Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Mau Umroh Bersama Anak? Simak Beberapa Tips Penting Ini

Menjalankan ibadah umroh bersama anak kecil menjadi suatu kebahagian dan tantangan sendiri. Kebahagian tersebut antara lain dapat mengenalkan anak terkait dengan ibadah ini. Sedangkan tantangannya yaitu bagaimana cara anak bisa mengikuti serangkaian kegiatannya.

Sebagai orang tua pastinya tidak bisa meninggalkan buah hati Anda dalam waktu yang cukup lama. Meski rata-rata ibadah ini memerlukan waktu 9-12 hari, tetapi bagi orang tua waktu tersebut terbilang lama untuk meninggalkannya di rumah.

Keinginan bisa umroh bersama anak menjadi impian orang tua muslim diseluruh dunia. Apalagi sekarang boleh membawa buah hati ke tanah suci untuk menjalankan kegiatan suci ini. Tentunya menjadi motivasi Anda untuk bisa membawa anak umroh.

Mengajarinya tentang bagaimana tata cara serta aturan dalam menjalankan ibadah umroh bukan merupakan suatu pekerjaan mudah. Oleh karena itu dibutuhkan persiapan matang ketika akan membawa balita ke tanah suci, sehingga tidak mengganggu ibadah Anda.

 

Persiapan Umroh Bersama Anak Kecil

Membawa buah hati ke tanah suci merupakan hal positif karena bisa mengenalkan agama yang dianut serta menambah ketaqwaannya. Namun perlu diketahui hal penting ini supaya perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar dan khusuk.

1. Jangan Salah Pilih Waktu

Menentukan waktu umroh bersama anak menjadi hal penting untuk diperhatikan. Hal ini karena iklim di Tanah Suci dengan Indonesia berbeda. Perubahan cuaca ekstrem yang terjadi disana bisa berdampak pada kondisi kesehatan buah hati Anda.

Usahakan tidak memilih musim panas untuk menunaikannya karena dikhawatirkan anak tidak bisa beradaptasi dengan panas yang terjadi di Tanah Suci. Biasanya Mekah dan Madinah memasuki musim kemarau di antara bulan April sampai Agustus.

Waktu yang disarankan adalah ketika masuk musim dingin di Mekah dan Madinah, perkiraan di bulan Oktober sampai Desember. Pada musim dingin suhu udara jauh lebih nyaman dan mudah untuk adaptasi buah hati karena tidak kepanasan.

2. Periksa Kondisi Buah Hati

Berkaitan dengan kondisi ekstrem di tanah suci tentu akan berpengaruh pada kesehatan si kecil. Saat umroh bersama anak, Anda harus memastikannya terlebih dahulu dalam kondisi sehat dan fit sebelum waktu keberangkatan umroh ke tenaga kesehatan.

Anda juga bisa meminta tambahan vitamin atau suplemen kepada dokter untuk menambah kekebalan tubuh buah hati. Serta konsultasikan kepada dokter berkaitan dengan tips yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatannya selama ibadah berlangsung.

3. Membawa Perlengkapan Anak

Tips umroh bersama anak selanjutnya adalah jangan lupa untuk membawa perlengkapan anak. Tips ini penting untuk dipersiapkan orang tua sebelum waktu berangkat, sebagai antisipasi anak rewel saat dalam perjalanan.

Membawa selimut bayi, botol susu, popok, serta kebutuhan bayi lainnya tidak boleh Anda tinggalkan apabila membawa balita. Siapkan tas kecil yang mudah dibawa kemana-mana untuk membawa keperluan itu. Tas tersebut membantu membawa barang lebih mudah.

Selain kebutuhan tersebut, perlu disiapkan juga perlengkapan ibadah untuk balita. Misalnya pakaian ihram khusus untuk balita yang tidak dijahit serta pakaian sya’ri untuk kesehariannya. Karena syarat umroh anak kecil dan dewasa sama saja.

4. Membawa Cadangan Makanan

Meski di Tanah Suci ada makanan untuk anak kecil, bukan berarti membawa makanan dari Tanah Air adalah hal yang salah. Lebih baiknya orang tua membawa cadangan makanan buah hati yang biasa dikonsumsi saat di Indonesia.

Tips umroh bersama anak ini tidak boleh diabaikan karena sebagai antisipasi jika buah hati tidak terbiasa dengan makanan yang ada di sana. Belum lagi ketika ada alergi yang dialaminya tentu tips ini tidak boleh dilewatkan.

Dengan demikian, bawalah cadangan makanan misalnya biskuit bayi, susu, sereal, atau jenis makanan balita lain yang bisa dikonsumsi selama di Tanah Suci. Jangan sampai buah hati Anda mogok makan karena tidak bisa memakan makanan itu.

Anda hanya perlu melakukan tips di atas agar ibadah yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan khusuk tanpa merasa terganggu. Ternyata persiapan yang harus dilakukan saat akan umroh bersama anak tidak sulit untuk dilakukan.