Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Umroh untuk Keluarga dan Kerabat

Membawa oleh-oleh khas khas umroh sudah menjadi salah satu hal wajib dilakukan oleh jemaah umroh yang pulang ke Indonesia. Baik karena inisiatif sendiri ataupun titipan.
 
Selain melaksanakan ibadah, jemaah juga bisa memanfaatkan waktunya untuk berwisata religi. Dalam kesempatan ini, mencari cendera mata untuk diri sendiri serta orang lain bisa dilakukan.
 
Ada banyak jenis barang atau makanan khas Timur Tengah yang tersedia di pasar atau pusat oleh-oleh. Kurma dan air zam-zam merupakan salah satu jenis buah tangan paling umum yang sering menjadi opsi bagi jemaah.
 
Selain dua jenis oleh-oleh tersebut, ada banyak benda lain yang bisa Anda jadikan pilihan untuk dibawapulang. Harga dan kualitasnya juga beragam, dapat disesuaikan dengan budget.
 

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Umroh Terbaik

 
Agar tidak kebingungan ketika berbelanja, sebaiknya Anda sudah menyiapkan beberapa pilihan buah tangan. Berikut beberapa rekomendasi buah tangan yang cocok dijadikan oleh-oleh:
 
1. Kurma
 
Salah satu oleh-oleh khas umroh paling digemari banyak orang adalah kurma. Sebab buah satu ini telah menjadi bagian dari makanan dan budaya khas Arab. Identitas buah kurma ini menjadi faktor kuat untuk menghadiahkannya kepada orang lain.
 
Ada beragam jenis kurma yang akan ditemui ketika berbelanja, dengan harga tak kalah variatif. Beberapa jenis kurma tersebut antara lain sukari, barhi, sekki, khidri, silaj, monief, medjool, dan ajwa.
 
2. Sajadah
 
Alas yang dapat menjaga kebersihan ketika melaksanakan salat ini terbuat dari kain dan memiliki banyak motif. Di toko oleh-oleh khas umroh, sajadah dari Turki, Arab Saudi, serta China mendominasi.
 
Ada beragam tipe sajadah yang dapat Anda pilih untuk diberikan pada keluarga atau kolega. Beberapa di antaranya sajadah bermotif, berukuran mini dan panjang, musafir, hingga ekslusif.
 
3. Mukena
 
Mukena dapat Anda hadiahkan pada keluarga atau kolega perempuan. Selain bermanfaat untuk penerima, pemberi juga menerima keberkahan selama mukenanya dipakai.
Ada banyak jenis mukena yang bisa disesuaikan dengan umur ataupun kepribadian si penerima. Pilihlah mukena yang berbahan nyaman, bagus, dan memiliki jahitan kuat.
 
4. Abaya
 
Pakaian ini merupakan baju berdesain sederhana dan menyerupai gamis. Biasanya abaya berwarna hitam dengan dibalut corak bordir keemasan atau warna lain. Bahannya yang adem, cocok digunakan ketika cuaca panas, termasuk di Indonesia.
 
5. Peci atau Kopiah
 
Penutup kepala tersebut cocok dijadikan oleh-oleh khas umroh bagi laki-laki. Saat membeli peci atau kopiah pilihlah yang terbuat dari bahan benang kait. Benang jenis tersebut menghasilkan sebuah peci yang nyaman dipakai.
 
6. Henna
 
Henna sering juga disebut sebagai pacar kuku. Fungsinya sebagai penghias tangan dan kuku dan terbuat dari bahan-bahan alami serta tidak menghalangi air masuk ke kulit. Makanya, henna dianggap sah dibawa salat, karena tidak membatalkan wudu.
 
7. Kismis
 
Oleh-oleh khas umroh ini berasal dari proses pengeringan dari buah anggur, sehingga bentuknya agak kisut. Bentuknya panjang dan berwarna oranye kekuningan, cocok dimasukkan ke dalam olahan makanan atau kue karena rasanya manis.
 
8. Kacang-kacangan
 
Terdapat dua jenis kacang yang sering menjadi bawaan jemaah umroh saat pulang, yaitu pistacio dan almond. Meskipun keduanya sering ditemui di Indonesia, kacang yang berasal dari Arab terasa lebih istimewa.
 
Kacang pistacio memiliki kulit krem dan isi kehijauan, dan rasanya gurih. Sehingga cocok disajikan bersama makanan manis. Sedangkan kacang almond, memiliki rasa yang juga gurih dan tekstur lembut. Selain dimakan langsung, bisa dijadikan campuran dalam kue maupun isian dalam cokelat.
 
9. Air Zam-Zam
 
Air zam—zam memiliki nilai istimewa bagi muslim seluruh dunia, sehingga menjadikannya buah tangan adalah pilihan yang paling tepat. Selain bisa mengambil sendiri, air zam-zam juga tersedia di toko. 
 
Namun Anda harus mengikuti aturan otoritas setempat mengenai membawa air zam-zam pulang. Adakalanya jemaah dilarang membawa air suci ini, atau ada aturan lain yang mengikat.
 
10. Siwak
 
Nabi Muhammad SAW mensunahkan umat muslim untuk bersiwak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membersihkan gigi maupun gusi penggunanya. Siwak biasanya berasal dari pohon Salvadora, dan bisa didapatkan di pasar besar di Mekkah.
 
11. Cokelat Arab
 
Cokelat merupakan salah satu makanan yang digemari berbagai usia, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh khas umroh. Cokelat Al-Hadi, berkualitas premium dan cita rasa khas karena berasal dari kurma asli Arab. Sedangkan cokelat batu cita rasanya manis dan bentuknya unik, seperti namanya.
 
Dari beberapa rekomendasi di atas Anda bisa menyesuaikan buah tangan dengan kebutuhan serta anggaran budget. Sehingga tidak kalap ataupun boros ketika membeli oleh-oleh khas umroh untuk orang-orang tercinta.