Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Pertimbangan Umrah Atau Haji, Jangan Bingung Lagi!

Pertimbangan umrah atau haji merupakan hal yang penting, karena ibadah tersebut merupakan cita- cita tiap Muslim. Tetapi, antrean keberangkatan yang sangat lama kadangkala membuat orang takut kandas melaksanakannya. 

Mengutip informasi Departemen Agama RI tahun 2020, panjang antrean keberangkatan haji di Indonesia menggapai 13 tahun sampai 43 tahun. Antrean keberangkatan diperkirakan hendak terus memanjang bersamaan kian besarnya animo warga yang mendaftar haji.

Tidak sedikit orang yang akhirnya memilah buat melaksanakan umroh lebih dahulu sambil menunggu agenda keberangkatan haji. Apabila Anda masih bingung antara keduanya,berikut masukan mengenai pertimbangan umrah atau haji dari kami yang penting untuk diketahui:

 

Beberapa Pertimbangan Umrah atau Haji

Tentu bagi setiap muslim ingin melakukan ibadah haji maupun ibadah umrah.Tetapi untuk sebagian orang masih bingung memilih apa yang terlebih dulu dilaksanakan. Berikut ini beberapa pertimbangannya

1. Ukur Kemampuan Finansial

Pertimbangan umrah atau haji pertama ialah finansial. Menunaikan ibadah umroh memerlukan bayaran yang tidak sedikit, ialah sekitar Rp20juta- Rp35juta per orang, bergantung dari paket umroh yang diambil. Memanglah, bayaran umroh tidak sebesar bayaran berhaji. 

Tetapi, tetap saja berangkat umroh memerlukan persiapan bayaran yang matang. Apabila Anda bernazar berangkat umroh saat sebelum menunaikan ibadah haji, tidak terdapat salahnya buat mengecek kembali kemampuan finansialmu terlebih dulu 

Bagaimanapun selaku seseorang Muslim, ibadah haji merupakan sesuatu kewajiban. Sebaliknya umroh hukumnya merupakan sunnah. Apabila kemampuan kantong Anda terbatas, lebih baik Anda fokus kepada yang harus dahulu, ialah ibadah haji.

2. Amankan Nomor Porsi

Berdasarkan dari pertimbangan umrah atau haji finansial terbatas, opsi yang lebih baik merupakan fokus mengumpulkan kebutuhan bayaran haji paling tidak sampai dapat nomor jatah. Dapat nomor jatah yang memastikan tahun keberangkatan haji, cukup menyetorkan Rp25 juta. 

Besar setoran dini itu bisa Anda kumpulkan lewat bermacam instrumen keuangan, semacam produk tabungan haji ataupun reksa dana syariah. Sehabis nomor jatah nyaman, baru Anda dapat menimbang kebutuhan bayaran buat berangkat umroh.

3. Apabila Memiliki Budget Lebih, Siapkan Juga Kebutuhan Umroh

Apabila kemampuan finansial Anda membolehkan buat mengejar kebutuhan bayaran haji serta umroh. Mulailah pertimbangan umrah atau haji dengan membuat rencana keuangan yang pas supaya kedua tujuan tersebut tercapai.

Triknya, tahu kebutuhan bayaran umroh serta bayaran haji. Kemudian, tentukan sasaran kapan mau berangkat umroh serta memperoleh nomor jatah haji. Dari situ Anda dapat menghitung berapa yang wajib ditabung ataupun investasikan tiap bulan

4. Teliti Memilah Paket Umroh yang Realistis

Terdapat banyak industri tour and travel yang menawarkan paket umroh dengan bermacam gimmick. Misalnya, berangkat umroh murah dengan metode mencicil biayanya sepanjang setahun. Terdapat pula umroh yang ditawarkan dengan paket wisata religi ke Palestina ataupun Turki.

Biar hasrat Anda beribadah umroh saat sebelum berangkat haji dapat diwujudkan dengan aman, terdapat baiknya berjaga- jaga kala memilah paket. Seleksi paket umroh yang memasang harga realistis cocok dengan sarana yang ditawarkan. 

Bersumber pada studi yang dicoba di sebagian industri travel yang sediakan paket ekspedisi umroh, bayaran berangkat umroh reguler rata- rata di atas Rp20 juta per orang. Fasilitasnya paket umroh 10 hari dengan sarana tiket maskapai kelas ekonomi, makan 3x/hari, serta hotel bintang 4.

5. Sering Melakukan Riset

Jika Anda sudah dapat menantukan ibadah apa yang ingin dilakukan terlebih dahulu, perbanyaklah melakukan riset. Tujuan darimelakukan riset ini adalah untukmendapatkan informasi-informasi tambahan yang bisa lebih mempermudah Anda nantinya.

Semisalnya saja mencari agen travel yang harganya sama tetapi mendapatkan rating yang jauh lebih baik. Bisa saja dengan melakukan riset mendalam, Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti diskon besar-besaran atau fasilitas yang lebih baik dari agen travel lainnya.

Apabila Anda berhasil mendapatkan diskon yang cukup besar, kelebihan uang itu bisa digunakan untuk keperluan ibadah lainnya. Sehingga Anda bisa melaksanakan kedua jenis ibadah tersebut yakni haji dan umrah

Diharapkan Anda sudah tidak bingung lagi memilih yang mana lebih dulu. Kami berharap agar Anda yang ingin melaksanakan ibadah bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan semoga artikel Pertimbangan umrah atau haji ini bisa bermanfaat.