Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Ketahui Berbagai Syarat Umrah Terkini yang Perlu Dilengkapi

Perjalanan ibadah ke tanah suci memang telah dibuka untuk umum namun tetap ada syarat umrah terkini sebagai usaha perjalanan sehat di tengah pandemi. Peraturan perjalanan umrah tentu akan terus berubah menyesuaikan keadaan saat ini.

Kabar terkini adalah bahwa Pemerintah Arab Saudi telah membuka pengajuan visa umroh sejak 14 Juli 2022. Adapun pembukaan pelayanan visa umroh ini adalah setelah puncak ibadah haji 1443 H di Arofah, Muzdalifah, dan Mina yang berakhir pada 12 Juli 2022.

 

Berikut Beberapa Syarat Umrah Terkini yang Perlu Diketahui

Namun demikian pemberangkatan umroh baru akan dilaksanakan tanggal 30 Juli 2022. Adapun beberapa syarat umrah terkini telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi antara lain, pertama jamaah umroh berusia di bawah 65 tahun.

Syarat selanjutnya yaitu telah mendapatkan vaksin Covid 19 dosis lengkap serta diakui WHO. Terdapat sekiranya tujuh vaksin Covid 19 yang diakui oleh WHO yaitu Sinopharm, Pfizer/BioNTech, Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson, Sinovac, dan Covaxin.

Syarat umrah terkini selanjutnya yaitu telah mendapatkan vaksin meningitis. Kemudian melampirkan hasil PCR negatif maksimal 3 x 24 jam. Terakhir memiliki Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna) yang dapat dibuat melalui aplikasi PeduliLindungi.

Berbagai Kelengkapan Berkas Sebagai Syarat Pengajuan Visa Umrah

Selanjutnya bagi Anda yang akan melakukan pengajuan visa umroh dapat melengkapi berkas yang diperlukan melalui PPIU atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh. 
Adapun beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon jamaah sesuai ketentuan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi adalah sebagai berikut.

1. Melengkapi Formulir Visa Umrah Asli

Pertama yaitu mengisi lengkap formulir aplikasi visa umroh asli. Pernyataan yang tertulis pada akhir formulir aplikasi harus dibaca dan ditandatangani dengan cermat. Untuk dapat memiliki formulir aplikasi visa melalui pos yaitu dengan mengirim amplop menggunakan alamat sendiri ke Konsultan Arab Saudi terdekat.

2. Syarat Khusus Apabila Memiliki Nama non-Muslim

Syarat umrah terkini dalam mengajukan visa adalah menyerahkan sertifikat dari masjid atau muslim center yang menyatakan bahwa pemohon merupakan seorang muslim. Ini berlaku apabila Anda memiliki nama non-Muslim.

3. Mengirimkan Foto yang Sesuai

Selanjutnya adalah memberikan satu foto terbaru, berwarna, ukuran paspor menggunakan latar belakang putih yang harus dilampirkan pada formulir aplikasi. Foto harus menampilkan wajah penuh dan menghadap kamera secara langsung. Mengirimkan foto tampak samping atau miring tidak akan diterima.

4. Memiliki Paspor Aktif

Selanjutnya yaitu masa aktif paspor harus berlaku setidaknya 6 bulan sejak tanggal penyerahan formulir aplikasi.

5. Melampirkan Tiket Pesawat

Syarat umrah terkini untuk pengajuan yaitu memberikan tiket pesawat yang telah dikonfirmasi. Pastikan tanggal keberangkatan dari Arab Saudi dua minggu sejak tanggal masuk.

6. Berangkat Bersama Mahromnya

Bagi calon jamaah perempuan dan anak-anak harus didampingi oleh suami atau ayah, atau kerabat laki-laki yang mahrom. Bukti hubungan perlu dilampirkan, yaitu akta nikah untuk istri ataupun akta kelahiran yang mencantumkan nama kedua orangtua untuk anak.

Sebagai seorang mahrom harus melakukan perjalanan masuk hingga keluar dari Arab Saudi menggunakan penerbangan yang sama dengan istri dan anak-anaknya.

Namun untuk perempuan berusia 45 tahun atau lebih boleh pergi tanpa mahrom jika bepergian dengan keluarga atau kelompok yang terorganisasi. Sebagai ganti, ia harus menyerahkan Sertifikat Tidak Keberatan yang diaktakan dari mahromnya.

7. Syarat Khusus Jika Tidak Tinggal di Negara Asli

Kemudian, untuk mengajukan visa maka syarat umrah terkini dengan menyerahkan izin tinggal yang sah bersama permohonan apabila pemohon bukan warga negara dari negara 
tempat ia mengajukan permohonan.

8. Melampirkan Sertifikat Vaksinasi Meningokokus Meningitis

Selanjutnya yaitu melampirkan sertifikat vaksinasi Meningokokus Meningitis. Sertifikat vaksinasi harus dikeluarkan tidak lebih dari tiga tahun dan tidak kurang dari 10 hari sebelum masuk Arab Saudi, serta harus berlaku selama tiga tahun.

Lebih lanjut, pemohon harus membawa sertifikat vaksinasi tersebut saat masuk ke Arab Saudi.

Terakhir, visa umroh akan keluar apabila semua komponen dalam sistem umrohnya telah selesai. Untuk urusan hotel, asuransi, transport, dan biaya lainnya termasuk administrasi sekitar 500an Riyal Saudi atau sekitar Rp 1.9 juta.

Jika Anda merasa segala syarat ibadah umrah terkini sangat menyulitkan maka dapat melalui agen travel resmi dan terpercaya yaitu Mabruk Tour. Anda dapat menghubungi pihak Mabruk Tour melalui website resmi kami.

Mabruk Tour telah dipercaya amanah dalam perjalanan ibadah umrah, telah banyak testimoni jamaah yang menggunakan jasa ini. Tentu saja Mabruk Tour dengan senang hati akan membantu Anda melengkapi berbagai syarat umrah terkini.