Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Keutamaan Ibadah Umroh dan Tips Penting untuk Jamaah 2023

Seperti apakah keutamaan ibadah umroh? Seperti sudah diketahui bahwa jenis ibadah satu ini paling banyak dipilih oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal itu karena Anda tidak perlu menunggu hingga bertahun-tahun untuk menjalankannya. 
 
Umroh sendiri merupakan salah satu ibadah bagi umat muslim dengan tujuan melakukan ziarah ke Tanah Suci. Pelaksanaan kegiatan inipun dilakukan dengan beberapa tahapan seperti niat, ihram, tawaf, sa’I dan nantinya akan diakhiri dengan tahallul. 
 
Dibandingkan dengan haji, umroh ternyata juga dapat dilaksanakan sepanjang tahun dan sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya juga mengikuti dengan syarat, rukun, hukum sekaligus waktu pelaksanaannya tersebut. 
 
Kendati umroh termasuk sebagai ibadah sunnah, tetapi didalamnya juga terdapat sejumlah keutamaan ibadah umroh bagi jamaah yang menjalankannya tersebut. 
 
Keutamaan Ibadah Umroh yang Perlu Diketahui 
 
Apabila Anda tidak ingin menunggu hingga belasan bahkan puluhan tahun untuk menjalankan haji, maka umroh dapat menjadi pilihan yang terbaik. Seperti sudah diketahui bahwa kegiatan ziarah ke Tanah Suci ini tergolong sunnah hukumnya. 
 
Tetapi bagi Anda yang menjalankannya ternyata akan mendapatkan sejumlah keutamaan ibadah umroh nantinya. Seperti bisa menghapus dosa-dosa, dimana seseorang dimana sudah menjalankan kegiatan ini dan melakukan di tahun-tahun berikutnya maka dosa diantara kedua waktu tersebut akan dihapus. 
 
Hal ini ternyata juga sesuai dengan HR Bukhari dimana berbunyi bahwa suatu umroh kepada umroh lainnya memiliki sifat kafarrah yakni menghapuskan dosan diantaranya keduanya dan haji yang mabrur itulah tidak ada balasan selain surge. 
 
Keutamaan ibadah umroh berikutnya yakni Anda bisa mendapatkan pahala sholat berlipat ganda nantinya. Sebab nantinya Anda bisa mendapatkan 1000-100.000 kali lipat pahal ketika menjalankan sholat. 
 
Keutamaan inilah ternyata juga disebutkan didalam hadist riwayat Ahmad dan Ibnu Majah. Masih ada keutamaan lainnya yakni apabila Anda menjalankannya, ternyata juga bisa memperoleh ketenangan hati nantinya. 
 
Selain tenang, ternyata akan membuat kehidupan jauh lebih tentram sehingga lebih ikhlas dalam menjalani kehidupan nantinya. Ini juga akan memberikan Anda kekayaan dalam hati sekaligus kesabaran, tabah hingga meningkatkan kualitas dari keimanan nantinya. 
 
Keutamaan ibadah umroh berikutnya yakni doa yang Anda lantunkan itulah ternyata juga akan di kabulkan. Sebab bisa datang ke Tanah Suci, ternyata akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Jemaah yang berniat menjalankannya kepada Allah. 
 
Di samping itu, Anda juga bisa mendapatkan pahala yang dilipatgandakan terutama ketika sedang menjalankan sholat di Masjid Quba, mendapatkan keberkahan bahkan akan dijanjikan dengan adanya surge nantinya. 
 

Tips untuk Menjalankan Ibadah Umroh Pertama Kali

 
Sudah tahu bukan sejumlah keutamaan ibadah umroh yang ada diatas? sampai disini pastinya Anda tertarik buat menjalankan ibadah sunnah ini. Sebelum itu, Anda juga perlu untuk mengetahui beberapa tips berikut ini. 
 
1. Mengetahui Musim di Tanah Suci
 
Tips pertama yang paling penting adalah mengetahui musim dimana sedang terjadi di Tanah Suci tersebut. Secara umum terdapat dua musim yakni musim panas serta dingin. Walaupun mirip dengan Indonesia, tetapi dari segi kelembapan membuat Arab jarang hujan. 
 
2. Menjaga Kesehatan dengan Baik
 
Keutamaan ibadah umroh sendiri memang bisa didapatkan apabila Anda bersungguh-sungguh dalam beribadah. Nah, untuk mendukung kegiatan inilah agar lebih optimal, Anda juga perlu menjaga kesehatan dengan baik dahulu. Ingat bahwa kegiatan ibadah ini ternyata cukup banyak dan padat. 
 
3. Membawa Keperluan dan Perlengkapan Pribadi
 
Agar perjalanan ke Tanah Suci tersebut bisa nyaman dan tenang, maka jamaah juga diharuskan membawa keperluan dan perlengkapan pribadi nantinya seperi obat-obatan, perawatan tubuh hingga pakaian yang sesuai. 
 
4. Mengetahui Aturan di Arab Saudi 
 
Kendati nantinya Anda mungkin akan berangkat menggunakan biro perjalanan, tetapi sangat penting agar mengetahui aturan yang terdapat di Tanah Suci tersebut dengan baik. Terlebih lagi berkaitan dengan gaya pakaian dari wanita dimana harus sopan. 
 
5. Jangan Lupa Mengikuti Manasik 
 
Sebagai persiapan ke Tanah Suci, kami juga menyarankan Anda agar mengikuti kegiatan manasik alias peragaan dari pelaksanaannya. Ini tentu akan memberikan kemudahan dalam menjalankan ibadah ke Tanah Suci nantinya. 
 
Apabila Anda ingin segera pergi ke Tanah Suci kapanpun maka umroh dapat menjadi pilihan terbaiknya. Dengan menjalankannya itulah ternyata terdapat sejumlah keutamaan ibadah umroh dimana dapat diperoleh para jamaah.