Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Persiapan Umroh Bersama Lansia yang Harus Diperhatikan

Umroh bersama lansia jadi alternatif terbaik untuk membawa orang tua ikut serta beribadah ke tanah suci. Pasalnya giliran antrian haji cukup panjang dan butuh waktu lama hingga beberapa tahun.
 
Hanya saja untuk pergi ke Makkah dan Madinah dengan orang tua sebaiknya Anda persiapkan segala secara baik. Mengingat ibadah umroh butuh stamina ekstra, sedangkan lansia kekuatannya sudah tidak seperti dulu. 
 

Rangkaian Persiapan Umroh Bersama Lansia agar Lancar dan Khusyuk

 
Meskipun ibadah kali ini akan terasa berbeda, Anda tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya dengan persiapan yang maksimal, ibadah akan tetap lancar dan khusyuk. Berikut beberapa diantaranya:
 
1. Melakukan Persiapan Secara Matang
 
Persiapan matang adalah hal paling penting untuk dilakukan pertama kali. Terlebih lagi ketika beribadah dengan lansia yang mana akan memerlukan perhatian sekaligus perawatan secara khusus. 
 
Jadi sebelum berangkat ke tanah suci, selalu pastikan terlebih dahulu semua kebutuhan Anda dan orang tua tercukupi. Jangan lupa juga memastikan jika lansia punya kondisi yang cukup fit dan prima.
 
2. Memilih Jenis Penerbangan Langsung
 
Jenis penerbangan adalah hal penting lain yang sangat penting saat umroh bersama lansia. Hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga stamina selama di perjalanan. Sebab Anda akan menempuh perjalanan selama 10 jam.
 
Sebaiknya pilih jenis penerbangan secara langsung. Baik itu untuk tujuan Mekkah atau Madinah. Dengan begitu, orang tua tidak akan terlalu lelah selama berada di perjalanan. 
 
Selain itu penerbangan ini juga tidak akan membuat Anda kerepotan. Anda tidak perlu naik turun berulang kali karena harus transit dan menunggu keberangkatan pesawat berikutnya. 
 
3. Membawa Semua Peralatan dan Perlengkapan
 
Jika dibandingkan dengan Anda yang masih muda, frekuensi pergi ke toilet lansia lebih tinggi. Jadi untuk mempermudah proses tersebut sebaiknya bawalah semua perlengkapan dan peralatan secara lengkap.
 
Berapa perlengkapan tersebut seperti popok untuk orang lanjut usia. Penggunaan papak sendiri nantinya bertujuan untuk mengurangi rasa lelah karena harus bolak-balik ke toilet. Dengan begitu stamina akan selalu terjaga. 
 
4. Siapkan Pendamping Sesama Jenis
 
Tips lain sebelum berangkat umroh bersama lansia adalah menyiapkan pendamping. Sebaiknya pilih pendamping dengan jenis kelamin sama. Tujuannya adalah untuk mempermudah pada saat ibadah, karena shafnya tidak dipisah. 
 
Jadi apabila orang tua yang dibawa adalah ibu maka sebaiknya didampingi oleh anak maupun saudara perempuannya. Begitu juga sebaliknya apabila ayah yang diajak maka pendampingnya anak atau saudara prianya. 
 
5. Komunikasikan Bersama Agen Tour
 
Ketika membawa lansia untuk ibadah ke tanah suci sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak agen tour and travel. Dengan begitu nantinya pihak agen akan mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan.
 
Beberapa diantaranya seperti mengatur akomodasi keberangkatan dan kepulangan serta akomodasi selama berada di tanah suci. Apabila memang diperlukan sebaiknya sampaikan kepada pihak agen tersebut untuk mempersiapkan pelayanan khusus seperti bagasi kursi roda. 
 
6. Membawa Kursi Roda
 
Demi kelancaran ibadah selama di tanah suci sebaiknya jangan lupa untuk membawa kursi roda. Penggunaan kursi roda sendiri adalah untuk mengantisipasi kelelahan karena kegiatan umroh. 
 
Selain itu pada prosesnya sudah terdapat jalur yang dikhususkan untuk lansia. Jadi orang yang menggunakan kursi roda nantinya tidak perlu berdesak-desakan, sehingga ibadah semakin lancar, khusyuk dan nyaman.
 
Jika memiliki kursi roda di rumah ada baiknya Anda membawanya saat umroh bersama lansia. Sebaliknya apabila tidak memiliki kursi roda tersebut anda tidak perlu merasa khawatir.
 
Sebab ada alternatif lain yang bisa digunakan yakni menyewa ke pihak agen dengan tambahan biaya. Selain itu, Anda dapat memakai jasa sewa kursi roda yang telah disediakan saat sudah sampai di tanah suci.
 
7. Selalu Pantau Kesehatan Orang Tua
 
Jangan lupa untuk selalu memantau kesehatan orang tua ketika umroh bersama lansia. Pasalnya kesehatan mereka sudah mulai menurun dan tidak semaksimal seperti orang dewasa pada umumnya.
 
Apabila ketika melakukan ibadah orang tua merasa kelelahan maka segera cari tempat untuk beristirahat. Carilah tempat yang teduh dan sejuk di sekitaran masjid agar nantinya tidak perlu bolak-balik untuk shalat dan ibadah lainnya. 
 
Sebaiknya selalu utama kenyamanan serta keselamatan beribadah. Kini umroh bersama lansia tetap bisa berjalan dengan lancar apabila Anda mempersiapkan segalanya dengan baik.