Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Makanan Sehat Sebelum Haji yang Wajib Dikonsumsi

Makanan Sehat Sebelum Haji memang perlu Anda persiapkan secara matang. Setidaknya, Anda membawa makanan yang mengandung “bahan bakar” agar bisa menambah tenaga serta daya tahan tubuh selama ibadah di Tanah Suci.

Memang selama menjalani ibadah haji, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan secara maksimal. Selain harus menjaga kesehatan diri, suntik vaksin, serta mengonsumsi makanan bernutrisi, Anda juga harus memikirkan tambahan makanan untuk meningkatkan energi. 

 

Makanan Sehat Sebelum Haji Wajib Dibawa 

Permasalahan kesehatan yang memang seringkali dihadapi oleh para jemaah ketika ibadah di Tanah Suci. Hal ini tentunya berkaitan dengan heatstroke, kelelahan akibat cuaca panas, dehidrasi, sistem pernapasan, serta masalah pencernaan. 

Apabila tubuh melemah, nantinya sistem imunitas tidak akan cukup kuat melawan penyakit. Meskipun Anda sudah menjaga kesehatan tubuh semaksimal mungkin sebelum berangkat haji, namun ada makanan yang sebaiknya dibawa.

Hal ini tentunya untuk bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta energi. Berikut ini ada beberapa makanan sehat sebelum Haji yang perlu diketahui, antara lain:

1. Kacang almond

Makanan yang dapat dibawa untuk berangkat haji yaitu kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan magnesium dan vitamin B yang menjadi salah satu sumber energi.

Hal ini berguna agar ibadah haji yang dilaksanakan lancar. Magnesium ini sebenarnya memiliki peran kuat untuk meningkatkan energi metabolisme ketika Anda beraktivitas fisik. 

Kedua elemen seperti vitamin B serta magnesium tidak mudah terpisahkan. Apalagi jika tubuh kekurangan vitamin B, maka bisa saja menyebabkan kelelahan.

Hal ini tentunya juga akan memicu suasana hati yang buruk, dan sulitnya berkonsentrasi. Oleh karena itu, sebelum pergi haji bisa langsung Mengonsumsi kacang almond ini.

2. Kacang pistachio

Tentunya Anda juga perlu energi yang cukup, karena ada banyak sekali aktivitas di luar ruangan ketika berada di Tanah Suci. Oleh karena itu, pilihlah kacang pistachio sebagai salah satu Makanan Sehat Sebelum Haji.

Kacang pistachio ini sebenarnya telah mengandung serat, protein, dan lemak yang sehat untuk jantung. Kacang ini sangat ideal sebagai camilan selama Anda berada di Arab Saudi.

Hal ini tentunya untuk bisa menambah energi. Selain itu, jika mengonsumsi kacang ini bisa langsung mencegah Anda dari makan yang berlebihan selama di tanah suci.

3. Beras coklat

Anda pasti juga perlu vitamin dan mineral yang cukup saat berada di Arab Saudi. Agar ibadah semakin lancar, maka pastikanlah Makanan Sehat Sebelum Haji bernutrisi.

Anda dapat membawa beras coklat sebagai salah satu persiapan. Berbeda halnya dari beras putih, beras cokelat ini telah mengandung banyak serat, vitamin, serta mineral. 

Setidaknya ada satu cangkir (195 gram) beras coklat yang mengandung 3,5 gram serat. Hal ini tentunya bisa memenuhi 88% asupan mineral mangan harian Anda.

Mineral ini juga akan membantu enzim untuk memecah karbohidrat serta protein menjadi energi. Makanan Sehat Sebelum Haji ini akan Anda butuhkan selama melakukan ibadah haji.

4. Suplemen vitamin C

Salah satu permasalahan kesehatan yang seringkali dihadapi oleh para jamaah ketika melakukan ibadah haji yaitu gangguan saluran pernapasan. Hal ini karena pentingnya mengonsumsi vitamin C.

Di sini, vitamin C ini sebenarnya berperan positif untuk mencegah serta mengobati gangguan. Bahkan hal ini bisa menjadi infeksi saluran pernapasan. 

Selain itu, apabila kekurangan vitamin C, maka dapat mengakibatkan gangguan terhadap sistem imunitas. Bahkan, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Oleh sebab itu, tidak lupa untuk mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh yang telah mengandung vitamin D, vitamin C, serta zinc dalam format effervescent (tablet larut air). Larutan ini sebenarnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahkan, juga bisa menambah asupan cairan dalam tubuh. Hal ini tentunya agar bisa terhindar dari dehidrasi.

5. Kurma

Kurma ini menjadi salah satu pilihan makanan sehat sebelum haji. Kurma ini mengandung tinggi serat yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan bahkan mencegah sembelit.

Kurma ini telah mengandung gula alami yang dapat meningkatkan energi Anda, seperti fruktosa, glukosa, serta sukrosa. Kurma ini dapat dimakan sebagai camilan di siang hari.

Khususnya, ketika Anda mulai merasakan kelelahan yang luar biasa. Makanan sehat sebelum haji ini juga akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan tubuh kembali berenergi.