Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Mengenal Apa Itu Haji Mabrur dan Kunci Sukses Mendapatkannya?

Banyak orang di luar sana mencari tahu apa itu haji mabrur. Sekarang informasi mengenai hal ini sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan. Hanya saja hanya sedikit orang yang benar-benar serius ketika mencari informasi mengenal hal ini.
 
Kalaupun sudah paham mengenai pengertian haji mabrur, tidak banyak yang benar-benar berusaha mempraktekkannya. Ini menjadi fenomena yang sebenarnya sangat unik. Itu karena haji merupakan salah satu rukun Islam.
 
Dengan keberadaannya sebagai rukun Islam, seseorang harusnya lebih serius ketika menjalankan ibadah haji. Jika sampai dilakukan secara asal, keutamaannya tidak akan bisa didapatkan. Bahkan bukan tidak mungkin ini akan menjadi dosa yang sangat besar.
 
Mengenal Apa Itu Haji Mabrur?
 
Penjelasan mengenai apa itu haji mabrur nampak simpang siur. Bahkan beberapa orang menganggap kalau mabrur ini sama dengan sah. Oleh karena itu, orang yang mendapatkan gelar haji mabrur merupakan orang yang menjalankan ibadah haji secara sah.
 
Perlu diketahui hal tersebut merupakan kesalahan besar. Mabrur ini sebenarnya tidak hanya berfokus pada aktivitas yang dijalankan ketika berada di tanah suci. Itu karena label mabrur ini lebih fokus pada aktivitas setelah berada di tanah air.
 
Intinya label mabrur ini akan didapat oleh mereka yang menaati janji-janji di tanah suci setelah kembali ke tanah air. 
 
Tentu perbaikan secara pribadi akan terlihat pada orang tersebut. itu karena, janji yang dibuat di tanah suci akan memotivasi seseorang untuk berperilaku lebih baik 
setelah berada di tanah air.
 
Jika melihat pada penjelasan apa itu haji mabrur di atas, nampak jelas kalau beban menjadi seorang haji sangat besar. Perlu diketahui, beban ini sebenarnya merupakan hal yang mau tidak mau harus dipikul.
 
Tetapi ingat Anda tidak akan bisa meraihnya tanpa persiapan matang. Oleh karena itu penting untuk memerhatikan beberapa hal ketika ingin menjadi haji yang mabrur.
Kunci Sukses Menjadi Seorang Haji Mabrur
 
Dalam pembahasan mengenai apa itu haji mabrur ini akan dibahas juga beberapa kunci sukses yang bisa diterapkan. Supaya lebih lengkap, berikut ulasan lengkap mengenai setiap poinnya.
 
1. Luruskan Niat
 
Kunci sukses pertama untuk menjadi haji mabrur terletak pada niat. Intinya Anda perlu meluruskan niat saat pergi ke tanah suci kalau semua yang dilakukan adalah untuk ibadah. Perlu diketahui, kemurnian ini memang tidak bisa dibentuk secara langsung.
 
Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan niat ini sejak lama. Ada baiknya mematangkan pemahaman mengenai ilmu agama. Nantinya pikiran untuk meningkatkan derajat sosial dan pamer pasti akan terkikis sedikit demi sedikit.
 
Inti dari meluruskan niat sendiri adalah konsistensi. Jika Anda tidak konsisten dalam upaya pelurusan niat, sulit untuk bisa mendapat hasil seperti yang diinginkan.
 
2. Rukun dan Wajib
 
Hal selanjutnya yang perlu dibahas dalam ulasan mengenai apa itu haji mabrur ini adalah tentang rukun dan wajib. Sekarang beberapa dari Anda pasti belum mengetahui rukun dan wajib tersebut. 
 
Perlu diingat, rukun dan wajib ini harus diikuti dengan sebaik mungkin. Jika ada yang dilanggar, patut dipertanyakan apakah ibadah haji yang dijalankan mabrur atau tidak.
 
Anda tidak bisa hanya memahami rukun dan wajib tersebut secara dangkal. Penting juga bagi Anda untuk memahami filosofi yang ada di dalamnya. Hal tersebut pasti membuat Anda bisa menjalankan ibadah secara lebih khusyu.
 
3. Fokus
 
Fokus juga merupakan hal yang akan dibahas dalam ulasan mengenai apa itu haji mabrur. Biasanya pada hari pertama dan kedua di tanah suci, seseorang masih fokus beribadah. Namun setelah beberapa hari di sana, fokus sering terbagi.
 
Itu karena, ada banyak aktivitas menarik lain yang sepertinya bisa dilakukan. Ingat kondisi semacam ini adalah kesalahan. Pastikan fokus kepada ibadah haji selalu dijadikan prioritas utama ketika berada di tanah suci.
 
4. Persiapan
 
Persiapan ketika berada di tanah air juga perlu dilakukan. Pastikan Anda menyiapkan tubuh agar berada pada kondisi prima. Selain itu pastikan Anda sudah memilih travel haji terbaik. Nantinya travel haji ini pasti akan membantu dalam pelaksanaan ibadah.
 
Jika bingung ketika mencari travel haji terbaik, pilih saja Mabruk Tour. Kami dari Mabruk Tour selalu menjadikan kepuasan Anda sebagai prioritas.
 
Nantinya Anda akan bisa menikmati berbagai layanan yang disediakan. Jika masih bingung akan bahasan mengenai apa itu haji mabrur, Mabruk Tour juga bisa membantu 
menjelaskan.