Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Persiapan Keberangkatan Umroh yang Wajib Anda Ketahui

Persiapan keberangkatan umroh sangat penting dilakukan, terutama bagi calon jamaah yang baru pertama kali melaksanakan ibadah ini. Umroh dan Haji merupakan salah satu ibadah bagi umat muslim, dimana mereka berkumpul di tanah suci Mekkah. 
 
Salah satu ibadah umat muslim ini dilakukan dengan beberapa rangkaian kegiatan di kota suci Mekkah, khususnya Masjidil Haram. Bagi jamaah Indonesia, umroh menjadi pilihan sembari menunggu jadwal keberangkatan haji yang antriannya relative panjang. 
 
Haji dilakukan hanya sekali dalam satu tahun yaitu 8 hingga 10 Dzulhijjah, dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia yang menjadi mayoritas membuat jamaah harus mengambil antrian yang sangat panjang. 
 
Melaksanakan ibadah umroh dan haji merupakan keinginan bagi semua umat islam di berbagai Negara. Namun, sebelum melaksankan ibadah ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan persiapan keberangkatan umroh. 
 
Berbagai persiapan harus dilakukan, seperti mencari travel terpercaya, mengurus paspor, visa, menyiapkan perlengkapan, belajar mengenai rangkaian umroh, dan masih banyak lainnya. 
 
Dengan melakukan berbagai persiapan yang matang, ibadah akan berjalan dengan lancar, dan tentunya Anda dapat melaksanakannya dengan khusyuk. Selain itu, ada baiknya jika calon jamaah mengetahui bagaimana musim di Arab, sehingga dapat beradaptasi dengan baik. 
 
Tidak jarang, calon jamaah yang berangkat haji/umroh terserang penyakit seprti batuk, flu, demam, hingga radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan, Arab memiliki musim yang sangat berbeda dengan Indonesia. 
 

Persiapan Keberangkatan Umroh untuk Calon Jamaah

 
Beberapa persiapan keberangkatan umroh adalah menjaga kesehatan, menyiapkan segala administrasi yang dibutuhkan, hingga mempelajari rangkaian pelaksanaan ibadah ini. 
Dengan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, calon jamaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. 
 
Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum berangkat umroh ke tanah suci mekkah, khususnya bagi calon jamaah yang baru pertama kali melakukan keberangkatan. 
 
1. Mengetahui aturan Arab Saudi
 
Persiapan keberangkatan umroh yang harus diperhatikan adalah mengetahui bagaimana aturan di Arab Saudi. Setiap Negara memiliki aturan yang berbeda, maka dari itu Anda harus benar-benar mengetahuinya, sehingga tidak menimbulkan masalah nantinya. 
 
Terdapat sejumlah aturan terkait kesopanan di Negara islam yang harus diperhatikan. Hal ini sudah terangkum dalam Piagam Kesopanan Umum (Public Decorum Charter). Secara umum berisi tentang, semua orang harus berpakaian sopan dan wanita harus menutupi bahu dan lutut di tempat publik.
 
Selain itu, ditempat umum juga tidak boleh bermesraan, menggunakan bahasa kasar, menunjukkan gaya tubuh yang tidak sopan, tidak diperbolehkan membawa/membeli/mengkonsumsi minuman beralkohol, hingga tidak diperbolehkan melakukan tindakan yang menunjukkan kebencian. 
 
Pelanggaran pada aturan kesopanan ini dapat dikenakan denda mulai dari SAR50 hingga SAR6.000 (Rp. 180.000 hingga Rp. 2,25 juta). 
 
2. Mempersiapkan biaya
 
Persiapan keberangkatan umroh selanjutnya adalah biaya. Pergi ke tanah suci Mekkah dan melakukan segala rangkaian ibadah tentu membutuhkan biaya yang lebih. Selain biaya untuk travel, Anda juga harus menyiapkan biaya cadangan selama berada di sana. 
 
Berada di Negara orang tentu membutuhkan persiapan yang lebih. Meskipun dari pihak travel sudah menyiapkan segala kebutuhan jamaah, namun calon jamaah juga harus memiliki dana cadangan. 
 
3. Menyiapkan keperluan pribadi
 
Keperluan pribadi mulai dari pakaian, perlengkapan kebersihan diri, hingga kebutuhan lainnya harus dipersiapkan dengan baik dan benar. Sehingga calon jamaah dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan aman. 
 
Sesuaikan barang bawaan dengan kebutuhan Anda, sebaiknya jangan membawa barang berlebih. Arab Saudi memiliki perbedaan musim dengan Indonesia, ada baiknya Anda mempersiapkan obat-obatan seperti minyak angin, obat-obatan lain, hingga pakaian hangat. 
 
4. Mempelajari rangkaian ibadah umroh
 
Mempelajari rangkaian ibadah umroh menjadi kewajiban bagi setiap calon jamaah, sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan khusyuk. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, travel umroh sudah menyediakan fasilitas tersebut. 
 
Calon jamaah dapat belajar dari fasilitas yang disediakan ini, mulai dari pembelakan hingga praktiknya. Dengan begitu jamaah dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk dan lancar.
 
5. Menjaga kesehatan
 
Hal utama harus dipersiapkan adalah menjaga kesehatan tubuh. Jika tubuh dalam keadaan tidak sehat, maka Anda akan kesulitan untuk menjalankan serangkaian ibadah ini. Maka dari itu, sebaiknya sebelum hari keberangkatan Anda harus benar-benar menjaga kesehatan. 
 
Pergi beribadah ke tanah suci Mekkah menjadi impian setiap umat muslim di seluruh Negara, di sana Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki Negara berbeda. 
Untuk itu melakukan persiapan keberangkatan umroh akan membantu Anda untuk menjalankan ibadah dengan baik.