Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Ibadah Haji yang Tidak Boleh Terlewatkan

Perlengkapan Ibadah Haji harus dipersiapkan sejak awal agar pelaksanaannya bisa berjalan dengan lancar. Sebenarnya hal yang perlu dipersiapkan tidak terlalu banyak. Hanya saja seringkali para jamaah tidak mau melakukan persiapan sejak awal.
 
Padahal ini merupakan hal yang sangat penting untuk disiapkan karena berpengaruh besar terhadap kenyamanan semua jamaah saat melaksanakan ibadah haji. Lagipula perlengkapan ini bisa Anda temukan dengan mudah dalam aktivitas sehari-hari.
 
Banyak jamaah yang mengalami kendala di tanah suci karena kurangnya persiapan saat masih berada di tanah air. Mungkin Anda bisa membeli kebutuhan di tanah suci, tapi pasti harganya akan sedikit berbeda. Terlebih lagi kita tidak tahu dimana harus membeli berbagai jenis kebutuhan tersebut nantinya.
 
Perlengkapan Ibadah Haji yang Tidak Boleh Terlewatkan
 
Setelah kami rangkum dari banyak sumber, ternyata ada tujuh perlengkapan ibadah haji yang tidak boleh Anda lupakan. Persiapkan beberapa perlengkapan di bawah ini sejak awal agar ibadah Anda berjalan dengan lancar. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini :
 
1. Paspor dan Tiket
 
Perlengkapan Ibadah Haji pertama yang harus Anda persiapkan adalah paspor dan tiket. Jangan sampai Anda melupakannya karena ini merupakan syarat legalitas yang tidak boleh disepelekan sedikitpun.
 
Paspor dan tiket ini biasanya disimpan di dalam tas khusus berukuran kecil. Jangan sampai lupa dibawa atau tertinggal di sembarang tempat. Ini merupakan bentuk legalitas keberadaan Anda di tanah suci. Pastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala agar tidak ada masalah nantinya.
 
Untuk tindakan antisipasi, Anda juga bisa membawa salinan dari dokumen paspor dan visa tersebut. Ini bisa menghindarkan Anda dari risiko pemeriksaan ketat di tanah suci. Bila perlu, Anda juga bisa memotret isi dari dokumen visa atau paspor tersebut dan menyimpannya di perangkat.
 
Sebagai bentuk tindakan antisipasi lainnya, jangan lupa untuk memasukkan dokumen penting lain ke dalam tas yang sama agar ibadah haji terlaksana dengan lancar. Jaga terus dokumen dari mulai berangkat hingga pulang haji agar proses kepergian dan kepulangan tetap lancar.
 
2. Al-Quran dan Buku Pedoman Haji
 
Selain paspor, tiket dan dokumen legalitas lainnya, Perlengkapan Ibadah Haji yang juga harus dibawa adalah Al-Quran dan Buku Pedoman Haji. Kedua buku ini biasanya akan diberikan oleh pihak travel haji ketika Anda sudah selesai melakukan registrasi keberangkatan.
 
Buku pedoman haji bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memahami semua tahapan haji. Jadi kalau ada tahapan haji yang terlupakan, Anda bisa mengacu pada buku pedoman yang diberikan oleh pihak travel.
 
Sedangkan Al-Quran ini merupakan pendamping utama ketika Anda melaksanakan ibadah haji. Perbanyak membaca Al-Quran di waktu senggang agar ibadah yang dilaksanakan terasa jauh lebih afdhal. Agar mudah membawanya, Anda bisa memilih Al-Quran berukuran kecil saja.
 
3. Pakaian Ihram Cadangan
 
Selain beberapa poin yang sudah kami jelaskan di atas, Perlengkapan Ibadah Haji lain yang harus dibawa adalah pakaian cadangan ihram. Jangan hanya membawa satu stel saja. Tujuannya untuk menghindari ketiadaan pakaian ketika hari hujan atau pakaian terkena najis.
 
Sebaiknya Anda membawa 2 hingga 3 set pakaian ihram. Jangan lupa untuk selalu membawa satu set pakaian ihram ekstra ketika Anda sedang melaksanakan ibadah di tanah suci. Simpan saja pada tas atau wadah yang mudah dibawa. Ini merupakan bentuk antisipasi bilamana terjadi keadaan darurat.
 
4. Botol Minum dan Camilan
 
Perlengkapan Ibadah Haji yang wajib dibawa lainnya adalah botol minuman dan camilan. Penting untuk dipahami kalau ibadah haji ini merupakan bentuk ibadah yang sangat menguras energi. Ada banyak tindakan fisik yang dilakukan didalamnya.
 
Terlebih lagi cuaca di tanah suci berbeda dengan tanah air. Suhunya jauh lebih tinggi. Kondisi ini akan membuat Anda cepat mengalami dehidrasi dan lapar. Karena itulah sebaiknya Anda membawa botol minuman atau camilan ketika menjalankan ibadah.
 
5. Perlengkapan Darurat
 
Terakhir Anda juga harus membawa berbagai jenis perlengkapan darurat untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Contoh perlengkapan +darurat yang harus disiapkan sejak awal adalah uang bekal, obat-obatan, minyak kayu putih dan lain sebagainya.
 
Agar perjalanan ibadah haji Anda semakin lancar, pastikan untuk memilih layanan jasa travel yang berkualitas. Dalam hal ini Mabruk Tour menjadi alah satu rekomendasi terbaik untuk Anda. 
 
Selain memastikan keamanan dan kelancaran ibadah haji Anda. Kami Mabruk Tour juga memastikan kalau semua Perlengkapan Ibadah Haji tersebut sudah tersedia pada travel bag masing-masing.