Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Memilih Travel yang Tepat Penting untuk Perjalanan Umroh

Langkah awal yang perlu dilakukan sebagai salah satu penentu kualitas perjalanan umroh adalah dengan memilih travel yang tepat. Pemilihan travel akan berpengaruh terhadap kelancaran umroh Anda, karena tentu diharapkan dapat berjalan sesuai harapan. 
 
Saat ini tersedia banyak sekali jasa travel umroh dengan penawaran-penawaran terbaiknya. Mereka bersaing mulai dari segi harga sampai pelayanan demi mendapatkan kepercayaan dari para calon jemaah. 
 
Namun, diantara sekian banyak agen, ada saja oknum-oknum tidak bertanggung jawab dan berakhir memberikan kerugian. Oleh karena itu, penting untuk menentukan jasa travel dengan benar sebelum Anda pergi ibadah umroh.
 

Perhatikan Hal Berikut dalam Memilih Travel yang Tepat untuk Umroh

 
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan jasa travel untuk perjalanan umroh Anda. Pilihlah agen yang jelas dan bertanggung jawab agar perjalanan dapat dilakukan sesuai harapan. Oleh sebab itu, cermati terlebih dahulu hal-hal berikut.
 
1. Legalitas
 
Pastikan agen pilihan Anda telah memiliki izin dan terdaftar secara resmi di Kementrian Agama. Apabila mereka belum memiliki izin, maka pihak travel tersebut tidak dapat memberangkatkan jemaah.
 
Untuk memastikan lebih jauh, pengecekan terkait legalitas ini dapat dilakukan melalui situs resmi dari Kementrian Agama. Jika sertifikat-sertifikat kepemilikan pihak travel diidentifikasi tidak resmi, maka hati-hati karena mereka bodong.
 
2. Harga
 
Pembahasan terkait harga pasti menjadi hal sensitif bagi sebagian orang. Tentu saja harga murah akan selalu terdengar menggiurkan dan menarik perhatian. Namun, dalam memilih travel yang tepat, pastikan bahwa harga tersebut tetap masuk akal. 
 
Kerap kali terdapat jasa travel umroh dengan penawaran harga tidak masuk akal. Hal tersebut justru patut dicurigai. Untuk itu, Anda bisa melakukan perbandingan dengan agen terpercaya lain agar mendapatkan gambaran harga yang masuk akal.
 
Sebenarnya memang banyak travel umroh terpercaya di luar sana dengan penawaran harga terjangkau. Tetapi tentu biasanya hal ini berbanding lurus dengan pelayanannya. Sehingga, hal ini tergantung kepada keperluan Anda. 
 
Oleh karena itu, sekali lagi waspadalah terkait harga dalam memilih travel yang tepat untuk perjalanan Anda. Jangan sampai tergiur dengan harga murah tetapi berakhir dengan menelan kekecewaan. 
 
3. Kredibilitas
 
Kredibilitas travel merupakan hal penting untuk menjelaskan kualitas mereka dalam menjalankan bisnisnya. Kredibilitas ini bisa Anda cek melalui testimoni dari para klien pengguna jasa mereka. 
 
Jika memungkinkan, akan lebih baik jika testimoni tersebut Anda dapatkan dari kerabat atau teman. Dengan demikian, informasi tersebut akan lebih dapat dipercaya.
 
Kredibilitas menjadi hal penting dalam memilih travel yang tepat untuk umroh agar memastikan Anda mendapatkan jasa profesional dan berpengalaman. Melalui hal ini, nantinya akan terbangun kepercayaan antara klien dan pemberi jasa. 
 
4. Transparansi 
 
Berhati-hatilah terhadap agen yang kerap kali menutupi informasi dari kliennya. Pilihlah agen dengan transparansi tinggi dalam bertransaksi agar Anda dapat memastikan kesepakatannya.
 
Salah satu ciri Anda telah tepat dalam memilih agen untuk perjalanan umroh adalah ketika mereka mampu menjabarkan detail dari paket dengan sangat jelas. Mereka akan menjelaskan keselarasan antara harga dan benefit yang akan Anda dapatkan. 
 
5. Kejelasan Lokasi
 
Selanjutnya, perhatikanlah kejelasan lokasi dalam memilih travel yang tepat. Pastikan bahwa agen Anda memiliki tempat usaha dengan alamat jelas.
 
Mengetahui kejelasan lokasi akan meminimasilir risiko Anda agar tidak mengalami kerugian apabila terjadi penipuan. Disamping itu, hal ini juga menjadi bagian penting untuk menunjukan profesionalitas agen tersebut. 
 
6. Responsif 
 
Setiap bisnis pasti memiliki pusat bantuan yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan atau calon pelanggan jika memiliki pertanyaan. Tetapi, kehadirannya saja tidak cukup jika dalam pelayanannya tidak responsif. 
 
Tingkat responsif suatu agen akan menjadi pertimbangan penting untuk Anda dalam memilih travel yang tepat. Semakin responsif, maka hal tersebut juga semakin menunjukan bahwa mereka dapat dipercaya untuk membantu masalah yang dialami kliennya.
 
Direktur Bina Haji dan Umroh Agama, Nur Arifin menjelaskan bahwa perjalanan umroh di Arab Saudi wajib menggunakan visa umroh. Keberangkatan umroh juga wajib melalui Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU) atau jasa perjalanan berizin resmi.
 
Oleh karena itu, perhatikanlah hal-hal di atas untuk perjalanan umroh Anda. Dengan memilih travel yang tepat ibadah Anda akan lebih terjamin keamanan dan kenyamanannya.