Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Keuntungan Manasik Haji dan Umrah Bagi Jamaah

Dianjurkan agar setiap Muslim melakukan manasik haji dan umrah sebelum menunaikan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci. Biasanya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau biro perjalanan terkait bertugas menyelenggarakan acara seremonial tersebut.
 
Apa saja keuntungan menjalankan manasik ibadah haji dan umroh ini, mungkin Anda bertanya. Ternyata para jamaah haji dan umrah benar-benar diuntungkan dengan praktek-praktek manasik tersebut. 
 
Karena nantinya Anda akan belajar tentang tata cara, rukun, shalat, syarat-syarat yang diperlukan, dan aspek-aspek penting lainnya dalam ibadah haji dan umrah melalui manasik sebelum haji dan umrah.
 
Apa Itu Manasik Haji dan Umrah?
 
Tata cara haji dan umrah bisa diibaratkan sebagai seperangkat pedoman yang bisa Anda ikuti saat melakukan perjalanan haji atau umrah. 
 
Anda dan jamaah lainnya akan menemukan informasi penting tentang Haji dan Umrah dalam manasik haji ini, termasuk prasyarat, langkah-langkah, rukun, hal-hal yang 
dilarang, dll.
 
Biasanya, manasik haji dan umrah rutin diadakan oleh KBIH atau biro perjalanan agar jamaah dapat memahami filosofi yang disampaikan. 
 
Manasik atau latihan sebelum haji dan umrah biasanya mencakup praktik serta teori, sehingga memudahkan jemaah untuk mempersiapkannya sebelum melakukan perjalanan ke Tanah Suci. 
 
Pelaksanaan manasik sering melibatkan pakaian ihram, niat, rajam, tawaf, dan praktik lainnya. Biasanya, seluruh proses haji dan umrah akan dilakukan secara bersamaan.
Keuntungan Manasik Haji dan Umrah
 
Sobat, ternyata ibadah haji dan umrah lebih dari sekedar tugas rutin. Mereka juga menawarkan kita sejumlah manfaat positif, seperti:
 
1. Mempelajari Rangkaian Haji dan Umrah.
 
Jemaah niscaya akan mendapat informasi krusial tentang pelaksanaan ibadah haji dan umrah melalui KBIH atau travel yang digunakan. Anda kemudian akan mengetahui urutan ibadah yang akan dilakukan nanti. 
 
Bagi Anda dan jamaah lainnya, sangat penting untuk banyak bertanya tentang segala sesuatu yang tidak jelas; setelah itu, penasihat KBIH atau agen perjalanan akan dengan senang hati membantu.
 
2. Kenali doa-doanya
 
Manfaat pertama sebenarnya berhubungan dengan manfaat kedua. Setidaknya Anda sudah familiar dengan doa-doa yang biasa dipanjatkan saat beribadah di Tanah Suci jika Anda sering melakukan manasik haji dan umrah. 
 
Anda akan mengetahui tentang alasan umrah misalnya, seperti sholat masuk masjid, sholat saat tawaf, sholat dua rakaat di depan Maqom Ibrahim, sholat minum air zam zam, dan seterusnya.
 
3. Memahami cara mempersiapkan
 
Jamaah haji dan umrah yang mengikuti manasik Haji dan Umrah juga belajar tentang bekal atau perlengkapan yang harus dibawa saat melakukan ibadah di Tanah Suci. 
Misalnya, Anda mengetahui bahwa jamaah wanita harus memakai pakaian yang menutupi auratnya atau jamaah laki-laki harus memakai kain ihram tanpa jahitan, dll.
 
4. Tidak kaget saat pertama kali mengunjungi arab saudi
 
Para jamaah haji dan umrah akan lebih mengenal kondisi di Mekkah dan Madinah dengan mengikuti manasik haji dan umrah. Biasanya, KBIH atau biro perjalanan akan 
menguraikan keadaan saat ini. 
 
Misalnya, jemaah dianjurkan untuk membawa jaket atau pakaian hangat karena cuaca di Makkah sangat dingin. Selain itu, dengan mempelajari adat istiadat Mekkah atau Madinah, Anda bisa lebih menjaga diri saat harus keluar hotel sendirian.
 
5. Kenal dengan jamaah lain
 
Anda pasti akan menjumpai para jamaah lain dari berbagai negara saat menunaikan ibadah haji dan umrah, bukan? Ikutlah manasik haji dan umrah terlebih dahulu agar bisa mengenal jemaah haji lainnya jika berniat bepergian sendiri tanpa keluarga. 
 
Selama di Tanah Suci, Anda bisa lebih mudah jika mengenal traveller lain yang berada di KBIH atau travel broker yang sama.
 
Terlebih lagi, Anda harus memilih KBIH atau biro perjalanan yang memiliki reputasi baik untuk memastikan pelaksanaan ibadah yang tepat hingga keberangkatan ke Tanah Suci. 
 
Akibat kelalaian banyak biro perjalanan saat ini, jemaah haji yang sudah lebih dulu berkunjung ke Arab Saudi menjadi korban. Pastinya sobat tidak ingin hal tersebut terjadi. Pastikan memilih KBIH atau biro perjalanan umrah yang memiliki reputasi baik dan terpercaya untuk itu.
 
Salah satu biro perjalanan haji dan umrah terpercaya adalah Mabruk. Anda akan mengikuti rangkaian manasik haji dan umrah serta panduan ibadah yang lengkap untuk menambah kekhusyukan nantinya.