Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Pilihan Makanan Saat Umroh Khas Arab yang Wajib Dicicipi

Makanan saat umroh menjadi salah satu hal yang perlu Anda cicipi ketika berada di Arab Saudi. Godaan kuliner di timur tengah memang membuat pendatangnya sulit untuk melewatkannya untuk dicicipi.
 
Tentunya di Indonesia Anda bisa menemukan makanan timur tengah seperti kebab dan nasi briyani. Akan tetapi, mencobanya langsung dari negara asalnya tentunya akan memiliki cita rasa berbeda.
 
Kuliner di Arab identik dengan karinya yang kental, juga gulai serta masakan kambing yang lezat. Untuk Anda yang menyukai cita rasa asam dan pedas juga tersedia berbagai jenis makanannya disana.
 
Ketika melaksanakan umroh di tanah suci bisa menjadi kesempatan sekaligus untuk mencicipi berbagai jenis makanan timur tengah. Karena hal itulah Anda bisa mencicipi makanan saat umroh yang khas dari Arab.
 
Pilihan yang bisa dicoba untuk makanan timur tengah juga beraneka ragam sesuai keinginan Anda. Tentunya rasa yang diperoleh juga berbeda sesuai dengan jenis makanan khas negara tersebut. 
 

Makanan Saat Umroh Khas Arab 

 
Untuk melengkapi perjalanan umroh Anda, maka makanan khas Arab menjadi salah satu yang bisa dicicipi. Berikut ini beberapa pilihan menu makanan yang bisa Anda coba dengan beragam cita rasa.
 
1. Kebab
 
Jenis makanan khas Arab Saudi pertama yang perlu Anda coba adalah shawarma atau kebab. Jajanan khas timur tengah ini cukup populer di Indonesia dengan penjualnya yang berada di berbagai daerah.
 
Saat beribadah umroh bisa mencoba kebab langsung dari negara asalnya. Sama seperti yang dijual di Indonesia, kebab di Arab berisi potongan daging ayam, sapi atau kambing yang digabung dengan sayuran.
 
Beberapa jenis sayuran yang biasanya diisi seperti bawang bombay, tomat, selada, mentimun dilapisi roti pita. Perbedaannya dengan kebab di Indonesia, di Mekkah pilihan dagingnya lebih beragam dengan tambahan kentang goreng di dalamnya.
 
2. Falafel
 
Jenis makanan saat umroh yang bisa Anda coba juga adalah falafel, khususnya bagi yang menyukai hidangan pedas. Makanan ini termasuk jenis jajanan karena bentuknya yang kecil dan mudah untuk dimakan.
 
Jenis makanan ini terbuat dari adonan buncis atau kacang yang digoreng dengan cita rasa pedas. Di bagian atasnya ditambahkan topping sayuran misalnya salad, acar dan berbagai saus yang khas. 
 

Nikmati Kuliner yang Ada di Timur Tengah

 
Selain beberapa kuliner sebelumnya, Anda juga bisa mencicipi beragam kuliner khas timur tengah lainnya. Berikut ini beberapa pilihan kuliner khas Timur Tengah yang dapat Anda nikmati saat beribadah di Mekkah.
 
1. Restoran Al Baik
 
Selain makanannya yang khas, juga bisa mengunjungi makanan cepat saji yang terkenal di Arab. Di Restoran Al Baik Anda bisa mencicipi berbagai makanan saat umroh yang berasal dari negara tersebut.
 
Restoran ini sudah terkenal di berbagai negara yang penduduknya menjalankan ibadah umroh di Mekkah. Rasa ayam yang khas da beragam olahan lezat lainnya menjadi andalan utama.
 
Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1974 silam dan masih eksis sampai sekarang. Saat ini sudah memiliki hingga 51 cabang yang beberapa diantaranya terletak di Masjidil Nabawi dan Masjidil Haram.
 
2. Mutabbaq
 
Makanan saat umroh yang satu ini biasanya dihidangkan sebagai hidangan pembuka atau cemilan. Isian makanan ini berupa roti goreng dengan adonan daging cincang yang dilengkapi bawang, tomat dan dibumbui tipis.
 
Mutabbaq ini jika di Indonesia menyerupai martabak. Meskipun memiliki nama yang mirip, rasa dari makanan mutabbaq ini tentunya cukup berbeda dan makanan ini cukup popular bagi para jamaah Indonesia. 
 

Pilihan Lain Makanan di Arab

 
Selain beberapa pilihan makanan saat umroh yang sudah disebutkan, Anda juga bisa mencoba jenis makanan lainnya. Berikut ini beberapa pilihan makanan lain yang bisa dicicipi saat melaksanakan ibadah umroh.
 
1. Samosa
 
Di Indonesia juga banyak yang menjual jenis makanan samosa ini, khususnya pada restoran. Makanan ini menjadi camilan sore dengan hidangan teh hangat bagi masyarakat di Arab Saudi.
 
 
2. Nasi biryani
 
Anda juga bisa mencicipi nasi biryani khas dari Arab Saudi yang memiliki cita rasa khas. Makanan ini dimasak dengan beragam rempah dan sayuran yang disajikan Bersama daging kambing atau domba.
 
Mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh bisa menjadi kesempatan sekaligus untuk mencicipi kulinernya. Karena itulah Anda perlu mengetahui jenis makanan saat umroh dari timur tengah.