Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Pengertian Haji dan Umroh Beserta Rukun, Hukum, dan Pelaksanaannya

Bagi umat muslim, tentu bisa dipastikan kalian sudah pernah mendengar mengenai istilah Haji dan Umroh. Seperti diketahui, haji maupun umroh merupakan salah satu impian yang dimiliki oleh para umat muslim.

Meski menjadi salah satu impian umat muslim, namun tidak sedikit juga dari mereka yang belum mengetahui secara lengkap apa saja rukun, hukum, dan pelaksanaan dari kedua ibadah ini. Secara luas, haji serta umroh memiliki perbedaan. 

 

Pengertian dari Haji dan Umroh

Ibadah haji secara istilah merupakan salah satu kegiatan untuk berkunjung ke Baitullah di Makkah dan melakukan ibadah pada waktu dan cara tertentu. Dalam hal ini, ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang kelima di mana wajib untuk ditunaikan (bagi yang mampu).

Ibadah haji juga dibedakan berdasarkan waktu pelaksanaannya. Dengan adanya perbedaan tersebut, maka diketahui jika haji terbagi ke dalam beberapa kelompok terbang. Ada kelompok yang datang duluan ada ada yang datang berdekatan di bulan Zulhijah. 

Selain itu, waktu pelaksanaan Haji dan Umroh sedikit berbeda. Jika Umroh dapat dilakukan kapanpun tanpa ada ikatan waktu, namun haji harus dilakukan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah. 

Sedikit berbeda dengan Haji, Umroh di sini memiliki pengertian untuk datang berkunjung ke Baitullah dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memenuhi semua syarat tanpa waktu yang ditentukan. 

Hukum dan Waktu Pelaksanaan Haji dan Umroh

Setelah di atas dijelaskan mengenai pengertian haji maupun umroh, selanjutnya akan dibahas mengenai hukum dan waktu pelaksanaan terbaik untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut. Seperti diketahui, hukum dari kedua ibadah tersebut juga berbeda. 

Kewajiban untuk melaksanakan haji bagi yang sudah mampu dapat dilihat melalui firman Allah SWT pada QS Ali Imran ayat 98. Sementara itu, hukum ibadah umroh di sini masih menjadi perdebatan di beberapa ulama.

Melalui ayat yang terdapat di QS Al-Baqarah 196, umat Islam diperintahkan untuk melakukan penyempurnaan ibadah haji serta umroh kepada Allah SWT. Meski demikian, banyak juga ulama yang menyamakan umroh dengan haji, namun menyebut umroh adalah Sunah. 

Untuk bisa melaksanakan ibadah Haji dan Umroh, tentunya calon jemaah juga wajib mengetahui kapan waktu terbaik untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut. Penting untuk diingat, pelaksanaan ibadah haji dilakukan setiap satu tahun sekali dengan jumlah yang banyak.

Waktu pelaksanaan haji juga terbatas, dapat dilakukan pada rentang waktu awal bulan Syawal hingga Hari Raya Idul Adha pada bulan Dzulhijjah. Berbeda dengan haji, ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja tanpa ada batasan rentang waktunya, kecuali pada hari tertentu.

Adapun pengecualian hari tersebut dapat ditemukan di hari Arafah pada 10 Zulhijah dan hari-hari Tasyrik pada tanggal 11, 12, 13 Zulhijah. Untuk bisa berkonsultasi mengenai kapan waktu terbaiknya, Anda dapat menghubungi beberapa pihak agen atau biro perjalanan Haji dan Umroh.

Memilih dan Menggunakan Agen untuk Ibadah Umroh

Pada era modern seperti sekarang, melaksanakan ibah haji maupun umroh memang sudah dapat didapatkan oleh berbagai macam kalangan. Apabila di sini Anda memiliki rencana untuk melaksanakan kedua ibadah tersebut, maka wajib hukumnya untuk menggunakan agen travel. 

Dalam hal ini, ada banyak jasa layanan biro perjalanan yang dapat membantu Anda. Dengan menggunakan jasa layanan tersebut, maka semua persiapan dan kebutuhan Anda akan dipenuhi dengan mudah. 

Meski di luar sana banyak ditemukan jasa layanan biro perjalanan, namun perlu diingat jika Anda harus memilih satu di antara yang paling baik. Pasalnya, ada juga agen atau biro perjalanan abal-abal yang patut kalian waspadai.

Untuk bisa menjamin kualitas dan keaslian dari biro perjalanan yang Anda akan pilih, maka lihat dari beberapa kriteria yang dimiliki oleh jasa layanan biro travel resmi. Cobalah cek seritifikat yang dimiliki apakah sudah resmi dari pihak Kementerian Agama.

Selain itu, cek juga apakah jasa layanan tersebut memiliki kantor dengan bangunan yang pasti. Untuk lebih mudahkan Anda, sebenarnya kalian juga cukup melihat daftar rekomendasi jasa layanan Haji dan Umroh terbaik ini lewat daftar yang dikeluarkan oleh pihak Kemenag sehingga kepercayaan calon Jemaah haji terjaga.