Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perbedaan Haji dan Umroh yang Wajib Diketahui

Pembahasan mengenai perbedaan haji dan umroh menjadi topik hangat yang saat ini berhasil membuat beberapa orang menjadi penasaran. Tidak dapat dipungkiri apabila ibadah ini merupakan salah satu contoh ibadah yang di idamkan oleh umat islam.
 
Apalagi dapat diketahui jika Haji sendiri termasuk ke dalam salah satu rukun Islam. Walaupun tidak memiliki unsur hukum wajib dilaksanakan, mama banyak umat Islam yang memiliki keinginan untuk menunaikannya.
 
Salah satu hal yang saat ini harus diperhatikan ialah mengenai perbedaan haji dan umroh. Sebagian besar orang menganggap bahwa kedua hal ini adalah hal yang sama. Alasannya ialah dikarenakan keduanya akan membuat seseorang harus pergi ke Mekkah.
 
Meskipun memang benar begitu, tapi sebenarnya kedua hal ini benar benar merupakan ibadah yang berbeda. Mengenai pembedanya, haji dan umroh memiliki perbedaan dari rukunnya. Melalui pembahasan berikut ini Anda akan bisa mengetahui mengenai perbedaan spesifiknya.
 

Mengenal Perbedaan Haji dan Umroh dari Pengertiannya

 
Apabila ingin mengenal tentang perbedaan antara kedua ibadah tersebut, maka bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu diantaranya ialah dengan mengenali tentang pengertiannya terlebih dahulu.
 
Sebab dengan mengetahui pengertiannya maka ada bisa mengetahui tentang gambaran dari kedua ibadah ini. Tapi tidak perlu merasa khawatir karena pada kesempatan kali ini akan kami ungkap tentang kedua hal tersebut.
 
Haji adalah istilah yang berasal dari kata “Hajj” dimana artinya ialah menuju atau mengunjungi. Ada banyak orang yang menganggap bahwa haji sendiri merupakan tradisi ziarah ke makam di tanah yang paling suci bagi umat Islam yakni kota Mekkah.
 
Mengenai hukumnya, haji sebenarnya adalah kepada yang wajib bagi beberapa kalangan. Ibadah ini menjadi wajib apabila diperuntukkan bagi orang yang mampu untuk melaksanakannya. Sedangkan untuk rukun haji sendiri adalah ihram, wukuf, tawaf dan sa’i, dan tahallul.
 
Agar bisa semakin mengenal tentang perbedaan haji dan umroh, Anda juga bisa mengetahui tentang perbedaan dari Umroh. Sebab pengertian tentang Haji sendiri juga tidak akan cukup untuk mengatasi perbedaan antara keduanya.
 
Mengenai Umroh adalah suatu ibadah yang membuat seorang umat pergi ke Mekah untuk melakukan siaran dengan melakukan beberapa rukun umroh. Namun ibadah ini tidak termasuk dalam rukun Islam dan memiliki hukum sunnah muakkad untuk dilaksanakan.
 
Untuk rukun umroh hampir sama dengan haji, hanya saja ada salah satu yang tidak terdapat didalamnya. Umroh tidak membuat seorang umat untuk melakukan tawaf. 

Perbedaan Haji dan Umroh Berdasarkan Beberapa Aspek

 
Setelah mengetahui pengertian dari setiap ibadah tersebut, Anda bisa mengetahui tentang selanjutnya yang menjelaskan mengenai perbedaan haji dan umroh. Di mana pada pembahasan kali ini kami akan menguraikan perbedaannya berdasarkan beberapa aspek.
 
1. Berdasarkan Hukumnya
 
Salah satu aspek yang bisa di ketahui untuk membedakan antara kedua ibadah ini ialah mengetahui kebenaran dari segi hukumnya. Sebab dengan mengetahui hukumnya maka seseorang bisa menilai seberapa pentingnya ibadah tersebut untuk ditunaikan.
 
Haji adalah salah satu ibadah yang ada di dalam rukun Islam. Mengenai hukumnya, ibadah ini termasuk ke dalam salah satu ibadah wajib bagi mereka yang mampu untuk menunaikannya. Sebab kita tahu apabila untuk melaksanakan Haji itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
 
Sedangkan untuk umroh, terdapat beberapa ungkapan yang membahas mengenai hukumnya. Ada yang mengatakan bahwa ini adalah ibadah yang wajib ditunaikan setidaknya satu kali seumur hidup. Ada juga ungkapan bahwa Allah hukumnya sunnah muakkad.
 
2. Berdasarkan Rukunnya
 
Informasi kedua yang memperjelas mengenai perbedaan haji dan umroh ialah mengenai rukun dari setiap ibadah tersebut. Pertama-tama ketahuilah bahwa rukun dari Haji ialah melakukan ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i dan di akhiri dengan memotonb rambut.
 
Sedangkan untuk rukun dari umroh yaitu hampir sama dengan rukun haji. Hanya saja perbedaannya terletak pada tidak adanya rukun untuk melakukan wukuf di Arafah.
 
3. Berdasarkan Waktu Pelaksanaannya
 
Mengenai perbedaan selanjutnya yang mencolok antara keduanya ialah tentang waktu pelaksanannya. Dimana haji hanya dapat dilaksanakan mulai dari bulan Syawal sampai Zulhijjah. Sedangkan umroh bisa dilaksanakan kapan saja.
 
Dengan mengenali termasuk di atas maka Anda bisa mengetahui dengan spesifik tentang beberapa perbedaannya. Jika ingin menjalankan ibadahnya, Anda tidak akan keliru karena memang perbedaan Haji dan Umroh itu benar-benar jelas.