Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perbedaan Haji Plus dan Furoda Serta Ciri Travel yang Aman

Haji plus dan furoda sering disamakan satu sama lain, padahal keduanya mempunyai definisi berbeda. Keduanya memiliki kesamaan memiliki waktu tunggu lebih cepat dibandingkan kuota reguler. Jika Anda ingin mencobanya bisa mengunjungi Mabruk Tour.
 
Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia sendiri dikelola oleh pemerintah Republik Indonesia dan juga swasta. Kuota reguler diurus dan diorganisir langsung oleh pemerintah, sehingga menghasilkan waktu tunggu sangat lama hingga 20 tahun.
 
Pihak swasta juga dapat mengorganisir dan mengurus kuota tersendiri asalkan sudah mengantongi izin dari kementerian agama terlebih dahulu. Kuota ibadah pihak swasta ini sering disebut di Indonesia dengan sebutan haji plus dan furoda.
 

Definisi Singkat Mengenai Haji Plus

 
Berbeda dengan kuota reguler yang memiliki waktu tunggu relatif lama, bahkan jika Anda mendaftar tahun ini waktu tunggunya sudah mencapai 20 tahun. Program ini memiliki waktu tunggu lebih cepat sekitar 5-9 tahun dan sering disebut ONHPlus (Ongkos Naik Haji Plus).
 
ONHPlus merupakan program keberangkatan ibadah haji dengan kuota resmi pemerintah, namun pihak pengelolanya adalah swasta. Umumnya memiliki kuota lebih sedikit dibandingkan reguler namun waktu tunggunya lebih cepat.
 
Jika Anda mendaftar haji plus dan furoda menggunakan program ini akan mendapatkan nomor porsi haji setelah pendaftaran di kementerian agama selesai dilakukan. Waktu tunggunya berkisar antara lima hingga sembilan tahun tergantung kuota.

Berikut Ini Mengenal Haji Furoda

 
Berbeda dengan ONHPlus, furoda merupakan pemberangkatan ibadah haji diluar kuota jatah pemerintah. Program ini dilaksanakan menggunakan visa kerja atau furoda. Oleh karena itu penting untuk memilih agen travel terpercaya seperti Mabruk Tour.
 
Umumnya biaya program ini lebih mahal, namun waktu tunggunya sangat cepat yaitu hanya satu tahun saja. Waktu pemberangkatan dilakukan setelah semua jamaah reguler diberangkatkan.
 
Umumnya jamaah juga akan mendapatkan fasilitas penginapan nyaman dengan minimal bintang empat keatas. Namun, biaya yang dibayarkan relatif lebih mahal serta durasinya lebih singkat dibanding program reguler dan ONHPlus.

Perbedaan Haji Plus dan Furoda

 
Walau terlihat mirip, namun terdapat beberapa perbedaan pada dua jenis program ini. selain terkait permasalahan kuota dimana ONHPlus menggunakan kuota pemerintah sedangkan Furoda tidak, masih terdapat beberapa perbedaan diantaranya adalah:
 
1. Masalah Antrean
 
Kuota antrean program ONHPlus dan reguler diurus oleh pemerintah. Namun pengelolaan reguler dikelola oleh pemerintah sedangkan pihak swasta sebagai pengelola ONHPlus. Sedangkan bagi haji furoda menggunakan kuota diluar pemerintahan dan dikelola swasta.
 
Hal tersebut akan berdampak pada masa tunggu jamaah. Dimana masa tunggu jamaah reguler sangat lama hingga mencapai 20 tahun, dan jika Anda ingin berhaji lebih cepat dapat menggunakan program lainnya.
 
2. Penerbitan Visa
 
Visa yang didapatkan bagi jamaah reguler diterbitkan secara resmi oleh pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia serta bersifat gratis. Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk biaya penerbitan visa ini.
 
Sedangkan untuk haji plus dan furoda memiliki visa yang berbeda juga. ONHPlus mendapatkan visa seperti jamaah reguler karena mendapatkan kuota pemerintah, sedangkan program lainnya mendapatkan visa mujamallah diberikan kepada pihak swasta.
 
3. Biaya dan Pengurusan Jamaah
 
Untuk biaya tentu saja program reguler lebih murah dibandingkan program lainnya. Namun jika membandingkan paket plus dan furoda, maka akan didapatkan harga lebih murah ONHPlus karena masih mendapatkan kuota dari pemerintah.
 
Walaupun mahal, haji furoda memiliki fasilitas yang lebih baik dibandingkan program lainnya. Anda akan disediakan beberapa fasilitas penunjang terbaik seperti hotel bintang lima terdekat dengan kabah, tentunya akan Anda dapatkan jika memesan di Mabruk Tour.
 
Kementerian agama tidak mengelola calon jamaah dengan visa mujamallah. Karena hal itu merupakan hak pemerintah Arab Saudi sebagai pengundang jamaah. Namun, pemegang visa ini tetap wajib berangkat melalui penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK).

Ciri Travel Aman dan Terbaik

 
Kegiatan ibadah haji plus dan furoda hanya dapat diselenggarakan oleh PIHK yang telah berizin pemerintah, jadi Anda sangat disarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah agen travel yang dipilih sudah berizin atau belum.
 
Kedua, pastikan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Travel haji terbaik biasanya menyediakan fasilitas terbaik sesuai dengan harga yang diberikan. Salah satunya adalah agen travel Mabruk Tour menyediakan fasilitas terbaik untuk jamaah.
 
Ketiga, pastikan tanggal keberangkatan. Jangan hanya percaya dengan kata-kata perkiraan berangkat satu hingga dua tahun. Harus ada tanggalnya, karena hal tersebut berarti pihak travel sudah membooking untuk keperluan jamaah.
 
Jika Anda mencari agen travel terpercaya silahkan hubungi Mabruk Tour pada mabruk.co.id. Anda akan mendapatkan pengalaman haji plus dan furoda terbaik dibanding biro travel lain.