Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Saat Berangkat Haji syang Wajib Dibawa

Perlengkapan saat berangkat haji penting untuk diperhatikan oleh para calon jamaah. Karena ibadah haji dilakukan di Mekkah, para jamaah akan menempuh perjalanan jauh untuk melaksanakan ibadah ini.
 
Sehingga jamaah harus membawa segala persiapan yang akan menunjang kebutuhan selama ibadah haji di tanah suci, karena ada beberapa perlengkapan haji yang merupakan perlengkapan utama yang harus dibawa dalam pelaksanaan ibadah tersebut.
 
Jika jamaah meninggalkan perlengkapan yang sifatnya wajib, maka ibadah pun akan terhambat, atau harus membeli perlengkapan di tanah suci, yang akan menambah biaya yang tak seharusnya, bukankah cukup merepotkan?
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut tidak terjadi, maka jamaah harus mengetahui dan membuat daftar list berbagai perlengkapan yang wajib dibawa saat ibadah haji.
 
Perlu diperhatikan, bahwa tidak hanya ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa meski tidak termasuk pada perlengkapan utama ibadah haji. Perlengkapan ini akan 
menjadi penunjang kenyamanan selama pelaksanaan ibadah di Baitullah.
 
Lalu apa saja perlengkapan utama dan perlengkapan lainnya yang wajib dibawa saat berangkat haji ke tanah suci ? Simak informasinya pada pembahasan berikut.
 

Perlengkapan Saat Berangkat Haji Wajib Dibawa

 
Ibadah haji adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia, baik oleh muslim laki-laki maupun perempuan. 
Ibadah ini menjadi ibadah yang istimewa karena hanya dapat dilakukan di tanah suci, sehingga seluruh umat muslim akan berdatangan dari seluruh penjuru dunia.
 
Untuk itu, para jamaah harus membawa beberapa perlengkapan saat berangkat haji yang akan digunakan dalam pelaksanaan ibadah haji. Perlengkapan haji bagi jamaah laki-laki dan perempuan berbeda, inilah yang harus diperhatikan oleh para jamaah.
 
1. Perlengkapan Saat Berangkat Haji Wajib Bagi Laki-Laki
 
Perlengkapan dalam ibadah haji bagi laki-laki berbeda dengan perempuan. Tentunya perlengkapan ini bersifat wajib yang akan menunjang proses pelaksanaan ibadah ini. Ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa oleh jamaah laki-laki, diantaranya :
 
Pakaian Ihram
 
Perlengkapan wajib yang harus dibawa yang akan digunakan untuk ihram. Pakaian ihram ini berupa dua lembar kain yang tidak dijahit. Sediakan sebanyak 1 hingga 2 stel, serta ikat pinggang untuk mengikat kain ihram tersebut di pinggang.
 
Pakaian ihram akan digunakan oleh jamaah laki-laki ketika pesawat telah sejajar dengan yalamlam, yaitu miqot masyarakat Indonesia, yang mengharuskan jamaah untuk menggunakan pakaian ihram serta memulai ihram.
 
Pakaian Ganti dan yang Lainnya
 
Ketika di tanah suci, para jamaah tidak akan selamanya menggunakan pakaian ihram, sehingga memerlukan pakaian ganti untuk tetap menutup auratnya. Pakaian ini juga diperlukan ketika para jamaah ingin jalan-jalan di daerah tanah suci di waktu-waktu tertentu.
 
Sediakan pakaian ganti dengan jumlah yang disesuaikan selama peribadahan, diantaranya kemeja, kaos, celana panjang, pakaian dalam, sarung, sendal atau sepatu.
 
2. Perlengkapan Saat Berangkat Haji Wajib Bagi Perempuan
 
Perlengkapan haji juga diperlukan oleh jamaah perempuan. Ada beberapa perlengkapan wajib yang harus dibawa dalam pelaksanaan ibadah di Baitullah, diantaranya adalah sebagai berikut.
 
Pakaian Ihram
 
Selain digunakan oleh jamaah haji laki-laki,pakaian ihram juga digunakan oleh jamaah perempuan, yang akan digunakan dalam melakukan ibadah haji. 
 
Pakaian ihram bagi jamaah perempuan ini berbeda dengan pakaian ihram untuk jamaah laki-laki, yaitu berupa jilbab/mukena berwarna putih dan rok dengan warna yang sama, 
karena pakaian ihram harus berwarna putih.
 
Pakaian Penutup Aurat
 
Selain pakaian ihram, jamaah perempuan juga memerlukan beberapa pakaian untuk menutup auratnya, seperti kerudung yang panjangnya menutup dada dan kaos kaki.
 
Pakaian ini sangat dibutuhkan dan wajib dibawa, agar para jamaah tetap terjaga auratnya dari lawan jenis yang bukan mahramnya. Tentukan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan selama di tanah suci.
 
Pakaian Ganti dan Tambahan Lainnya
 
Selama di tanah suci, jamaah perempuan pun tidak selamanya menggunakan pakaian ihram. Pakaian ganti akan sangat diperlukan ketika jamaah melakukan perjalanan diluar jam peribadahan di Mekkah.
 
Pakaian ganti yang harus dibawa seperti baju tidur, gamis, celana, pakaian dalam, kerudung ganti, dan yang lainnya. Bawalah beberapa pakaian yang diperlukan selama di tanah suci.
 

Tambahan Perlengkapan Saat Berangkat Haji

 
Selain beberapa perlengkapan wajib yang mesti dibawa saat berangkat haji, jamaah juga akan memerlukan beberapa perlengkapan tambahan selama di tanah suci. Namun, perlengkapan tambahan ini biasanya disediakan di beberapa tempat atau hotel.
 
Namun, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan, jamaah lebih baik menyiapkannya, seperti keperluan mandi, skincare, jaket, selimut dan yang lainnya. 
 
Jangan lupa untuk membawa koper dan tas, yang diperlukan untuk membawa berbagai keperluan, juga dompet dan ATM untuk melakukan transaksi.
 
Sebenarnya masih banyak perlengkapan tambahan yang harus dibawa oleh para jamaah haji. Tetapi intinya, Jamaah harus menyiapkan segala keperluan yang berhubungan dengan perlengkapan saat berangkat haji yang harus dibawa.