Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Wajib Saat Haji, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Menjelang keberangkatan para calon jamaah penting untuk mengetahui perlengkapan wajib saat haji. Guna mempermudah berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan di tanah suci nantinya. 
 
Haji sendiri merupakan salah satu ibadah dengan persiapan matang dan mendetail. Karena untuk melaksanakan ibadah satu ini membutuhkan antrian panjang dan lama bagi para calon jamaahnya. 
 
Untuk itu ketika sudah mendekati keberangkatan penting mengetahui perlengkapan wajib saat haji. Lokasinya jauh di Arab Saudi sehingga tidak mungkinkan pulang pergi mengambil barang tertinggal. 
 
Alangkah baiknya para calon jamaah membuat rincian daftar barang - barang apa saja diperlukan. Baik itu barang pribadi maupun barang kelompok yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari 
 

Daftar Perlengkapan Wajib Saat Haji

 
Mendekati waktu berangkat haji calon jamaah biasanya berbagai kegiatan. Seperti misalnya melakukan manasik haji dan cek kesehatan secara rutin. Sehingga menjadi bekal ilmu nantinya saat di tanah suci. 
 
Dengan adanya hal tersebut biasanya para calon jamaah lupa berkemas barang - barang bawaan. Beberapa perlengkapan wajib saat haji yang perlu diketahui oleh calon jamaah: 
 
1. Tiket, Visa dan Dokumen Penting Haji
 
Barang wajib yang harus dibawa yaitu tiket dan dokumen penting. Hal ini termasuk paspor dan juga tingkat pesawat yang nantinya akan dipergunakan ketika perjalanan ke Arab Saudi. 
 
Alangkah lebih baiknya tiket dan juga dokumen penting lain disimpan dalam satu tas kecil yang dibawa ke mana saja. Siapkan dokumen tersebut dalam satu tempat agar tidak tercecer nantinya. 
 
Penting juga para calon jamaah membawa foto copy paspor dan visa untuk cadangan jika ada suatu hal terjadi. Identitas diri juga penting dibawa dan dimasukkan dalam satu dompet beserta dengan lainnya.
 
Tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak. Penting juga sebelumnya menukarkan mata uang negara asal ke mata uang Arab Saudi. Sehingga nantinya dapat bertransaksi jual beli ketika sudah di sana. 
 
2. Buku Pedoman Haji dan Alquran
 
Perlengkapan wajib saat haji selanjutnya yaitu berupa buku pedoman haji. Hal ini penting dibawa terlebih bagi yang belum paham benar apa kegiatan nanti ketika melakukan ibadah. 
 
Termasuk dengan Alquran nanti bisa dibawa dan dibaca sewaktu-waktu. Alangkah lebih baiknya membawa buku Alquran berukuran kecil dan bisa di saku sehingga tidak memakan tempat. 
 
Buku doa-doa juga bisa dibawa ketika sedang menunaikan ibadah. Di tempat yang suci tersebut tentunya jamaah harus banyak-banyak berdoa. 
 
3. Pakaian Ihram Jamaah
 
Barang wajib tidak kalah penting dibawa yaitu pakaian ihram. Meskipun jamaah sudah diberikan pakaian ihram namun penting untuk membawa pakaian ihram cadangan. 
 
Pakaian ihram laki-laki sendiri yaitu dua lembar kain tanpa jahitan. Sedangkan wanita yaitu pakaian menutupi seluruh anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan. 
 
Karena pakaian inilah yang akan digunakan untuk melakukan berbagai macam ritual haji. Maka penting untuk membawa pakaian cadangan ihram tersebut. Hal ini untuk menanggulangi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. 
 
Dari beberapa perlengkapan wajib saat haji yang tidak kalah penting yaitu membawa perlengkapan darurat. Yang dimaksud di sini yaitu seperti obat-obatan. Baik itu obat-obatan pribadi maupun obat-obatan umum. 
 

Cara Cepat Berangkat Ibadah Haji

 
Bagi umat muslim menjalankan Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam kelima. Merupakan suatu ibadah wajib dilaksanakan. Namun perlu digaris bawahi di sini bahwa wajib bagi yang mampu. 
 
Kata mampu tidak hanya menggambarkan secara finansial saja. Melainkan jamaah mampu baik secara fisik mental dan juga finansial menjalankan ibadah ke tanah suci. 
 
Bagi Anda yang ingin menunaikan cepat ibadah haji ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Yang terpenting yaitu niat dalam diri beribadah menjalankan rukun islam Allah. Doa akan dipermudah jalannya segera berangkat haji. 
 
Mendekatkan diri kepada Allah tentunya juga harus konsisten mengumpulkan dana pendaftaran haji. Karena selain antrian panjang biaya melangsungkan ibadah ini cukup tinggi. Sehingga perlu konsisten menabung sedikit demi sedikit untuk pembayarannya.
 
Ketika menjelang keberangkatan ibadah haji para jamaah biasanya akan terfokus kepada berbagai jadwal kegiatan keagamaan. Untuk itu penting menyiapkan perlengkapan wajib saat haji jauh - jauh hari agar tidak tertinggal.