Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Pentingnya Mengetahui Keunggulan dan Syarat Tabungan Ibadah Haji

Tabungan ibadah haji bisa menjadi salah satu cara untuk mempermudah Anda dalam mewujudkan ke tanah suci. Tabungan haji merupakan salah satu produk simpanan perorangan yang tersedia oleh bank atau agen dengan tujuan mengumpulkan dana untuk berangkat ke Tanah Suci. 
 
Jadi, tabungan ini dikhususkan untuk para nasabah yang ingin menunaikan ibadah haji. Pada informasi kali ini akan membahas beberapa keunggulan tabungan haji.
 

Berikut Ini Keunggulan Tabungan Ibadah Haji 

 
Jika dibandingkan dengan produk perbankan seperti tabungan berjangka, tabungan konvensional, deposito, serta tabungan khusus maka tabungan haji memiliki keunggulan. Berikut ini sudah ada beberapa keunggulan tabungan ibadah haji.
 
1. Tujuan Jelas dan Spesifik
 
Sama seperti dengan pengertiannya, produk simpanan ini hanya memiliki satu tujuan, yakni mengumpulkan dana. Di mana harus sesuai dengan prosedur agar nasabah bisa berangkat ke Tanah Suci.
 
Jika dibandingkan dengan tabungan konvensional, tabungan berjangka, deposito, tujuan dari produk simpanan lain terasa kabur dan tidak berpusat pada dana haji. Hal tentunya akan membuat Anda tidak disiplin dalam menabung. Bahkan, akan semakin mengundur waktu ke Tanah Suci.
 
2. Mata Uang
 
Ternyata tidak hanya Rupiah saja, Anda juga bisa langsung menabung haji dengan menggunakan valuta asing berupa Dollar AS. Bahkan, tingkat keuntungan yang bisa didapatkan tentu akan lebih besar dan terhindar dari adanya risiko inflasi.
 
3. Asuransi
 
Tidak hanya dapat menghindari inflasi, Tabungan ibadah haji juga menyediakan asuransi untuk para nasabah. Asuransi ini sebenarnya sudah termasuk ke dalam rekening. Sehingga, bila terjadi suatu musibah, maka Anda akan mendapatkan bantuan pendanaan untuk berobat.
 
Selain itu, bila Anda meninggal, maka dana yang sudah terkumpul dapat diwariskan ke ahli waris. Produk simpanan lain tidak biasanya tidak mempunyai fasilitas asuransi seperti ini.
 
4. Bagi Hasil (Nisbah)
 
Apabila Anda menggunakan produk simpanan syariah, maka bisa menggunakan sistem bagi hasil yang disepakati melalui akad. Nisbah merupakan salah satu sistem bagi hasil dari bank kepada nasabah setiap tahunnya. Jadi tenang saja, dana yang berasal dari rekening Anda langsung tetap berkembang.
 

Setoran dari Tabungan Ibadah Haji 

 
Biasanya, bank mensyaratkan jumlah setoran awal yang jauh berbeda-beda. Namun, untuk produk simpanan ini, setoran awalnya memang bergantung pada tahun berangkat haji serta kemampuan membayar nasabah.
 
Hal ini juga hanya berlaku pada setoran bulanannya. Sehingga, pada proses Tabungan ibadah haji tidak akan terasa berat.
 
1. Autodebet
 
Ternyata setelah melakukan setoran awal tabungan haji, Anda tidak harus mentransfer setoran bulanan secara manual lagi ke rekening. Hal ini karena Anda sudah dapat menghubungkan rekening tabungan konvensional dengan rekening haji.
 
Melalui sistem autodebet, Anda hanya perlu mengisi tabungan konvensional saja. Selanjutnya, rekening konvensional ini bisa langsung mengisi rekening haji sesuai dengan setoran bulanan.
 
2. Terhubung dengan SISKOHAT
 
Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) termasuk salah satu pusat pengelolaan data, pembuatan dokumen haji. Jadi digunakan untuk tiap individu, penerbangan, pemberangkatan, dan pemulangan jamaah.
 
Jika Anda membuat rekening, maka data akan langsung terhubung secara online dengan SISKOHAT. Produk dari simpanan lain ini tidak mempunyai sistem seperti ini.
 
3. Bonus Souvenir Haji
 
Umumnya, bank juga akan menyediakan souvenir berupa tas dan travel kit. Bonus souvenir haji ini dapat berbeda-beda tergantung ketentuan dari bank.
 

Syarat Tabungan Haji Harus Dipenuhi

 
Setelah Anda memahami keunggulan dari Tabungan ibadah haji ini, maka lengkapilah beberapa syarat tabungan haji sekarang juga. Berikut ini sudah ada beberapa keuntungan tabungan haji, yaitu:
 
1. Kartu Identitas Diri
 
Pertama, tunjukkan identitas diri Anda. Anda hanya perlu membawa Kartu Identitas Diri yang berisi KTP/Paspor/SIM/Kartu Pelajar.
 
2. Setoran Awal
 
Setoran awal setiap bank memang berbeda-beda. Setoran awal ini wajib sekali Anda bayarkan pada saat pembukaan rekening.
 
3. Formulir
 
Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran untuk dapat membuat rekening Tabungan ibadah haji. Hal ini dilakukan untuk pemberangkatan haji dan terdaftar ke SISKOHAT.
 
4. Verifikasi Kemampuan Memenuhi Setoran Bulanan
 
Customer Service biasanya akan memverifikasi kemampuan Anda untuk memenuhi setoran bulanan sampai seluruh dana terkumpul. Hal ini memang dibutuhkan agar setoran tidak macet.
 
Rentang waktu dan bagi hasil yang akan ditetapkan sejak awal juga tidak memberatkan Anda saat menyisihkan dana setiap bulan. Hal ini karena semua sudah terukur secara matang. 
 
Jadi, Anda bisa langsung menabung dan menunaikan ibadah haji. Jangan lupa tabungan ibadah haji tersebut selalu Anda cek di bank.