Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

perbanyak dzikir dan doa sapu jagat saat hari tasyrik

 

Selama hari-hari Tasyrik, yaitu tiga hari setelah hari Idul Adha (10 Dzulhijjah), umat Islam dianjurkan untuk banyak berdzikir dan berdoa, termasuk melakukan dzikir dan doa sapu jagat. Dzikir dan doa ini bertujuan untuk memperbanyak pengingat kepada Allah, bersyukur atas nikmat yang diberikan, dan memohon ampunan serta keberkahan. Berikut adalah dzikir dan doa sapu jagat yang bisa diamalkan:

Dzikir Tasyrik:

  1. Takbir:

    • Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha illallah, Allahu Akbar, Allahu Akbar, wa lillahilhamd.
    • Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah.
  2. Tahmid:

    • Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillahil-ladhi hadana lihadza, wa ma kunna linahtadiya laula an hadana Allah.
    • Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah memberi petunjuk kepada kami untuk ini, dan kami tidak akan mendapat petunjuk jika Allah tidak memberi petunjuk kepada kami.
  3. Tahlil:

    • La ilaha illallah, wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamd, wa huwa 'ala kulli syai'in qadir.
    • Artinya: Tiada Tuhan selain Allah, yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Doa Sapu Jagat:

"Subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar wa la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyil 'adzim."

Artinya: Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Doa Lainnya:

  1. Doa Memohon Ampunan:

    • Astaghfirullahal 'adzim, alladzi la ilaha illa Huwal Hayyul Qayyum wa atubu ilaih.
    • Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan Maha Kekal, dan aku bertaubat kepada-Nya.
  2. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat:

    • Rabbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina 'adhaban nar.
    • Artinya: Ya Rabb, berikanlah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.
  3. Doa untuk Keluarga dan Orang Tercinta:

    • Allahumma inna nasaluka khayral maulid, wa khayral makhraj, wa khayral a'mal, wa khayral yaum, wa khayral lamhat, wa khayral maali, wa khayral waziri, wa khayral khulqi, wa khayral 'ayni, wa khayral laklil, wa khayral sakani, wa khayral sahibi, wa khayral jari, wa khayral sa'ati, wa khayral nasibi, wa khayral mahall.
    • Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu kebaikan dalam penciptaan, dalam kelahiran, dalam amal perbuatan, dalam hari, dalam waktu sekejap, dalam harta, dalam pemimpin, dalam sifat, dalam mata, dalam keluarga, dalam tempat tinggal, dalam sahabat, dalam waktu, dalam nasib, dan dalam tempat tinggal.

Selama melakukan dzikir dan doa, perbanyaklah pula membaca Al-Qur'an, melakukan ibadah shalat, bersedekah, dan berbuat kebaikan kepada sesama. Semoga hari-hari Tasyrik menjadi momen berkah dan keberkahan bagi kita semua.