Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Persiapan Berangkat Umroh yang Paling Penting Dilakukan

Persiapan berangkat umroh menjadi satu hal penting yang perlu diingat sebelum menjalankan ibadah umroh. Terutama jika Anda untuk pertama kali berangkat umroh yang perlu melewati perjalanan jauh.
 
Mungkin juga Anda merasa bingung ketika pertama kali berangkat umroh hal apa saja yang perlu dibawa. Segala persiapan harus dilakukan secara maksimal karena jika ada yang tertinggal akan menyulitkan.
 
Mulai dari barang-barang kecil yang tidak ada di pikiran Anda perlu dicatat dengan baik agar tidak tertinggal. Bisa saja Anda akan menjadi terganggu saat menjalankan 
ibadah jika persiapan tidak maksimal.
 
Persiapan penting lainnya seperti dokumen, pendaftaran dan kelengkapan berupa barang-barang perlu diperhitungkan. Jangan sampai juga Anda membawa banyak barang yang tidak dibutuhkan yang justru memberatkan perjalanan.
 
Karena hal itulah persiapan sebelum berangkat perlu dilakukan dengan maksimal dan tertata rapi. Jika masih bingung dengan apa saja yang perlu dibawa, Anda dapat menyimak beberapa persiapan berikut ini.
 

Beberapa Persiapan Berangkat Umroh yang Wajib

 
Untuk dapat melaksanakan ibadah umroh dengan tenang perlu ada persiapan dari diri sendiri. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menuju tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh.
 
1. Persiapan jasmani
 
Pertama yang perlu Anda persiapkan adalah kesiapan jasmani yaitu rukun-rukun yang memerlukan kesehatan jasmani secara prima. Jangan sampai di tempat ibadah Anda justru tidak dapat menjalankan dengan maksimal karena sakit.
 
Karena hal itulah setidaknya bagi para jamaah harus mempersiapkan diri setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan. Anda bisa mempersiapkan diri secara fisik agar dapat melaksanakan ibadah dengan penuh.
 
2. Persiapan rohani
 
Tidak hanya persiapan jasmani, persiapan berangkat umroh juga perlu melakukan persiapan rohani. Hal ini penting agar para jamaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyu saat di tanah suci.
 
Melaksanakan ibadah umroh memerlukan niat yang tulus dan juga keikhlasan dari dalam hati. Karena hal itulah bagi Anda yang akan menjalankan ibadah umroh perlu mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara. 
 
3. Persiapan kelengkapan data
 
Hal penting selain kesiapan diri saat berangkat umroh adalah persiapan kelengkapan data dan dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen perlu Anda daftarkan kepada travel agen untuk menjalankan ibadah umroh.
 
Beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas diri, paspor, visa dan surat vaksin. Selain itu, jangan juga untuk melengkapi buku nikah, tiket pesawat dan juga bukti pemesanan hotel.
 

Siapkan Diri Sebelum Berangkat Umroh

 
Persiapan berangkat umroh tidak hanya yang telah dijelaskan saja, Anda perlu melakukan persiapan lainnya. Berikut ini beberapa hal yang juga penting untuk Anda persiapkan dalam mendukung berjalannya ibadah umroh.
 
1. Persiapan berbagai barang
 
Selain mempersiapkan diri dan dokumen untuk menunjang keberangkatan, persiapan berbagai barang juga perlu menjadi perhatian. Setidaknya Anda membawa tiga koper yang memuat seluruh barang kebutuhan.
 
Anda bisa membawa sebuah koper yang berukuran besar, tas berukuran kecil dan juga satu tas jinjing. Setiap jenis tasnya dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan barang masing-masing.
 
Misalnya untuk segala pakaian yang diperlukan Anda bisa menaruhnya di dalam koper. Sedangkan, untuk tas jinjing bisa diisi dengan obat-obatan dan tas kecil untuk membawa barang yang berukuran kecil.
 
2. Belajar tentang ibadah umroh
 
Persiapan berangkat umroh lainnya adalah belajar tentang ibadah umroh yang akan dijalankan. Anda perlu memahami apa saja syarat sahnya, aturan-aturan yang berlaku dan doa yang harus diucapkan.
 

Jangan Lupakan Hal Ini Saat Umroh

 
Tidak hanya beberapa hal sebelumnya, Anda juga perlu mempersiapkan hal lain untuk persiapan melaksanakan ibadah umroh. Berikut ini beberapa hal yang perlu disiapkan untuk dapat menjalankan ibadah umroh dengan tenang.
 
1. Menentukan jasa travel agen
 
Persiapan berangkat umroh lainnya adalah dengan memilih jasa travel umroh yang terpercaya. Pilihan yang tepat akan memudahkan Anda selama proses perjalanan dan pelaksanaan ibadah umroh.
 
2. Mempersiapkan obat-obatan
 
Anda juga perlu mempersiapkan obat-obatan ataupun suplemen pendukung kesehatan. Mengingat kondisi cuaca yang pastinya berbeda dengan Indonesia untuk dapat menjaga kesehatan Anda di tanah suci.
 
Untuk menjalankan ibadah umroh dengan baik memang memerlukan persiapan yang matang. Karena hal itulah Anda sangat perlu melakukan persiapan berangkat umroh secara maksimal agar bisa beribadah dengan tenang.