Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Manisan Khas Timur Tengah yang Cocok untuk Oleh-Oleh Haji

Manisan khas Timur Tengah adalah salah satu ide yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh ibadah haji atau umroh yang Anda lakukan. Karena selain memberikan oleh-oleh souvenir atau kurma, manisan juga bisa menjadi salah satu ide oleh-oleh setelah haji.

Maka dari itu bagi Anda yang hendak pergi haji atau umroh, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh manisan berikut ini yang bisa di jadikan sebagai ide oleh-oleh untuk keluarga, sahabat atau kerabat terdekat di tanah air yang bisa Anda lakukan.

 

5 Manisan Khas Timur Tengah untuk Oleh-Oleh Ibadah Haji

Ada banyak jenis oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang ketika selesai menunaikan ibadah haji atau umroh. Jika kebanyakan orang setelah haji membawa air zamzam, kurma, atau souvenir seperti sajadah maka Anda bisa dengan cara yang lainnya.

Salah satu oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang setelah haji dan umroh yang Anda lakukan adalah dengan membawa manisan yang khas dari Timur Tengah. Karena ada beberapa manisan yang jarang dan tidak ditemui di Indonesia seperti yang berikut ini.

1. Basbousa

Manisan khas Timur Tengah pertama yang bisa jadi ide untuk oleh-oleh ibadah haji atau umroh yang Anda lakukan adalah Basbousa. Manisan yang populer ini memiliki bentuk yang mirip dengan buka ambon tetapi memiliki bahan pembuatan yang berbeda.

Barbousa terbuat dengan bahan utama yaitu tepung semolina sebagai bahan utama pembuatannya dan dicampurkan dengan sirup dan air kelapa. Adapun bahan pelengkap lain yang bisa ditambahkan antara lainnya seperti yogurt dan juga kacang.

2. Qatayef

Manisan khas Timur Tengah selanjutnya yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Qatayef. Manisan yang satu ini pastinya akan mengingatkan Anda kepada pastel karena memiliki bentu menyerupai pastel tetapi memiliki isian keju putih yang sangat lezat.

Adonan Qatayef yang telah dibuat dari bahan dasar adonan kemudian tinggal digoreng hingga kecoklatan. Setelah itu Qatayef bisa dihidangkan dengan rasa lezat dan lelehan keju yang akan Anda rasakan apabila menikmati manisan lezat khas Timur Tengah ini.


3. Halawah

Manisan khas Timur Tengah ini adalah salah satu yang paling populer dan disukai oleh semua orang di tanah Arab. Oleh karena itu manisan yang satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang dari tanah suci karena pasti semua orang menyukainya.

Halawah terbuat dari beberapa bahan utama yang digunakan untuk membuat seperti tepung beras, gula, dan juga kacang-kacangan. Kombinasi bahan tersebut kemudian menciptakan sebuah kuliner lezat khas dari Timur Tengah yang bernama Halawah ini.

4. Luqmat Al-Qadhi

Manisan khas Timur Tengah selanjutnya yang cocok untuk oleh-oleh ibadah haji dan umroh adalah Luqmat Al-Qadhi yang digemari banyak orang di tanah Arab. Manisan yang satu ini adalah manisan yang digoreng garing sehingga sangat crispy rasanya.

Manisan yang berbentuk bulat-bulat ini biasa disajikan bersama dengan siraman air gula sirup yang menjadikannya tambah manis dan juga lezat. Aroma sedap dari manisan ini berasal dari kayu manis djanjuga taburan biji wijen yang ada diatasnya.

5. Kunafa

Manisan khas Timur Tengah terakhir yang kami rekomendasikan sebagai oleh-oleh ibadah haji dan umroh adalah kunafa. Manisan yang satu ini sudah ada sejak dulu kala dan menjadi salah satu manisan yang paling populer bagi banyak orang disana.

Kunafa adalah manisan yang berasal dari Palestina yang disebut dengan Nablus. Tekstur yang renyah dan gurih serta memiliki rasa yang asin dan manis membuat Kunafa Mudha disukai oleh banyak orang terutama bagi mereka yang sedang berhaji.

Jadi itulah beberapa rekomendasi manisan lezat yang paling cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ibadah haji dan umroh yang Anda lakukan. Selain manisan yang kamu sebutkan diatas tentu saja masih ada manisan lainnya yang bisa Anda temukan disana.

Karena daerah Timur Tengah sangat terkenal dengan kuliner dengan cita rasa yang manis sehingga tidak heran apabila ada banyak sekali jenis manisan yang bisa Anda temukan dengan mudah sebagai ide oleh-oleh untuk membawanya pulang ke tanah air.

Untuk itu Anda bisa membawa oleh-oleh berupa manisan khas Timur Tengah tersebut yang jarang ditemukan disini.