Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Kumpulan Berita Haji Terkini 2022, Ada Kebijakan Baru

Bagi Anda yang belum sempat melaksanakan ibadah di tanah suci dapat melihat berita haji terkini 2022 untuk dapat merasakan juga kenikmatan ibadah haji, dan menjadi dorongan untuk semangat mempersiapkan tabungan haji. Sebab, setiap kegiatan ibadah haji pasti mengesankan bagi jemaahnya, terutama bagi jemaah yang baru pertama kali datang ke kota suci.

Ada banyak sekali kejadian tidak terduga yang dialami oleh jemaah asal Indonesia dari mulai kejadian meninggalnya jemaah, kepulangan jemaah asal Indonesia, dan pengalaman beribadah yang mereka dapatkan.

Khususnya pengalaman pada tahun 2022 yang penyelenggaraannya sedikit berbeda dari terakhir kali Kerajaan Arab Saudi menerima kuota jemaah asing tahun 2019.

Seperti pembatasan kuota, peraturan dan fasilitas terbaru, dan teknologi baru yang digunakan untuk memastikan keamanan jemaah haji. Berikut kami sajikan beberapa 
rangkuman berita haji terkini 2022 untuk Anda terbaru.

 

Berita Haji Terkini 2022 Keberangkatan Haji Setelah 2 Tahun Terhenti Karena Pandemi

Tahun 2022 merupakan salah satu tahun kebahagiaan bagi jemaah antrean kuota keberangkatan yang semakin padat. Dengan dibukanya kembali jemaah haji setelah 2 tahun pemerintah Arab Saudi tidak menerima jemaah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Berita haji terkini 2022 Kerajaan Arab Saudi membuka 85% kuota untuk jemaah asing dan 15% untuk jemaah yang berasal dari lokal. Dengan rincian kuota yang didapatkan oleh jemaah asal Indonesia berdasarkan Kementrian Agama (Kemenag) sebanyak 100.051 orang.

Rincian kuota tersebut terbagi menjadi kelas yaitu kelas khusus sebanyak 7.226 orang dan kelas reguler sebanyak 92.825 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah kuota jemaah terbanyak didapatkan dibandingkan dengan negara lain. Sementara itu petugas yang akan mengatur dan menjaga keamanan jemaah asal Indonesia sebanyak 1.901 petugas.

Pemberangkatan jemaah terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama yang berangkat dari Tanah Air menuju Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz di kota Madinah. Pemberangkatan gelombang satu ini dimulai dari tanggal 4 juni hingga 18 juni 2022.

Pemberangkatan jemaah haji gelombang kedua berangkat dari Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz di kota Jeddah. Pemberangkatan gelombang kedua ini dimulai pada tanggal 19 juni hingga 3 juli 2022.

Peraturan Terbaru Haji Setelah Pandemi

Pergelaran tahun ini memang spesial karena setelah 2 tahun tidak menerima jemaah asing kini kembali dibuka. Salah satu berita haji terkini 2022 yaitu pemerintah Kerajaan Arab Saudi menerapkan beberapa Peraturan dan fasilitas terbaru , karena mengingat saat ini masih dalam transisi dari masa pandemi.

Semua peraturan dan kegiatan berubah kecuali ritual ibadah haji itu sendiri, berikut beberapa peraturan terbaru yang dialami oleh jemaah haji tahun 2022.

1. Pembatasan Usia

Usia yang diperbolehkan pada saat pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 adalah setiap orang yang masih memiliki usia dibawah 65 tahun. Bahkan usia menyentuh pas 65 menjelang pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 saja sudah tidak diperbolehkan untuk berangkat ke tanah suci.

Semoga untuk jemaah yang sudah berusia 65 tahun ke atas bisa mendapatkan kuota ditahun depan, atau setidaknya sudah terhitung niat kebaikannya mendapatkan pahala di sisi yang maha kuasa walaupun tidak jadi berangkat.

2. Tes PCR dan Sertifikat Vaksin

Para jemaah haji wajib memberikan bukti hasil dari tes PCR menunjukkan hasil negatif kurang dari 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi. 

Selain itu mereka juga diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin booster. Vaksin yang diperbolehkan di Arab Saudi selama haji ialah jenis Pfizer atau BioNTech, 
Oxford atau AstraZeneca, Johsonn dan Johson, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Covaxin, Sputnik V, Nivaxovid, dan Covavax.

3. Izin Virtual

Izin virtual berlaku bagi jemaah ataupun non jemaah haji yang akan memasuki kota mekkah. Selain itu untuk beribadah di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi juga memerlukan izin virtual.

Para jemaah menunjukkan izin yang bisa ditunjukkan melewati aplikasi Absher, pemberlakuan izin peribadahan ini berlaku pada akhir musim haji tahun 2022 yaitu tanggal 22 juli.

4. Tenda Haji

Tenda haji yang disediakan oleh penyelenggara dibangun lebih banyak dari tahun sebelumnya. Pembangunan tersebut berguna untuk pencegahan penyebaran covid-19 yang mungkin masih dapat terjadi.

Teknologi Baru yang Dipakai Pemerintahan Arab Saudi

Berita haji terkini 2022 terbaru karena penyelenggaraannya berbeda dari tahun sebelumnya yaitu terkait adanya teknologi baru yang digunakan penyelenggara untuk memastikan keamanan jemaah haji.

Setiap pergerakan jemaah bisa dipantau melewati teknologi kamera pengintai untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada jemaah.

Pemasangan kamera dilakukan di darat dan dipasang di helikopter yang terhubung langsung di pusat pemantauan. Informasi dari kamera akan dipantau secara real time agar kejadian darurat dapat teratasi secepat mungkin.

Pemberlakuan beberapa kebijakan terkait haji tahun 2022 adalah upaya untuk mencegah terjadinya penularan covid-19. Berita haji terkini 2022 bisa menjadi acuan bagi Anda yang akan menjadi jemaah tahun depan.