Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Melakukan Ibadah Umroh Bersama Anak Berikut Panduannya

Melakukan ibadah umroh bersama anak tentu membutuhkan persiapan yang matang. Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menyiapkan segala perlengkapan si kecil. Jadi sangat disarankan untuk memilih waktu yang tepat.
 
Anda bisa mengajak buah hati Anda pada akhir tahun atau masa liburan panjang. Hal ini dikarenakan cuaca di kota Mekah tidak se-ekstrim saat Anda melakukan perjalanan pada pertengahan tahun. Dengan begitu kenyamanan anak dapat terjamin.
 

Melakukan Ibadah Umroh Bersama Anak, Berikut Panduan yang Wajib Dilakukan

 
Melakukan perjalanan dengan membawa anak tentu bukan pekerjaan yang mudah. Anda harus memperkirakan waktu yang tepat supaya Anda tidak kerepotan saat menjalankan ibadah umroh. 
 
Untuk Anda yang baru melakukan perjalanan umroh, ikuti tips ibadah umroh bersama anak berikut ini.
 
1. Pilih waktu keberangkatan yang dapat diandalkan
 
Perlu diingat bahwa cuaca di Arab Saudi bisa dibilang sangat ekstrim dibandingkan dengan cuaca di Indonesia. Karena sangat penting untuk memperhatikan waktu 
keberangkatan jika ingin melakukan umrah bersama anak. 
 
Anda dapat memilih tanggal keberangkatan di awal tahun atau akhir tahun untuk memastikan perjalanan umroh berjalan dengan sukses dan damai.
 
2. Pertimbangkan Kesehatan Anak
 
Tips ibadah umrah bersama anak yang harus anda perhatikan antara lain memperhatikan kesehatan anak anda. Ada baiknya anda memeriksakan kesehatan anak ke dokter sebelum 
berangkat. Jangan lupa berikan vaksin sesuai anjuran dokter.
 
3. Siapkan Peralatan Anak-Anak.
 
Jika anda ingin melakukan ibadah umroh bersama anak, anda harus menyiapkan perlengkapannya. Mau tidak mau peralatan makan harus dibawa sendiri dari rumah, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa makanan pendamping air susu ibu (mpasi).
 
Untuk mengurangi kerepotan, anda juga bisa membawa makanan siap saji. Bawalah pakaian nyaman yang terbuat dari katun atau bahan lain yang menyerap keringat. Agar tidak bosan menggendong si kecil sepanjang perjalanan umrah, jangan lupa untuk membawa stroller.
 
4. Verifikasi Opsi Hiburan Dalam Penerbangan Maskapai.
 
Anak-anak mungkin cepat bosan dan sedikit kesal dalam perjalanan panjang dari Indonesia ke Arab Saudi karena lamanya penerbangan. 
 
Agar anak-anak tidak bosan dalam perjalanan ibadah umroh bersama anak, konfirmasikan apakah maskapai tersebut memiliki in-flight entertainment sebelum memesan. Bila perlu, anda juga bisa membawa bahan bacaan atau mainan pilihan anak anda.
 
5. Perhatikan Jarak Antara Hotel Dan Masjid.
 
Jarak antara penginapan dan masjid menjadi salah satu faktor krusial berikut yang perlu anda pertimbangkan. Lebih baik mendapatkan akomodasi yang dekat dengan masjid. Untuk memudahkan anak-anak sholat berjamaah di masjid tanpa harus jauh-jauh.
 
6. Selalu Awasi Anak.
 
Langkah selanjutnya saat melakukan ibadah umroh bersama anak adalah selalu mengawasi anak. Karena kondisi tanah suci yang padat sepanjang tahun, anda harus selalu waspada dan mengawasi anak-anak anda untuk memastikan mereka tidak tersesat.
 
7. Bersiaplah untuk Pengeluaran Lebih Lanjut
 
Setiap biro perjalanan umroh memiliki jadwal biaya ibadah umroh bersama anak. Sebaiknya survey ke sejumlah agen perjalanan umrah. Anda harus menganggarkan biaya tambahan selama berada di tanah suci selain biaya paket umroh. 
 
Biaya ini digunakan untuk hal-hal selain ibadah, seperti membeli makanan lagi atau mengurus kebutuhan mendesak lainnya.

Perlengkapan Umroh yang Dibutuhkan dan Wajib Dibawa

 
Anda harus menyusun daftar perlengkapan umroh yang dibutuhkan sebelum ibadah umroh bersama anak di rumah Allah, yang ada di Mekkah. Sehingga ibadah dapat berjalan tanpa kesulitan dan tanpa ketidaknyamanan saat anda melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan umrah.
 
1. Pakaian
 
Anda harus menyiapkan pakaian tertentu yang akan anda kenakan saat melakukan manasik umrah. Pakaian ini meliputi pakaian ihram, pakaian tidur, pakaian santai, pakaian dalam, sarung, celana, dan jaket.
 
Semua pakaian ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda saat melakukan perjalanan umrah. Jika pakaian bekas kotor dan najis saat di Mekkah nanti, ini berfungsi sebagai rencana cadangan dan pengamanan.
 
2. Obat-Obatan Dan Produk Lainnya
 
Obat-obatan dan perlengkapan lainnya harus dimasukkan dalam daftar perlengkapan umroh anda. Anda dapat menjaga daya tahan tubuh sebelum pindah ke sana dengan membawa obat-obatan dan vitamin khusus, membantu anda menghindari sering sakit.
 
Alat lainnya antara lain kacamata, alquran, produk kesehatan kewanitaan, penutup kepala, masker, pisau cukur pria, dan lain-lain yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.
 
Menjalankan ibadah umroh dan haji adalah impian bagi semua umat islam. Dengan begitu tidak heran jika menjalankan ibadah umroh bersama anak dan keluarga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu untuk tetap nyaman Anda bisa mengikuti tips di atas.