Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Persiapan untuk Berhaji, Menyiapkan Ibadah yang ke Tanah Suci

Persiapan untuk berhaji selain biaya yang dibutuhkan juga ada hal yang lain. Anda harus menyiapkan jauh-jauh hari, karena ibadah haji memang menuntut persiapan. Hal yang paling penting dan utama yaitu fisik, mental, maupun keungan.
 
Ibadah haji menjadi ibadah yang diimpikan banyak umat Islam, keberangkatannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Bahkan ada jamaah yang menunggu bertahun-tahun untuk pergi beribadah haji.
 
Ibadah penyempurna dari rukun islam yang ke lima, semua calon jamaah akan berusaha mempersiapkannya. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah haji, Anda harus mempersiapkan beberapa hal. 
 

Persiapan untuk Berhaji Siapkan Sejak Awal 

 
Ada beberapa hal persiapan untuk berhaji, Anda harus mempersiapkannya sejak awal agar ibadah Anda dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan keberkahan. Beberapa hal tersebut yaitu:
 
1. Mengetahui Ilmu Tentang Tata Cara Beribadah Haji
 
Semua ibadah kepada Allah harus menggunakan ilmu sebelum mengerjakannya, agar tidak terjadi kesalahan. Ibadah akan senantiasa mudah apabila ilmu berhaji dipelajari terlebih dahulu.
 
Biasanya tahap menuntut ilmu persiapan untuk berhaji dimulai ketika menunggu keberangkatan. Anda dapat mempelajari tata cara beribadah dengan panduan yang telah disediakan.
 
Manasik haji bersifat wajib bagi calon jamaah, biasanya dilakukan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menuntut ilmu dari majelis taklim untuk menimba ilmu agama.
 
2. Menjaga Kesehatan Fisik
 
Persiapan untuk berhaji selanjutnya adalah kesiapan fisik, ini sangat penting karena jika badan tidak sehat akan mengganggu kegiatan ibadah. Terlebih keadaan alam di Mekah yang jauh berbeda dengan Indonesia.
 
Apabila kondisi fisik dan imun Anda menurun, kondisi tersebut mengakibatkan mudahnya terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda wajib mempersiapkan kesehatan sejak awal.
 
Untuk mendukung persiapan untuk berhaji, Anda bisa megonsumsi vitamin, makanan yang bergizi dan juga beristirahat yang cukup. Serta periksalah kesehatan Anda secara rutin, untuk pencegahan.
 
3. Melakukan Persiapan Barang Bawaan 
 
Pemeriksaan barang-barang yang dibawa ini, meminimalisir barang yang tertinggal. Terlebih barang tersebut digunakan sebagai syarat wajib beribadah haji. Untuk menanggulangi hal tersebut baiknya dipersiapkan sejak awal.
 
Anda akan beribadah haji kurang lebih selama 40 hari, oleh karena itu persiapan barang bawaan itu sangat penting. Anda juga harus mempunyai cara untuk meminimalisisr barang yang dibawa melampaui batas. 
 
Persiapan untuk berhaji memang tidak simple, ada tips untuk Anda saat meletakkan pakaian di dalam koper. Anda bisa menggulung pakaian, dan ditata dengan rapi di dalam koper. 
 
Anda dapat menghemat tempat lebih banyak, dibandingkan dengan memasukkan baju dengan model lipatan baju biasa. Tidak kalah penting adalah, Anda harus memprioritaskan barang yang harus dibawa.
 
Anda bisa meminta saran kepada yang sudah berpengalaman, mengenai barang apa yang harus diprioritaskan untuk dibawa. Agar lebih mudah dalam mempersiapkannya, dan meminimalisir barang yang tidak berguna.
 
4. Menukar Uang Sebelum Keberangkatan
 
Persiapan untuk ibadah haji selanjutnya yaitu, Anda dapat menukarkan uang terlebih dahulu sebelum jadwal keberangkatan. Uang juga hal penting yang harus dibawa, karena uang digunakan untuk melakukan transaksi.
 
Uang Anda harus ditukar dengan mata uang arab Saudi, yaitu mata uang Riyal. Anda bisa menukarkan di money charger atau bisa juga mendatangi bank. Tukarkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.
 
Anda juga harus mengecek terlebih dahulu ketersediaan uang Riyal dan juga harus memilih nilai kurs yang tidak terlalu tinggi. Kami sarankan untuk tidak membawa jumlah uang yang terlalu banyak.
 
Anda juga bisa menyiapkan kartu debit yang bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri, ini jauh memudahkan Anda bertransaksi. Bank syariah Indonesia saat ini sudah menawarkan kartu ATM yang digunakan berhaji.
 
5. Persiapkan Pulsa atau Kuota Internet
 
Persiapan untuk berhaji yang satu ini mungkin remeh, namun Anda akan lebih dimudahkan jika mempersipkannya dengan baik. Agar komunikasi bersama anggota keluarga di rumah lancar.
 
Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai layanan telekomunikasi terbaik yang digunakan untuk komunikasi di luar negeri. Anda juga bisa membeli, pulsa atau kuota internet lokal Arab Saudi.
 
Agar ibadah menjadi lancar dan mengharap ibadah haji menjadi mabrur. Beberapa hal diatas persiapan untuk berhaji yang benar-benar harus diperhatikan dan dipersiapkan jauh-jauh hari.