Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Menjaga Kesehatan Sebelum Haji, Ini Caranya

Jamaah harus menjaga kesehatan sebelum haji dengan baik dan mengetahui cara menjaga kesehatan di sana. Agar seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji berjalan dengan lancar.

Segala sesuatu berkaitan dengan kesehatan jamaah harus dipersiapkan. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, Anda bisa lebih beradaptasi dengan cuaca dan kondisi di Arab Saudi.

Ibadah haji sendiri merupakan salah satu ibadah yang dinantikan oleh seluruh umat Islam. Kegiatan tersebut dilakukan di Arab Saudi lebih tepatnya di dua kota berbeda yaitu Mekkah dan Madinah. 

Tidak hanya persiapan rohani, jemaah juga perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental sebelum berangkat haji. Persiapan fisik dan juga mental sangat penting mengingat banyak aktivitas fisik yang dilakukan selama menunaikan ibadah haji. 

 

Cara Menjaga Kesehatan Sebelum Haji

Pada umumnya, mempersiapkan atau menjaga kesehatan menjelang berhaji biasanya dimulai 2 tahun sebelum berangkat. Berikut beberapa persiapan terkait kesehatan yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat:

1. Memerikasan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan merupakan tahapan wajib dilakukan oleh calon jemaah haji. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan ada 2 yaitu pemeriksaan fisik umum dan pemeriksaan penunjang.

Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan darah lengkap, tes kehamilan, rontgen, pemeriksaan urin dan elektrokardiografi (EKG). Selama pemeriksaan fisik, Anda dapat menunjukkan catatan kesehatan pribadi yang dibuat sebelumnya. 

Menjaga kesehatan sebelum haji ini dengan begitu dokter mengetahui kondisi kesehatan Anda dan dapat memberikan saran dan pengetahuan mengenai pola aktivitas yang perlu dijaga.

Pantangan makanan, dan resep obat mungkin perlu diminum juga memerlukan pemeriksaan. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau lainnya.

Maka calon jamaah harus mengikuti pola makan yang sesuai dengan kondisi medis. Anda bisa bertanya langsung ke dokter atau bisa melalui aplikasi tertentu.

Hal tersebut untuk memastikan pola makan sehat yang harus Anda ikuti. Dengan begitu, kondisi kesehatan menjadi optimal saat menunaikan ibadah haji. 

Cara menjaga kesehatan sebelum haji dengan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, mulai dari tekanan darah hingga penyakit jantung. 

Selain itu, calon jamaah juga dapat melakukan vaksinasi yang diwajibkan bagi jemaah haji, agar kesehatannya tetap optimal selama menjalankan ibadah tersebut.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Rangkaian ibadah haji akan menguras banyak tenaga, sehingga penting bagi calon jamaah haji untuk mempersiapkan kesehatan fisiknya jauh-jauh hari. 

Pelatihan dapat dimulai kapan saja, tetapi lebih cepat lebih baik. Lakukan olahraga ringan namun teratur, seperti berjalan kaki atau bersepeda, setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Juga, pastikan menjaga kesehatan sebelum haji dengan makan makanan seimbang untuk menjaga berat badan Anda. Menambah berat badan terlalu cepat dapat membahayakan tubuh Anda. 

Selain itu, bobot tubuh yang lebih tinggi selama menerapkan pola hidup sehat dapat membuat Anda lebih cepat lelah. Berhaji juga terutama dilakukan oleh kelompok orang tua. 

Lansia juga dapat mempersiapkan diri dengan melakukan olahraga yang dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan fisik, seperti yoga atau pilates. Kelompok usia ini bisa berolahraga 30 menit sehari, 5 kali seminggu.

3. Istirahat yang Cukup

Faktanya, stres merupakan salah satu kondisi banyak dialami jamaah. Padahal stres tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga lebih mudah sakit.

Agar mental tetap prima, menjaga kesehatan sebelum haji seperti kelola stres, istirahat lebih banyak, dan lakukan aktivitas akan membuat badan merasa lebih tenang sebelum menunaikan ibadah tersebut.

Jadi usahakan untuk mempersiapkan semua kebutuhan Anda minimal 1 minggu sebelum keberangkatan. Pada hari keberangkatan, sebaiknya luangkan waktu yang banyak untuk beristirahat juga menghindari stres. 

Selain kesehatan fisik, Anda juga perlu mempersiapkan kesehatan mental. Semua harus diambangi baik fisik atau mental perlu dijaga dengan baik.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pastikan Anda mengonsumsi berbagai makanan sehat dan bergizi selama persiapan dan selama menunaikan ibadah haji. Saat berhaji, jangan lupa perbanyak konsumsi buah dan sayur. 

Cara menjaga kesehatan sebelum haji lainnya adalah makan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium untuk kekuatan tulang lebih optimal.

5. Persiapan Lainnya

Selain melakukan persiapan dari dalam tubuh, pemerintah Indonesia juga mengimbau jamaah haji untuk mencegah heat stroke dengan menggunakan topi, tabir surya juga kacamata hitam.

Serta sesekali menyemprotkan cairan yang diberikan untuk menghindari suhu ekstrem. Calon jamaah juga harus minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi, baik dalam persiapan keberangkatan maupun dalam menjalankan ibadah haji. 

Ada beberapa gejala dehidrasi yang harus diwaspadai, seperti mulut kering, buang air kecil berkurang, urin berwarna gelap, haus terus-menerus, kelelahan, dan sakit kepala.

Semua gejala tersebut harus bisa diatasi serta dicegah sebelum berangkat haji. Menjaga kesehatan sebelum haji akan memperlancar ibadah ketika tiba disana.