Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Umrah Plus Tour, Persiapkan Sebelum Berangkat

Perlengkapan umrah plus tour bisa dibilang tidak sedikit jumlahnya. Mulai dari keperluan untuk berpakaian, beribadah, dokumen penting, hingga keperluan pribadi lainnya menjadi hal yang wajib dipersiapkan.
 
Persiapan perlengkapan ini juga dibilang tidak bisa dalam waktu singkat. Jauh-jauh hari jemaah harus sudah mempersiapkan keperluan tersebut. Sehingga tidak kerepotan atau bahkan ada yang terlupa mendekati hari keberangkatan.
 
Persiapan ini dimulai dari mencari tahu barang apa yang tidak disediakan oleh agen. Lebih detailnya, berikut adalah alasan mengapa Anda perlu menyiapkan jauh hari berikut daftar perlengkapan umrah tersebut.
 

Alasan Mengapa Perlu Persiapkan Perlengkapan Umrah Jauh Hari Sebelum Keberangkatan

 
Ibadah umrah apalagi disertai tour, bisa dibilang merupakan perjalanan cukup panjang, menghabiskan satu minggu lebih. Itulah mengapa supaya lancar, berbagai 
perlengkapan umrah plus tour perlu dipersiapkan jauh hari sebelum keberangkatan.
 
1. Meminimalisir Ada Barang Tertinggal
 
Bayangkan persiapakan keberangkatan baru disiapkan beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum keberangkatan. Bisa dipastikan keperluan yang perlu waktu lama prosesnya, misal dokumen penting, tidak siap tepat waktu.
 
Belum lagi karena tidak dicatat barang apa saja perlu dibawa, malah ada yang lupa tidak dibawa. Misal benda kecil tetapi penting untuk dibawa seperti kaca mata hitam hingga obat pribadi.
 
2. Keberangkatan ke Tanah Suci Lancar
 
Ketika sudah dipersiapkan dari jauh hari, Anda bisa cek ulang apakah ada yang tertinggal maupun kelupaan atau tidak. Sehingga saat keberangkatan ke meeting point juga terasa lebih tenang dan lancar.
 
Perlu diingat mempersiapkan perlengkapan umrah plus tour dari jauh hari ini berlaku untuk jemaah perempuan maupun laki-laki. Sehingga tidak panik ketika mendekati jadwal keberangkatan ke tanah suci.
 
3. Ibadah Lebih Tenang
 
Saat sudah yakin seluruh keperluan lengkap, ibadah Anda tentu lebih tenang dan khusyuk. Tidak perlu khawatir, apalagi sibuk mencari maupun membeli barang yang lupa tidak terbawa.
 

Daftar Perlengkapan Umrah Plus Tour yang Wajib Dibawa Jemaah

 
Sudah disebutkan sebelumnya, beberapa keperluan yang wajib dibawa meliputi berbagai dokumen maupun perlengkapan pribadi. Tidak lupa detail jadwal kegiatannya, alat komunikasi, sampai perlengkapan beribadah baik untuk laki-laki maupun perempuan.
 
1. Jadwal Kegiatan Selama di Tanah Suci
 
Umumnya agen atau travel umrah sudah memberikan detail jadwal maupun kegiatan jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa membawa detail ini, baik dalam bentuk fisik seperti kertas maupun foto atau file.
 
2. Berbagai Dokumen Penting
 
Berbagai dokumen penting tidak boleh terlupakan sebagai perlengkapan umrah plus tour. Meliputi paspor, visa, kartu identitas, tiket pesawat PP, hingga keperluan administratif lain yang disediakan agen.
 
Sedikit tips, sebaiknya satukan seluruh identitas dalam map. Tempatkan pada tas yang mudah Anda jangkau. Jangan lupa persiapkan uang tunai juga untuk dipakai atau ditukarkan di money changer.
 
3. Alat untuk Berkomunikasi
 
Alat komunikasi dimaksud meliputi ponsel, charger atau powerbank, hingga kartu yang berfungsi baik di lokasi tujuan. Meskipun bisa menggunakan kartu Indonesia, Anda akan dikenai tarif roaming yang tidak murah.
 
4. Perlengkapan Beribadah
 
Perlengkapan umrah plus tour terpenting lainnya adalah alat ibadah. Meliputi mukena, set pakaian dan kain ihram, hingga ikat pinggang untuk jemaah pria. Jangan pula 
persiapkan buku panduan doa berikut dzikir.
 
5. Perlengkapan Pribadi
 
Seperti namanya, keperluan pribadi mungkin dapat berbeda setiap orangnya. Namun umumnya yang bisa dipersiapkan adalah peralatan mandi, selimut, pakaian untuk malam hari, dan banyak lainnya.
 
Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi maupun suplemen kesehatan milik Anda. Apabila memungkinkan bawa perlengkapan berukuran travel size, sehingga tidak menambah berat maupun volume bawaan yang dibawa.
 
Perlengkapan umrah plus tour memang banyak dan perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Khususnya berbagai keperluan yang tidak disediakan oleh agen perjalanannya. Mengingat umumnya koper hingga pakaian ihram sudah disediakan.
 
Jangan sampai mendekati hari keberangkatan, tetapi keperluan yang perlu butuh waktu lama prosesnya seperti visa justru belum siap. Bisa jadi menjadi penyebab Anda batal berangkat ibadah ke tanah suci.
 
Ketika sudah persiapan dari jauh hari, tentunya Anda akan meminimalisir barang tertinggal atau lupa terbawa. Menjadikan proses keberangkatan lebih lancar, serta ibadah lebih tenang dan khusyuk.
 
Keperluan yang perlu dibawa sendiri meliputi detail jadwal kegiatan, dokumen penting, dan alat komunikasi. Perlengkapan umrah plus tour lainnya adalah alat ibadah dan berbagai kelengkapan pribadi seperti pakaian dan obat.