Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Pesona Jabal Rahmah Bukit Kasih Sayang di Padang Arafah

Pesona Jabal Rahmah yang terkenal sebagai bukit kasih sayang terletak di Padang Arafah ini pasti akan Anda rasakan jika melakukan ibadah haji dan umroh. Jabal Rahmah sendiri merupakan bukit batu yang berada 25 km di sebelah tenggara kota Makkah dan selatan padang Arafah.

Bukit ini merupakan tempat bagi jamaah haji untuk melakukan wukuf yaitu pada tanggal 9 Dzulhijjah. Ketika melaksanakan wukuf jamaah bisa memanjatkan doa-doa kepada Allah SWT untuk orang-orang tersayang seperti keluarga, kerabat atau teman.

 

Berikut Ini Pesona Jabal Rahmah

Jabal sendiri dalam bahasa Arab artinya adalah gunung atau bukit dan Rahmah artinya adalah kasih sayang seperti namanya bukit ini dikenal sebagai bukit kasih sayang. Hal ini karena bukit Jabal Rahmah diyakini sebagai tempat pertemuan nabi Adam dan Hawa saat diturunkan ke bumi secara terpisah.

Jabal Rahmah merupakan bukit kecil yang memiliki ketinggian 70 meter bisa didaki dengan melewati 160-an anak tangga membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Dari puncak Jabal Rahmah Anda bisa melihat pesona Jabal Rahmah yang terlihat sangat jelas merupakan pegunungan tandus berisi kemah-kemahan jemaah haji yang sedang wukuf.

Jabal Rahmah selalu dipadati pengunjung bukan hanya saat musim haji saja, karena ini juga merupakan area wisata. Saat di luar musim haji jamaah yang menunaikan ibadah Umroh juga bisa mengunjungi Jabal Rahmah sembari berziarah napak tilas pertemuan nabi Adam dan Hawa.

Selain menjadi tempat pertemuan Adam dan Hawa, Jabal Rahmah juga merupakan tempat diturunkannya wahyu terakhir kepada nabi Muhammad SAW ketika melakukan wukuf. Maka dari itu tidak heran Jabal Rahmah merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika Anda datang ke Mekkah.

Wukuf dalam Ibadah Haji dan Umroh

Wukuf adalah rukun haji yang wajib untuk dilakukan oleh semua jamaah haji jika tidak mengerjakan maka dianggap tidak mengerjakan haji. Ada beberapa ketentuan atau cara yang harus dilakukan saat melakukan wukuf yaitu mulai dengan mendengarkan khotbah wukuf namun tidak dengan melihat pesona Jabal Rahmah.

Karena ketika melakukan wukuf disarankan kepada semua jamaah untuk memperbanyak istighfar, doa dan dzikir, saat wukuf jamaah boleh dalam keadaan tidak suci dari hadas besar atau kecil. Artinya wanita yang sedang nifas atau haid juga diperbolehkan untuk melaksanakan wukuf selain itu mensafariwukufkan juga bisa dilakukan bagi jemaah yang sedang sakit.

Namun sebagaimana dijelaskan dalam rukun haji wukuf hanya boleh dilakukan oleh jemaah yang melaksanakan ibadah haji saja. Sementara untuk jamaah yang melakukan ibadah Umroh hanya melaksanakan ibadah ihram, tawaf, umroh, sa'i dan tahallul.

Walaupun begitu Anda tetap bisa mengunjungi Jabal Rahmah untuk melihat Padang Arafah di luar melakukan rangkaian ibadah Umroh. Karena Padang Arafah sendiri termasuk Jabal Rahmah merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dkunjungi wisatawan.

Hal yang Dilarang Saat Melihat Pesona Jabal Rahmah

Menikmati pesona Jabal Rahmah tidak bisa sembarangan karena termasuk dalam rukun haji sehingga biasanya ketika musim haji tiba area wukuf ini ditutup sementara. Karena hanya dibuka khusus untuk para jamaah haji yang akan melaksanakan proses ibadah wukuf.

Selain itu ketika Anda melakukan ibadah umroh sebenarnya tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah wukuf. Maka dari itu Anda bisa berkunjung ke Jabal Rahmah bukan sebagai rangkaian ibadah tapi sekedar berwisata saja.

Untuk hal tersebut Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada pihak travel untuk melakukan kunjungan ke Padang Arafah termasuk Jabal Rahmah. Karena memang di area Padang Aarafah juga terdapat area wisata sejarah.

Termasuk dibagian puncak Jabal Rahmah saat ini sudah dibangun monumen yang terbuat dari beton dengan tinggi 8 meter, lebar 1,8 meter. Monumen ini terkadang dijadikan sebagai sarana coret-coret yang seharusnya tidak dilakukan dan termasuk dalam hal yang dilarang.

Ketika sedang melaksanakan ibadah haji juga ada beberapa pantangan seperti tidak boleh menyibukan diri dengan mengambil foto, mendaki bukit atau mengobrol. Karena memang ibadah wukuf ini merupakan waktu terbaik bagi para jamaah untuk memanjatkan doa dan dzikir.

Selain itu masih ada beberapa larangan lain ketika berada di Jabal Rahmah seperti salah satunya yaitu tidak boleh meninggalkan area Padang Arafah. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati pesona Jabal Rahmah sebaiknya mengunjungi bukit kasih sayang ini diluar jadwal ibadah haji.