Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Haji untuk Wanita yang Perlu Diingat

Disamping keperluan secara umum yang wajib dibawa, perlengkapan haji untuk wanita sebenarnya perlu lebih diperhatikan. Tentu hal ini semata-mata demi kenyamanan bersama dan juga kelancaran dalam beribadah.
 
Dilihat dari segi kebutuhan, jemaah haji wanita memang membutuhkan lebih banyak barang untuk dibawa. Hal ini menyebabkan para calon jemaah kesulitan dalam menentukan perlengkapan apa saja yang seharusnya mereka bawa. 
 
Oleh karena itu, ada baiknya buatlah daftar atau perincian barang terlebih dahulu sebelum mengemas barang untuk berangkat haji. Pembuatan daftar ini akan meminimalisir lupa atau adanya barang yang tertinggal. 
 

Perlengkapan Haji Secara Umum yang Perlu Dibawa

 
Pada dasarnya perlengkapan haji untuk wanita ataupun laki-laki memiliki kesamaan secara umum. Beberapa perlengkapan bersifat wajib dan beberapa demi menunjang kenyamanan Anda. Di bawah ini adalah beberapa perlengkapan umum yang perlu Anda ketahui.
 
1. Dokumen Pribadi
 
Persiapkan dokumen-dokumen penting Anda seperti kartu identitas, paspor, visa, dan bukti vaksin. Siapkan juga fotokopi dari dokumen-dokumen tersebut agar sudah siap jika dibutuhkan. 
 
2. Peralatan Ibadah
 
Tentu saja dalam perjalanan haji ini Anda memerlukan seperangkat alat ibadah seperti, al-Qur’an dan buku doa. Sedangkan perlengkapan haji untuk wanita terkait alat ibadah bisa berupa mukena.
 
Selain itu, pastikan Anda membawa buku panduan haji. Biasanya buku panduan ini akan diberikan oleh pihak travel Anda agar memudahkan Anda mengingat setiap langkah dalam menunaikan ibadah ini.
 
3. Tas Khusus Kabin
 
Selain membawa koper, tas khusus kabin juga dibutuhkan untuk barang-barang pribadi seperti gadget, obat, al-Qur’an, dan sebagainya. Hal ini agar memudahkan Anda apabila membutuhkan alat tersebut, sehingga tidak perlu membongkar koper.
 
 
4. Alat Mandi
 
Selanjutnya adalah jangan sampai lupa membawa alat mandi. Alat mandi sebagai salah satu perlengkapan haji untuk wanita juga biasanya akan sedikit berbeda dan lebih kompleks.
 
Meskipun biasanya pihak hotel menyediakan perlengkapan mandi, seperti sabun, sampo, sikat gigi dan sebagainya, tetapi pasti tidak selengkap kebutuhan Anda. Oleh karena itu, disarankan tetap membawa peralatan mandi pribadi. 
 
5. Jaket dan Selimut
 
Saudi Arabia memang merupakan negara yang terdiri dari gurun pasir, tetapi pada malam hari cuaca bisa menjadi sangat dingin di sana. Sehingga, bawalah jaket dan selimut demi kenyamanan Anda.
 

Ini Dia Daftar Perlengkapan Haji untuk Wanita 

 
Setelah membahas perlengkapan haji secara umum, maka sekarang perlu diketahui apa-apa saja perlengkapan yang perlu disiapkan khusus untuk wanita dalam bepergian haji. Berikut ini adalah daftar yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.
 
1. Pakaian
 
Dalam perjalanan haji, laki-laki dan wanita memiliki perbedaan dari segi pakaian. Para wanita sebaiknya siapkan pakaian-pakaian berikut sebelum Anda pergi haji, yaitu seperti:
 
Baju ihram wanita 2 set
 
Baju atasan (bukan ihram) dengan panjang minimal selutut 3 buah
 
Rok atau celana panjang 3 buah
 
Jaket untuk antisipasi udara dingin
 
Jilbab panjang 2 buah
 
Kaos kaki 3 pasang
 
Pakaian dalam 6 set
 
Disposable panties secukupnya untuk saat dibutuhkan saja
 
2. Kosmetik dan Produk Perawatan Wajah
 
Perlengkapan haji untuk wanita selanjutnya adalah kosmetik dan produk perawatan wajah atau skincare. Perlengkapan yang satu ini tentu sudah akrab bagi kaum wanita. 
 
Kebanyakan wanita akan membutuhkan kosmetik saat bepergian, begitupun dengan skincare. Jika akan menetap di suatu tempat, skincare dan kosmetik pasti tidak akan lepas dari daftar barang bawaan. 
 
Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan kosmetik ini tidak terlepas dari ketentuan wanita saat menunaikan ibadah haji. Salah satunya adalah harus memenuhi syarat ihram. 
 
3. Keperluan Tambahan
 
Perlengkapan haji untuk wanita biasanya akan bertambah tergantung pada situasi dan kondisinya. Berikut ini adalah keperluan tambahan yang perlu Anda bawa
 
Bawalah pembalut dan pantyliners secukupnya, berjaga apabila Anda datang bulan.
 
Gantungan baju secukupnya.
 
Pil penunda haid. Hal ini opsional, karena setiap orang pasti memiliki pemikiran yang berbeda. Disamping itu, obat ini juga memberikan beberapa efek samping seperti sakit kepala, mual, dan suasana hati yang berubah.
 
Obat nyeri haid. Jika Anda memutuskan untuk tidak menunda haid, maka disarankan membawa obat nyeri haid demi kenyamanan aktivitas ibadah Anda.
 
Pastikan untuk mempersiapkannya dari jauh hari agar persiapan Anda lebih matang. Beberapa saran perlengkapan haji untuk wanita di atas dapat dijadikan referensi untuk perjalanan ibadah Anda.