalut. Perempuan memang memiliki fitrah haid setiap bulannya. Supaya tidak kerepotan, lebih baik persiapkan sebelum berangkat ke tanah suci. Dan jangan lupa bawa obat-obatan pribadi serta Al-Qur'an.
 
Selanjutnya, jangan lupa bawa sunscreen dan skin care lainnya. Menjaga pemberian Allah merupakan bentuk rasa syukur, untuk itu Anda perlu membawa skincare terutama sunscreen. Aplikasikan sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan.
 
Tidak hanya perawatan kulit wajah yang perlu Anda bawa, handbody dengan SPF bantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi, terik di Mekkah dan Indonesia berbeda jauh. Gunakan juga kacamata untuk melindungi mata dari sinar matahari yang menyilaukan.
 
3. Keperluan Dibawa Keduanya
 
Setelah membahas kebutuhan pribadi masing-masing, kami bahas secara umum untuk keperluan haji laki-laki dan perempuan yang wajib sekali untuk dibawa. Berikut ini daftar barang yang harus dibawa.
 
Pakaian tanah suci, kebutuhan pertama yang harus dibawa adalah membawa baju ihrom dua set. Kemudian tiga baju atasan (non ihrom), rok atau celana tiga buah.
 Jaket untuk antisipasi cuaca dingin, pakaian dalam, serta beberapa pakaian lainnya.
 
Dokumen pribadi, ini merupakan keperluan haji laki-laki dan perempuan yang wajib sekali di bawa. Yakni berupa; paspor, buku panduan haji, buku kesehatan, buku setor warna biru, serta SPMA.
 
Tas khusus kabin, untuk tas ini digunakan untuk barang-barang yang diperlukan Anda bawa. Seperti yang sudah kami bahas di atas. Masukkan barang-barang tersebut, ke dalam tas kabin.
 
Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah memeriksa seluruh barang bawaan . Jika perlu buat list dan tandai satu per satu keperluan haji laki-laki dan perempuan yang sudah dipersiapkan.