Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Perlengkapan Wajib Saat Umroh, Jangan Sampai Ketinggalan

Perlengkapan wajib saat umroh menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan, sebelum Anda berangkat ibadah ke tanah suci. Pastikan Anda telah siap membawa barang-barang penting selama perjalanan umroh tersebut.

Mempersiapkan barang wajib merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh jamaah, agar proses ibadah umroh berjalan baik. Anda tentu tidak mau kebingungan dan kerepotan, bila benda penunjang kecil dan sepele sampai kelupaan.

Oleh karena itu perlengkapan wajib saat umroh menjadi persiapan penting yang harus Anda pahami dengan baik dan matang. Sehingga nantinya ketika berada di tanah suci, Anda tidak kebingungan lagi untuk mencari benda yang sebelumnya belum terpikirkan.

Meskipun agen perjalanan sudah memberikan list mengenai hal yang perlu dibawa, tidak sedikit jamaah masih terlupa. Persiapan mengenai barang umroh dibedakan menjadi dua, yakni barang yang telah disediakan biro travel maupun harus disiapkan sendiri sesuai kebutuhan.

Karena umumnya kebutuhan akan berbeda-beda antara laki-laki, perempuan, hingga anak-anak. Oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk mempersiapkan, karena butuh ketelitian lebih. 

Anda tentu tidak mau mencari barang penting di tempat baru, karena akan sangat merepotkan. Dengan menyempatkan waktu sejenak hal ini berguna agar konsentrasi ketika beribadah tidak terganggu akibat kelupaan barang sepele nantinya.

 

Perlengkapan Wajib Saat Umroh, Inilah yang Harus Dibawa

Pakaian menjadi barang utama yang tidak boleh ketinggalan saat hendak berangkat umroh. Anda dapat mengelompokkan menjadi pakaian ihram dan biasa, bagi laki-laki bahwa dua lembar kain tidak dijahit lalu tambahkan sabuk sebagai aksesoris.

Bagi jamaah perempuan dapat menggunakan pakaian ihram berbentuk jubah, khimar maupun mukena. Dilarang menutupi wajah dan tangan, lalu tambahkan aksesoris tambahan seperti ciput, kaos kaki hingga manset lengan.

Siapkan koper yang sesuai dengan kapasitas bagasi, gunakan kualitas terbaik dilengkapi gembok pengaman. Bawa juga tas berukuran sedang yang nantinya akan diletakkan pada kabin pesawat, untuk menyimpan dompet dan ponsel gunakan tas kecil saja.

Dokumen penting juga menjadi perlengkapan wajib saat umroh, seperti paspor, visa hingga tiket pesawat. Siapkan uang tunai bentuk riyal, untuk memudahkan juga saat berbelanja di tanah suci. Pastikan menyimpan di tempat aman, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Untuk menjaga alat komunikasi dengan keluarga maupun rombongan, jangan lupa membawa ponsel dan charger. Bawa juga perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, pasta dan sikat gigi non parfum. Karena produk menggunakan parfum tidak diperbolehkan saat melakukan ihram.

Jangan lupa bawa makanan dan minuman, obat-obatan pribadi, serta panduan doa. Peta sangat berguna jika terjadi kemungkinan tersesat, dapat melihatnya sebagai petunjuk arah. Ketiganya menjadi penunjang penting, saat melaksanakan ibadah Umroh.

Jangan lupa bawa perlengkapan wajib saat umroh lainnya seperti Al Quran, ID Card, rundown kegiatan, jam tangan, payung, gunting hingga tisu. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pastikan jangan ada yang tertinggal, agar pelaksanaan ibadah terasa nyaman.

Antisipasi Agar Kebutuhan Tidak Ketinggalan, Buat Checklist !

Salah cara ampuh mengantisipasi agar barang-barang kebutuhan ibadah umrah tidak ketinggalan, adalah dengan membuat checklist. Checklist ini sangat berguna untuk memastikan dan memeriksa barang bawaan kembali, baik sebelum maupun sesudah beribadah.

Checklist ini juga sangat bermanfaat untuk memastikan sebelum naik ke pesawat atau setelah tiba, tidak ada barang yang ketinggalan. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika melakukan pengecekan berkali-kali, utamanya saat berada di tanah suci.

Checklist menjadi perlengkapan wajib saat umroh lainnya, untuk memudahkan Anda dalam mencari barang-barang di tempatnya. Anda tentu tidak mau kerepotan saat ternyata barang tidak ada saat digunakan karena membongkar secara keseluruhan akan sangat melelahkan.

Sebagai contohnya ketika membutuhkan obat-obatan yang dikonsumsi, Anda bingung meletakkan di mana atau bahkan lupa tidak di bawah. Bisa jadi mungkin tertinggal di pesawat, hotel atau bahkan hilang dan jatuh.

Anda dapat membuat checklist dalam secarik kertas maupun sebuah buku notes, atau jika memungkinkan dapat menulisnya di ponsel. Hal ini dapat memastikan barang yang dibutuhkan tidak tertinggal, sehingga memudahkan melapor saat terjadi kehilangan atau tertinggal.

Terakhir, perhatikan museum saat melakukan keberangkatan ibadah Umroh. Pada musim panas anda tidak perlu membawa perlengkapan wajib saat umroh di musim dingin, sehingga lebih hemat bagasi dan tidak membawa barang yang tidak perlu dibawa.