Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Oleh-oleh Saat Umroh yang Tidak Boleh Terlewat

Oleh-oleh saat Umroh adalah hal yang jangan sampai terlewat. Kalau sampai lupa membawa oleh-oleh, tentu saja kebahagiaan usai pulang dari Tanah Suci agak sulit dibagikan ke orang lain. Ini karena membagikan oleh-oleh merupakan salah satu cara terbaik membagikan kebahagiaan.
 
Jika terkait dengan oleh-oleh, memang cukup unik. Tidak sedikit orang yang memang merasa mudah saat mencari oleh-oleh. Tetapi ketika telah ada di tanah suci, kebingungan akhirnya terjadi.
 
Ini sebab tidak mudah mengetahui apa saja yang benar-benar perlu dibeli ketika sedang ada di tempat oleh-oleh. Jumlah oleh-oleh yang terlalu banyak membuat Anda sangat tidak mungkin membeli semuanya. 
 

Daftar Ide Oleh-oleh Saat Umroh

 
Terdapat banyak sekali buah tangan ala Arab Saudi yang ingin untuk dibeli, baik dari makanan sampai cinderamata. Jangan cemas terkait harganya, Anda dapat memilih jenis oleh-oleh yang cocok dengan budget. Berikut ini ide oleh-oleh umroh yang dapat dijadikan inspirasi.
 
1. Minyak Wangi
 
Minyak wangi dari Arab dapat dijadikan salah satu oleh-oleh saat umroh. Minyak wangi yang sangat banyak ditemukan di Arab umumnya mempunyai wangi kasturi juga rempah-rempah aromatik. Tempat terkenal yang menjualnya diantaranya Ajmal dan Abdul Samad Alqurashi.
 
2. Gelang Tasbih
 
Gelang Tasbih umumnya dipakai untuk menghitung bacaan tasbih. Adapun manik-manik tasbih yang dijual di Arab cukup beragam. Anda dapat memilih gelang tasbih untuk oleh-oleh saat umroh sesuai keinginan dan budget. 
 
Untuk bentuk dan pilihannya sangat bervariasi, ada yang dari kayu, mutiara dan yang lainnya. Bukan cuma itu, gelang tasbih juga tampak cantik untuk dijadikan aksesoris.
 
3. Sajadah
 
Oleh-oleh saat umroh seperti sajadah juga sangat berguna untuk yang menerimanya. Sebab, sajadah dipakai kaum muslim untuk alas yang menjaga kebersihan saat melakukan ibadah shalat. Sajadah memilki corak ka'bah, Masjidil haram,kaligrafi, Masjid Nabawi atau corak islami lainnya.
 
4. Siwak
 
Siwak telah dipakai sejak zaman Nabi membersihkan gigi dengan cara tradisional yang tentunya menyehatkan.Terbuat dari dahan pohon Salvadora, berbentuk seperti batang yang dipakai dengan digosok-gosokkan di gigi. Anda dapat membelikan oleh-oleh siwak di Souq Gaza.
 
5. Henna
 
Henna adalah jenis pewarna yang umumnya dipakai untuk menghias tangan dan kuku. Bahan-bahan yang ada di dalamnya berisi bahan alami jadi aman untuk dipakai. Bukan itu saja, henna tidak menghalangi air agar meresap ke dalam kulit sehingga akan tidak membatalkan wudhu.
 
6. Souvenir
 
Souvenir yang berbentuk Ka’bah dan Masjid Nabawi adalah salah satu oleh-oleh saat umroh yang dapat Andabeli. Produk-produk tersebut mempunyai khas untuk menjadi buah tangan yang penting. Souvenir ini dapat mengingatkan jamaah menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci.
 
7. Madu Kashmir
 
Tidak sedikit pedagang yang menjual madu Kashmir untuk oleh-oleh umroh. Madu Kashmir adalah madu yang asalnya dari Pegunungan Himalaya. Untuk penduduk Arab, madu umunya sebagai bahan pelengkap makanan sebab dipercaya berkhasiat yang luar biasa bagi kesehatan
 
8. Kacang Arab
 
Anda dapat menjadikan kacang Arab salah satu oleh-oleh saat umroh yang di bawa pulang ke tanah air. Kacang ini berbentuk unik serta cita rasa gurih dan renyah. Kacang Arab banyak dijual pada jalan besar di Mekkah dan Madinah. Kacang ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. 
 
9. Kismis Hitam
 
Kismis hitam adalah salah satu oleh-oleh umroh yang paling favorit. Kismis hitam ini adalah buah khas Tanah Suci yang memiliki ukuran yang besar dengan rasa asam dan juga sedikit manis.
 
10. Maamoul
 
Maamoul merupakan kue kering khas Arab yang berasal dari campuran tepung semolina dan juga terigu. Di dalamnya terdapat kandungan kurma, pistachio juga kenari. Bentuknya seperti bakpia yang dijumpai di Indonesia. Rasanya enak dan manis, serta memiliki tekstur yang lembut. 
 
11. Cokelat Arab
 
Oleh-oleh saat umroh ini juga tidak boleh sampai ketinggalan. Cokelat Arab mempunyai rasa yang beda dari coklat umunya. Cokelat Arab kualitas premium yang sangat cocok sebagai oleh-oleh yakni cokelat Al-Hadi. Anda dapat membeli di Pasar Bab, Mekah dan di Bin Dawood Superstores.
 
12. Air Zamzam
 
Air zamzam adalah salah satu oleh-oleh favorit untuk jamaah sebab air suci yang bermanfaat penting untuk kesehatan. Mata airnya telah mengalir ribuan tahun lalu dan tidak pernah berhenti sampai detik ini. 
 
13. Kacang Pistachio
 
Kacang Pistachio adalah salah satu jenis kacang yang terkenal di Arab Saudi. Mempunyai kulit krem dan dagingnya hijau, kacang ini begitu gurih maka cocok disajikan dengan makanan yang manis. Kacang Pistachio baik untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker dan lainnya.
 
Melakukan perjalanan ibadah umroh ke tanah suci adalah impian banyak orang namun tidak semua bisa melakukannya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kesempatan untuk pergi maka ada baiknya membagikan kebahagiaan itu pada orang lain dengan membawa oleh-oleh saat umroh.