Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Persiapan Umroh Ibu Hamil yang Perlu Diperhatikan dari Sekarang

Persiapan umroh ibu hamil memang harus diperhatikan dari sedini mungkin. Hal tersebut dikarenakan perlengkapan yang akan dibawa mungkin sedikit berbeda dengan persiapan ibu yang tidak hamil pada umumnya.
 
Perlengkapan yang harus dibawa pastinya akan lebih banyak dan lebih lengkap. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya dari sekarang. Jangan sampai ada yang tertinggal agar nantinya proses ibadah berjalan lancar dan aman. 
 
Persiapan Umroh Ibu Hamil Ini Perlu Disiapkan
 
Bagi ibu hamil yang akan melaksanakan ibadah umroh, persiapan memang harus dilaksanakan dengan lebih matang. Kondisi kesehatan ibu dan janin perlu diperhatikan dengan baik. 
 
Hal ini untuk menunjang kelancaran selama melakukan ibadah di tanah suci. Untuk itu, persiapan umroh ibu hamil berikut ini harus dipertimbangkan.
 
1. Penerbangan yang sesuai
 
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah untuk penerbangan. Penerbangan yang sesuai adalah penerbangan langsung agar ibu hamil tidak merasa kelelahan ketika 
sedang transit atau pindah pesawat.
 
2. Memilih hotel dekat masjid
 
Pastikan hotel yang Anda pilih lokasi atau letaknya tidak terlalu jauh dengan masjid. Apalagi jika Anda memang berencana untuk berlama-lama melakukan ibadah seperti sholat sunnah dan iktikaf.
 
Dengan memilih hotel di dekat masjid, Anda tidak akan merasa kelelahan jika harus bolak-balik ke masjid dan hotel. Hal ini akan membuat kondisi ibu hamil dan Janin menjadi lebih sehat.
 
3. Keberangkatan pada trimester kedua
 
Persiapan umroh ibu hamil selanjutnya adalah mempertimbangkan keberangkatan umroh pada saat trimester kedua. Pada trimester kedua, wanita hamil diperbolehkan untuk naik pesawat untuk berangkat ke tanah suci.
 
Usia kandungan dalam hal ini mempengaruhi kondisi kesehatan saat melakukan ibadah umroh. Risiko keguguran dan melahirkan bisa mengancam ibu hamil jika berangkat dalam waktu usia kandungan yang kurang tepat.
 
4. Rutin olahraga
 
Ibu hamil juga harus rutin melakukan olahraga agar kaki menjadi kuat untuk berjalan selama melakukan ibadah umroh. Wanita hamil dapat melakukan olahraga yang ringan dengan serutin mungkin.
 
Olahraga yang bisa dilakukan dapat dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Biasanya, olahraga yang disarankan adalah jalan atau Yoga.
Apakah Saat Hamil Boleh Umroh?
 
Jika Anda Sudah melakukan beberapa persiapan umroh ibu hamil, apakah Anda sudah yakin apabila saat hamil boleh melakukan umroh? Umroh merupakan salah satu ibadah yang bisa dilakukan oleh semua orang muslim.
 
Hal ini bisa dilakukan kapan saja, termasuk ketika seorang wanita sedang dalam kondisi hamil. Ibu hamil tetap dapat melaksanakan ibadah umroh ke tanah suci dengan mengikuti anjuran dan trik yang tepat.
 
Ibadah haji dan umroh memang menjadi jihadnya seorang wanita. Ini akan mendapatkan seperti sebuah pahala jihad fii sabilillah jika seorang wanita menjalankan ibadah haji maupun umroh. Sudah tentu membutuhkan kekuatan fisik bagi seorang wanita untuk menjalankan ibadah ini.
 
Persiapan umroh ibu hamil tentu saja cukup sulit karena memang membutuhkan kekuatan fisik. Sebenarnya, wanita hamil memang tidak dilarang untuk melaksanakan ibadah umroh. Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi ibu hamil tersebut.
 
Ibu hamil tidak perlu memaksakan diri untuk menjaga kondisi kesehatan ibu serta janin yang sedang berada di dalam kandungan. Tidak perlu memaksakan diri untuk berjalan kaki karena hal ini tentu saja akan membuat Anda Menjadi cepat lelah.
 
Ibu hamil juga harus membawa fotocopy pemeriksaan kehamilan untuk mengantisipasi keadaan selama berada di tanah suci. Maka, Anda bisa mendapatkan penanganan medis disana dengan cepat dan aman. 
 
Paramedis disana tentunya akan mengetahui riwayat kesehatan ibu dan bisa dengan mudah ketika melakukan penanganan medis. Ibu hamil dapat menyewa kursi roda selama melakukan ibadah umroh. 
 
Ini bisa digunakan untuk melaksanakan ibadah sholat di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Kursi lipat yang disediakan untuk para lansia juga bisa dipergunakan untuk ibu hamil. Hal penting lain, konsumsilah makanan bergizi.
 
Asupan makanan saat hamil memang perlu dperhatikan. Pilihlah makanan dan minuman bergizi tinggi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Porsi makan selama umroh juga perlu diperhatikan. Tidak perlu makan terlalu banyak, namun secukupnya.
 
Sudah jelas bukan jika ibu hamil tetap bisa melakukan ibadah umroh. Tentu saja, hal di atas perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Persiapan umroh ibu hamil memang perlu dipertimbangkan mulai dari sekarang.