Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Kesalahan dalam Menabung Haji Sehingga Dana Sulit Terkumpul

Kesalahan dalam menabung haji banyak sekali dilakukan oleh calon jemaah haji sehinga dana haji yang ditabung sulit terkumpul.
 
Haji termasuk ke dalam salah satu rukun islam, yang wajib dilaksanakan bagi yang mampu. Dan pastinya sebagai umat muslim ingin menunaikan rukun islam tersebut.
 
Namun, terkadang salah satu faktor penghambat untuk pergi haji adalah biaya, dimana biaya naik haji sekarang tidaklah murah, sehingga salah satu alternatifnya adalah dengan cara menabung.
 
Dalam membuka tabungan haji haruslah berhati-hati jangan sampai terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan uang sulit terkumpulkan. 
 

Tips Supaya Kesalahan dalam Menabung Haji Terhindar

 
Ketika Anda berencana untuk berangkat haji, terdapat beberapa tips menabung sehingga kesalahan dalam menabung haji dapat terhindari dan dana haji cepat terkumpul. 
 
1. Berniat Sedini Mungkin
 
Sebagian besar jamaah haji asal Indonesia merupakan usia lanjut, hal ini disebabkan bukan hanya masalah antrian haji saja yang cukup panjang, namun juga karena niat haji tidak dipersiapkan sedini mungkin.
 
Kebanyakan dari jamaah haji baru berniat atau berkeinginan menunaikan ibadah haji serta mulai menabung ketika usianya sudah menginjak dewasa. 
 
Dengan berniat haji sedini mungkin juga dapat dijadikan sebagai media latihan untuk terbiasa supaya lebih fokus dengan tujuan, sehingga kesalahan dalam menabung haji 
tidak terjadi.
 
Dalam islam, dengan berniat saja sudah bernilai ibadah dan mendapatkan pahala sehingga seharusnya tidak ada alasan untuk memulai niat berhaji dari sekarang.
 
2. Menggunakan Fasilitas Pinjaman dari Bank Syariah
 
Tips selanjutnya setelah niat yaitu menggunakan fasilitas pinjaman dari bank syariah yang biasa dikenal dengan pembiayaan haji. Produk ini dibuat khusus untuk dapat membantu calon jamaah haji supaya dapat berangkat ke tanah suci lebih cepat.
 
Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para calon jamaah haji dapat lebih mudah dalam mendaftar untuk menunaikan ibadah haji. Namun, untuk meminimalisir beban pembayaran, harus memiliki tabungan haji terlebih dahulu.
 
3. Menabung pada Perusahaan Penyelenggara Haji
 
Supaya tidak terjadi kesalahan dalam menabung haji, biasanya perusahaan travel haji memberikan kemudahan yaitu dengan memfasilitasi tabungan haji maupun umroh.
 
Perkiraan dana untuk dapat berangkat haji sekitar 36 jutaan, dengan atrean sekitar 10 tahun. Sehingga Anda dapat mencicilnya sedikit-sedikit setiap bulannya.
 
Namun, terkadang perusahan penyelenggara haji juga memberikan keringan dengan mengizinkan nasabahnya untuk berangkat haji jika tabungannya sudah mencapai 90 persen dari biaya haji yang dibutuhkan.
 
Dan kekurangannya tersebut dapat dicicil setelah menyelesaikan ibadah haji. Sehingga perlu mencari tahu reputasi serta kredibilitas perusahaan penyelengara haji tersebut. 
 
4. Menabung Secara Tetap
 
Maksud dengan menabung secara tetap, yaitu menyetorkan uang kepada bank dengan besaran yang sama setiap bulannya, sehingga kekuatan bunga atau compound interest dapat dimanfaatkan dan kesalahan dalam menabung haji juga tidak terjadi.
 
Untuk mendapatkan keuntungan tersebut dapat dilakukan pada koperasi atau bank syariah yang memberikan keuntungan bagi hasil sebanyak 20 persen per tahunnya.
Anda tidak peru merasa khawatir ketika menabung di bank syariah, karena keamanannya telah dijamin oleh pemerintah.
 
5. Menjadikan Sebagai Prioritas
 
Penyebab lainnya terjadi kesalahan dalam menabung haji sehingga danannya sulit terkumpul adalah tidak dijadikan sebagai prioritas. Sehingga harus dapat mengatur pengeluaran akan kebutuhan sehari-hari dengan tabungan haji.
 
Jika tabungan haji dijadikan sebagai prioritas, maka bukanlah hal yang tidak mungkin jika dana haji dapat terkumpul dengan cepat. 
 
Jika konsekkuen dalam menabung haji dari sekarang, walaupun besaran tabungan setiap bulannya tidak begitu besar, pastinya dana tersebut tidak akan sulit terkumpul dan dapat berangkat haji lebih cepat.
 
6. Menabung untuk Haji di Bank
 
Dengan menabung di bank yang khusus untuk haji atau umroh, dana yang ditabung tidak dapat digunakan untuk keperluan lain selain haji atau umroh, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menabung haji.
 
Selain itu, besaran setiap bulannya juga dapat disesuaikan dengan kemampuan atau target keberangkatan yang diinginkan.
 
Dengan menabung di bank tersebut dapat mempermudah dalam mengumpulkan biaya haji, terutama bagi Anda yang kesulitan dalam mengatur besaran uang yang harus ditabungkan setiap bulannya dengan target keberangkatan.
 
Karena biasanya pihak bank akan memberikan saran besaran setoran tiap bulannya supaya sesuai dengan target Anda.
 
Semakin banyaknya biaya keberangkatan haji, semakin banyak juga orang yang memilih menabung untuk dapat mengumpulkan biaya haji tersebut.
 
Ketika akan menabung haji, terdapat beberapa tips yang dapat dijadikan sebagai referensi sehingga dapat terkumpul dengan cepat sesuai target yang diinginkan dan kesalahan dalam menabung haji dapat dielakan.