Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Menunaikan Ibadah Haji Mabrur, Bersama Agen Travel

Setiap umat Muslim pasti mempunyai cita-cita untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah. Seperti yang sudah diketahui, bahwa ibadah haji hukumnya wajib bagi Muslim yang mampu.
 
Cita-cita berhaji tidak hanya sekedar terdorong karena keinginan saja, namun untuk melakukan ibadah di depan Ka'bah secara langsung. Oleh karena itu, setiap Muslim yang berangkat haji berharap dapat meraih haji mabrur. 
 

Berikut Menunaikan Ibadah Haji Mabrur

 
Rasulullah SAW telah menjelaskan bahwa Allah SWT menjanjikan balasan nyata bagi manusia yang mendapatkan Mabrur. Hal ini berarti surga yang abadi: "Umrah ke umrah selanjutnya merupakan pelebur dosa antara keduanya. 
 
Bahkan, tiada balasan bagi haji mabrur, melainkan hanya surga" (HR Bukhari: 1683, Muslim: 1349). Mabrur berasal dari kata bahasa Arab, yakni "barra-yabirru-barran". Hal ini berarti taat berbakti. 
 
Berdasarkan kamus Al Munawwir Arab-Indonesia, Mabrur diartikan sebagai menunaikan ibadah haji yang diterima langsung pahalanya oleh Allah SWT. Biasanya, pada alim ulama mempunyai beberapa pendapat terkait makna mabrur. 
 
Sebagian besar ulama menilai Haji Mabrur merupakan pahala yang diterima di sisi Allah. Bahkan, Imam Nawawi dalam syarah Muslim telah menjelaskan bahwa, haji mabrur tidak akan tercampuri oleh kemaksiatan atau dosa. 
 
Hal ini karena ada imbalannya yang merupakan surga Allah. Imam Nawari juga telah menjelaskan bahwa haji mabrur diartikan sebagai salah satu haji yang tidak akan dikotori oleh dosa. Jadi haji ini akan diterima oleh Allah dan tidak ada kesombongan di dalamnya.
 
Sementara itu, haji mabrur bisa berkaitan dengan kondisi tanpa dosa yang diambil dari akar kata al-birr, berarti kebaikan atau ketaatan. Sementara itu, berdasarkan para ulama ahli tafsir Alquran Profesor Quraish Shihab, definisi haji mabrur tidak sekadar sah perihal pelaksanaan ibadah haji saja. 
 
Namun, makna mabrur sendiri apabila jemaah haji sudah pulang dari Tanah Suci dan ia tetap menepati janji yang sudah dibuat sewaktu di Mekkah. Misalnya saja, menjadi seseorang yang lebih baik. Hal ini harus sesuai dengan asal kata dasarnya, yakni barra yabirru.
 
Haji mabrur merupakan haji yang maqbul atau diterima dan diberi balasan berupa al-birr. Al-birr sendiri berarti kebaikan maupun pahala. 
 
Berdasarkan Jalaluddin as-Suyuthi, salah satu bukti yang mengatakan bahwa seseorang sudah berhasil meraih haji mabrur yaitu ketika ia kembali menjadi lebih baik. Hal 
ini dikarenakan harus dilakukan sebelumnya dan terus berusaha mengurangi perbuatan maksiat.

Cara agar Meraih Haji Mabrur

 
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar menjadi menunaikan ibadah haji mabrur. Berikut ini sudah ada penjelasannya yang bisa Anda ketahui.
 
1. Meluruskan Niat Beribadah
 
Menunaikan haji sebagai salah satu bentuk ketaatan terhadap perintah agama dan memenuhi Rukun Islam kelima. Anda hanya perlu dengan meluruskan niat.
 
Maka Anda sudah bisa menjaga kemurnian dari tujuan berhaji. Kemudian, jauhkan pikiran dari hasrat untuk dapat menaikkan status sosial atau sekadar pamer kesalehan.
 
2. Memahami Filosofi Rukun dan Wajib Haji
 
Selain itu, Anda juga harus bisa menguasai bacaan-bacaan doa dalam tahapan-tahapan ibadah haji. Hal ini yang dapat membantu Anda untuk lebih khusyu' ketika menunaikan ibadah haji di tanah Suci.
 
3. Fokus pada Hal Substantif 
 
Umumnya, selama di Tanah Suci, fokuskan pikiran serta energi untuk melakukan rukun wajib haji secara khusyu'. Terdapat 6 rukun haji, yakni ihram (niat), sa'i, wukuf di Arafah, tawaf ifadah, bercukur (tahallul) serta tertib. 
 
Jika Anda tidak melaksanakan salah satunya, maka ibadah haji tidak sah. Sementara itu, ada juga 6 wajib haji yakni ihram haji dari mīqāt, mabit di Mina, mabit di Muzdalifah, melontarkan jumrah.
 
Selain itu, menunaikan ibadah haji turut menghindari perbuatan terlarang dalam keadaan berihram, dan thawaf wada’ bagi yang akan meninggalkan Makkah. Ketika di Tanah Suci Anda pasti akan menemui banyak cobaan. 
 
Oleh karena itu, berusaha untuk selalu tenang dan berkepala dingin agar lebih fokus pada hal utama, yakni rukun dan wajib haji. Hanya dengan memahami makna haji mabrur dan meluruskan niat beribadah haji. 
 
Bagi Anda yang ingin sekali mendapatkan haji mabrur maka bisa menggunakan agen travel terbaik. Salah satu agen terbaik yaitu Mabruk Tour.
 
Mabruk Tour merupakan salah satu agen ibadah haji dan umrah yang akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Melalui agen kami dijamin ibadah haji Anda akan khusyuk, karena dibimbing dengan orang yang sudah ahli segera kunjungi https://www.mabruk.co.id .
 
Anda akan bisa lebih bersemangat mewujudkan cita-cita mendapatkan haji mabrur. Hal ini dilakukan agar persiapan keberangkatan haji semakin matang. Oleh karena itu, segera menunaikan ibadah haji selagi muda.