Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Muslim perlu Tahu, Inilah Macam Macam Umroh di Tanah Suci

Sebagai seorang muslim, ada baiknya kita mengetahui berbagai hal terkait ibadah, termasuk Macam macam umroh dai tanah suci. Pasalnya, ibadah ini bisa dibedakan berdasarkan waktu pelaksanaannya.
 
Hal itu berkaitan juga dengan haji yang rukun-rukunnya hampir sama dengan umrah. Nantinya, para jamaah bisa juga mengerjakan kedua ibadah tersebut secara bersamaan atau secara terpisah.
 
Umroh sendiri memiliki waktu pelaksanaan yang lebih fleksibel karena bisa dilakukan sepanjang tahun. Hal ini berbeda dengan haji yang hanya bisa dilakukan pada rentang waktu tertentu saja dalam setahun.
 

Berikut Ini Macam Macam umroh

 
Dalam melaksanakan ibadah satu ini, Islam memberikan pilihan pada umatnya sehingga terdapat beberapa macam umrah yang bisa dilakukan. Adapun Macam macam umroh tersebut antara lain:
 
1. Umroh Mufradah
 
Umroh ini dilaksanakan secara terpisah dengan haji. Artinya, ibadah ini dapat dilakukan kapan saja dalam setahun karena tidak harus dikerjakan bersamaan dengan haji pada bulan-bulan tertentu.
 
Meski begitu, Umroh Mufradah juga tetap bisa dilakukan pada bulan-bulan haji. Hanya saja pelaksanaannya memang harus dipisahkan. Biro travel yang menangani jenis ini biasanya hanya mengurus umrah saja.
 
Umumnya, jenis ini memiliki paket tambahan berupa wisata ke beberapa negara yang ada di sekitar Mekkah seperti Turki, Dubai, Maroko, hingga Spanyol. Jenis ini dapat dipilih untuk dilakukan bersama keluarga.
 
2. Umroh Tamattu
 
Satu lagi Macam macam umroh yang perlu Anda tahu adalah umroh tamattu. Berbeda dengan sebelumnya, jenis ini merupakan rangkaian dari ibadah haji tamattu sehingga pelaksanaannya harus bersamaan.
 
Dengan begitu, Anda hanya dapat mengerjakannya pada bulan haji saja, yaitu pada bulan Syawal, 10 hari di bulan Dzulhijah, dan pada bulan Dzulqaidah. Pelaksanaannya 
dilakukan sebelum rukun haji.
 
Salah satu dari Macam macam umroh ini bisa dipilih jika ingin sekaligus melakukan ibadah haji secara bersamaan. Terlebih untuk mereka yang tidak memiliki banyak kesempatan beribadah ke tanah suci.
 

Waktu Terbaik Melaksanakan Ibadah Umroh

 
Sebagian dari Anda mungkin masih bingung dalam menentukan waktu terbaik untuk berangkat Umroh, terutama yang dilakukan secara terpisah dengan ibadah haji pada bulan-bulan tertentu. Berikut adalah waktu terbaik untuk melakukannya:
 
1. Awal Tahun
 
Awal tahun menjadi momen bagi banyak orang untuk memulai resolusi baru. Salah satunya dengan menjalankan ibadah satu ini. Di samping itu, cuaca Arab Saudi pada awal tahun tidak terlalu panas.
 
2. Pada Bulan Ramadhan
 
Melaksanakan umrah di bulan Ramadhan menjadi sangat spesial karena nuansa ibadahnya akan jauh lebih terasa. Meski begitu, Anda harus mengantisipasi lonjakan harga akomodasi pada bulan ini.
 
3. Menjelang Bulan Haji
 
Menjelang bulan haji, suasana di tanah suci cukup lengang dan tidak begitu padat sehingga bisa dijadikan waktu terbaik untuk melaksanakan umrah. Anda juga akan lebih khusyu beribadah tentunya.
 
4. Setelah Bulan Haji
 
Momen setelah ibadah haji selesai diselenggarakan, biasanya para jamaah sudah pulang ke negaranya masing-masing. Pada momen ini, Anda juga bisa lebih leluasa beribadah, salah satunya adalah mencium Hajar Aswad.
 
5. Momen Cuti Panjang
 
Bagi Anda yang memiliki waktu cuti cukup panjang, hal itu bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan umroh. Ibadah ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu saja atau sekitar 9-12 hari.
 
6. Akhir Tahun
 
Berdasarkan Macam macam umroh di atas, akhir tahun bisa menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah ini. Anda juga bisa memilih paket wisata di sekitar Mekkah seusai ibadah untuk mengisi liburan.
 
7. Bulan Maret-Juni
 
Pada bulan ini, Arab Saudi sedang berada pada musim panas. Bagi Anda yang lebih suka menjalankan ibadah tersebut pada musim panas, periode ini bisa menjadi pilihannya. Ibadahnya sendiri bisa dilakukan pada pagi, sore atau malam hari.
 
8. Momen Liburan Panjang
 
Libur panjang biasanya berlangsung pada pertengahan dan akhir tahun. Anda bisa pergi bersama keluarga untuk menjalankan ibadah. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket wisata ke negara-negara sekitar Mekkah.
 
Bagi mereka yang mampu, dianjurkan untuk bisa menunaikan ibadah umroh minimal sekali dalam hidupnya. Meski begitu, Anda bisa mengenali Macam macam umroh untuk menentukan waktu pelaksanaannya.