Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Mau Berangkat Ibadah Umroh? Penting Perhatikan Hal Ini

Terkadang sebagian masyarakat yang ingin berangkat ibadah umroh kurang memperhatikan hal-hal detail sebelum keberangkatan tersebut dilakukan. Sedangkan hal ini bisa dikatakan cukup penting dalam menghindari masa saat perjalanan berlangsung.
 
Khususnya para jamaah baru yang baru saja ingin melakukan ibadah mulia ini, kerap merasa kebingungan sebelum maupun selama perjalanan berlangsung. Masalah semacam ini sudah pasti tidak pernah diharapkan sama sekali datang.
 
Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa berangkat ke tanah suci, di mana butuh biaya akan keberangkatan tersebut. Tentu biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit, bahkan untuk satu kali keberangkatannya saja bisa mencapai jutaan rupiah.
 
Terkadang, untuk bisa berangkat ibadah umroh maupun haji, perlu mengumpulkan uang sampai bertahun-tahun sampai tercukupi. Sudah pasti, setelah berangkat nantinya, semua jamaah ingin perjalanannya bisa lancar dan pulang dengan selamat.
 
Bagi Anda yang kebetulan sudah memiliki modal untuk menunai ibadah haji atau umroh ini, setidaknya perlu mengetahui hal penting apa saja sebelum berangkat dan setelah sampai. Dengan begitu, ibadah bisa dilakukan lebih khusyuk.
 
Apa yang Perlu Dipikirkan Saat Berangkat Ibadah Umroh?
 
Jadi, sebagai pembaca pasti penasaran tentang apa saja yang perlu dipikirkan ketika ingin berangkat ke tanah suci. Meskipun banyak masyarakat Indonesia sering datang ke tanah suci, tetap saja tanah Arab terasa asing di bandingkan kampungan halaman sendiri.
 
Jadi, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa hal yang sudah sering diingatkan kepada para jamaah sebelumnya. Untuk informasi penting saat melakukan keberangkatan ke tanah suci tersebut yaitu sebagai berikut.
 
1. Pastikan Gunakan Agen Tour Resmi
 
Biasanya setiap kali akan berangkat ibadah umroh, seseorang membutuhkan agen tour, di mana agen tersebut akan memberikan pelayanan kepada para jamaah. Misalnya saja seperti transportasi maupun hotel tempat menginap setelah sampai Mekkah.
 
Sedangkan, para jamaah perlu menentukan agen tour yang sudah resmi dan sudah diawasi oleh lembaga pemerintah RI. Dengan begitu, perjalanan yang akan dilakukan nantinya lancar dan keselamatan para jamaah bisa lebih terjamin.
 
2. Baca Tata Cara Ibadah Umroh
 
Tentunya saat melakukan perjalanan ibadah haji maupun umroh, ada tata cara yang harus dipahami setelah sampai tujuan. Sedangkan, para jamaah tidak mungkin bertanya saat ibadah itu sudah dilakukan di tanah suci.
 
Oleh sebab itu, penting banyak membaca tentang tata cara ibadah umroh dan juga memahaminya dengan baik. Dengan begitu, jamaah tidak perlu lagi bertanya kepada orang lain dan akhirnya ibadah dapat dilakukan lebih khusyuk.
 
3. Kenali Teman Satu Perjalanan
 
Saat berangkat ibadah umroh menggunakan pelayanan agen tour resmi, jamaah pasti akan diberangkatkan dengan jamaah lainnya. Wajib dalam situasi ini, Anda mengenal jamaah lain agar bisa saling menjalin komunikasi dengan baik.
 
Jadi, ketika ingin mendatang tempat-tempat wisata tidak dilakukan sendiri, melainkan bersama dengan tempat perjalanan. Kalaupun di perjalanan atau situasi yang membingungkan, para jamaah dapat bertanya-tanya dengan kenalan atau teman perjalanan.
 
4. Kunjungi Tempat-Tempat Bersejarah
 
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa tidak semua orang bisa melakukan perjalanan ini, bisa jadi hanya sekali seumur hidup. Oleh sebab itu, sangat disayangkan apabila Anda tidak mengunjungi tempat-tempat bersejarah sepeninggalan Bagindah Rasulullah SAW.
 
Tempat-tempat bersejarah tersebut akan menambah sedikit pengetahuan dan kedekatan tentang agama Islam. Dari sana juga tersimpan rekam jejak perjuangan Rasulullah Saw dan para sahabat dalam menegakan Islam untuk dunia.
 
5. Belanja Secukupnya
 
Terkadang beberapa orang ketika berangkat ibadah umroh sudah memikirkan ingin belanja apa saja untuk dibawa ke rumah. Sedangkan, hal ini sebenarnya sesuatu yang seharusnya dipikirkan di akhir setelah prosesi ibadah sudah dilakukan.
 
Hal yang perlu diperhatikan jika ingin belanja oleh-oleh untuk dibawa pulang yaitu belanja secukupnya saja. Lebih baik uang simpanan ini, lebih dimanfaatkan mengunjungi beberapa tempat bersejarah umat Islam di masa lalu.
 
6. Sempatkan Menghubungi Keluarga di Rumah
 
Ketika akan melakukan perjalanan maupun sudah mencapai tujuan, Anda setidaknya harus sering-sering menghubungi keluarga di rumah. Dengan menghubungi keluarga, tidak akan membuat anggota keluarga merasa cemas.
 
Pastinya, menghubungi keluarga di rumah tersebut dilakukan dengan memanfaatkan waktu secara bijak, sehingga tidak mengganggu kekhusyukan Anda dalam beribadah. Setidaknya beberapa poin di atas perlu diingat apabila ingin berangkat ibadah umroh.