Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Mimpi Naik Haji Apakah Pertanda Baik? Begini Menurut Ulama

Semua orang mungkin pernah mimpi naik haji karena keinginan yang begitu kuat untuk menunaikan ibadah di Tanah Suci. Selain menjadi rukun Islam kelima, ibadah ini menghadirkan pengalaman spiritual luar biasa. 
 
Mekkah dan Madinah adalah tempat yang dimuliakan oleh Allah serta menjadi tujuan wisata religi nomor satu dunia. Banyaknya jamaah yang berkunjung kesana membuat umat Islam harus menunggu jika ingin berhaji. 
 

Mimpi Naik Haji, Apa Artinya? 

 
Mimpi bagi sebagian orang hanyalah sebatas bunga tidur, namun juga dapat melambangkan keinginan teramat kuat seseorang. Datangnya bisa dari mana saja, apakah bunga 
tidur berhaji mempunyai makna khusus?
 
1. Menurut Ulama 
 
Seperti dikutip Imam ibn Shirin dalam Muntahab al-Kalam fi Tafsir al-Alam, Imam Abu Said menggambarkan keadaan orang yang bermimpi pergi berhaji. Umumnya, orang yang bermimpi hal ini dianggap menguntungkan.
 
Jika si pemimpi sakit, berarti Allah akan menyembuhkannya. Jika mempunyai hutang, Allah SWT akan membayar hutang Anda. Ketakutan yang menimpa para pemimpi hal ini akan sirna dengan kehendak Allah. 
 
Selain itu, bunga tidur pergi berhaji pada musimnya akan lebih mudah ketika dihadapkan pada kesulitan. Jika Anda bermimpi sedang dalam perjalanan, apabila Tuhan menghendaki, maka akan memiliki perjalanan aman.
 
Jika si pemimpi adalah seorang pedagang, maka barangnya laris, sesuai keinginan Tuhan. Selain itu, ada pendapat bahwa orang yang bermimpi pergi umrah akan dikaruniai umur panjang dan hidupnya penuh keberkahan.
 
Selain itu, mimpi naik haji tetapi di luar musim umumnya merupakan pertanda buruk. Jika pemimpi adalah pejabat, akan dicopot dari jabatannya. Jika pemimpi adalah pengusaha, akan menghadapi kerugian. 
 
Jika pemimpi sedang bepergian, akan ditahan oleh penjahat. Bahkan orang yang sedang dalam masa pemulihan bisa jatuh sakit. Jika bermimpi bahwa bisa berhaji, tetapi belum siap untuk pergi, semoga disegerakan. 
 
2. Berhaji Sambil Mendengarkan Khotbah
 
Ada juga penelitian lain menunjukkan bahwa bunga tidur bertindak sebagai pemrosesan ulang memori offline saat otak mengintegrasikan tugas belajar dan memori untuk mendukung dan merekam kesadaran terjaga, mengutip Frontiers in Psychology.
 
Arti mimpi naik haji dan orang terpelajar melihat khotbah di Mina artinya jika orang mendengarkannya baik-baik dalam mimpi, maka ia akan naik pangkat. Artinya mungkin akan memimpin negara.
 
Namun, jika pemimpi tidak menyelesaikan doa atau khotbah dalam mimpinya, dia akan segera mencapai posisi sebagai pemimpin meskipun akan diberhentikan dari jabatannya. Sebaiknya sikapi fenomena ini dengan bijak. 
 
3. Berhaji dan Mengumpulkan Kerikil 
 
Terdapat bunga tidur berhaji dan mengumpulkan 21 kerikil di Muzdalifah untuk merajam setan di tempat bernama Jamarat, lalu dilempar batu. Berarti kesetiaan, pembayaran hutang, mengalahkan musuh atau melakukan perbuatan baik.
 
Makan salah satu batu yang rencananya untuk dilempar berarti melahap dan mencuri harta anak yatim. Melempar batu juga berarti melakukan shalat dan puasa wajib, yang sebelumnya terlewatkan karena alasan tertentu.
 
4. Mimpi Naik Haji Shalat di Arafah 
 
Jika bermimpi melihat diri sendiri berdiri dan berdoa di dataran Arafah pada hari ke 9 bulan Dzulhijjah, itu berarti kepulangan ditunggu-tunggu ke tanah air. Reuni bahagia, keluarga, perdamaian, hingga rekonsiliasi.
 
5. Berhaji Bersama Pasangan 
 
Jika mengalami mimpi berhaji bersama pasangan (suami atau istri), ini bisa diartikan sebagai pertanda baik. Mimpi ini terkait erat dengan bayi. Anda dan pasangan diberi tugas untuk menjaga anak. 
 
Mimpi ini menandakan bahwa bayi tersebut akan berbakti kepada orang tuanya dan menjadi anak yang berguna bagi orang lain. Apabila Anda mendambakan buah hati, ini bisa menjadi kabar baik. 
 
Bagi Anda yang mengalami mimpi naik haji bersama pasangan, namun masih berstatus single, memiliki arti baik. Mimpi ini berarti dalam waktu dekat akan melangsungkan pernikahan dengan orang tercinta.
 
6. Melihat Orang Tua Berhaji 
 
Jika bermimpi orang tua pergi ke Tanah Suci, anda patut bersyukur. Kebanyakan anak ingin orang tuanya pergi berziarah. Mimpi melihat orang tua akan menerima keberuntungan atas usaha di masa lalu.
 
Sekalipun itu hanya mimpi, jika Anda terus berdoa kepada Tuhan dan berusaha melakukan apa yang Allah inginkan, impian bisa menjadi kenyataan. Karena berangan-angan tanpa usaha atau doa saja tidak cukup.
 
Kembali lagi, setiap orang berhak percaya ataupun tidak. Dibutuhkan kebijaksanaan ketika menanggapi arti bunga tidur. Mimpi naik haji adalah hal baik, dengan doa serta usaha Anda dapat mewujudkannya menjadi kenyataan.