Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Rukun Ibadah Umrah Ada Berapa? Ini Dia 5 Rukunnya

Anda ingin mengetahui rukun ibadah umrah ada berapa? Kami akan menjelaskannya pada ulasan kali ini. Selain hal tersebut ada beberapa tips agar Anda bisa mempersiapkan fisik dan finansial untuk berangkat ke tanah suci. 
 
Umrah mendapatkan merupakan ibadah yang sangat suci dan mulia dalam pandangan Agama Islam. Sebagai salah satu ibadah yang mulia maka harus diketahui rukun umrah ada berapa, apa saja larangan dalam beribadah dan juga penjelasan dari rukun tersebut.
 
Karena, dalam ajaran Agama Islam memahami ilmu terlebih dahulu adalah kewajiban sebelum melaksanakan ibadah. Jadi, ketika Anda sedang melakukan ibadah dapat dengan benar menjalan kan nya dan pahala yang sempurna.
 
Selain itu, kesempurnaan ibadah juga merupakan suatu hal yang penting karena hal tersebut merupakan faktor diterimanya ibadah seseorang, terutama dalam ibadah umrah.
 

Rukun Ibadah Umrah Ada Berapa? Simak di Bawah Ini

 
Jadi jika Anda bertanya rukun ibadah umrah ada berapa maka secara umum ibadah umrah memiliki 5 rukun. Yaitu niat atau ihram, tawaf mengelilingi Ka’bah, Sa’I, Tahallul dan Tertib dalam setiap rukun.
 
1. Ihram dan Niat
 
Setiap ibadah yang diterima selalu di awali dengan niat yang ikhlas karena Allah, termasuk dalam ibadah Umrah. Pada ibadah ini niat diawali saat berada di Miqat atau titik awal ibadah Umrah. 
 
Setelah berniat maka para tamu Allah tersebut mengenakan pakaian Ihram untuk laki-laki dan perempuan. Pakaian ihram dikenakan dengan tata cara tersendiri sebagai bagian dari rukun ibadah umrah.
 
2. Tawaf dengan mengelilingi Ka’bah
 
Rukun ibadah umrah ada berapa selanjutnya ialah Tawaf untuk mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Pada rukun ini Anda di anjurkan untuk berdoa sebanyak-banyaknya. 
Mengingat berdoa langsung, terutama di area multazam sangat besar kemungkinan untuk diterima.
 
Multazam ialah salahsatu tempat diantara hajar aswad dan pintu Ka’bah. Saat berdoa disana dianjurkan untuk mengeluarkan dengan suara lirih. Apalagi jika ibadah ini dilakukan pada bulan Ramadhan maka kemungkinan akan diterimanya doa akan semakin besar. 
 
3. Berlari Kecil diantara Safa dan Marwah
 
Tahapan ibadah ini disebut dengan Sa’I, yaitu berlari kecil diantara bukit Safa dan Marwah. Tidak ada doa khusus pada saat melakukan tahapan ini tetapi selama melakukannya dianjurkan untuk memanjatkan doa yang diperlukan sebanyak-banyaknya.
 
Rukun ibadah ini mengingatkan pada peristiwa bersejarah Siti Hajar ketika sedang mencari air untuk anaknya Nabi Ismail, dikisahkan Siti Hajar berlari kecil ke bukti Safa dan Marwah lalu ketika kembali ternyata air Zam-zam sudah ada didekat kaki Nabi Ismail.
 
4. Tahapan Tahallul
 
Setelah melaksanakan rukun sebelumnya maka jamaah Umrah melakukan rukun terakhir yaitu Tahallul. Di mana pada tahapan ini semua larangan ihram telah diperbolehkan dan disunnahkan untuk mencukur rambut.
 
5. Tertib dari pada setiap rukun nya
 
Yang terakhir adalah tertib, dimana para jamaah Umrah diwajibkan untuk melaksanakan setiap tahapan satu persatu dan tidak ada urutan yang tertinggal atau lebih dulu dilakukan, karena setiap tahapan telah ditetapkan dan tidak boleh dilanggar.

Berikut Ini Tips Mempersiapkan Umrah

 
Setelah tahu rukun ibadah umrah ada berapa tentunya jika Anda berniat untuk melaksanakan ibadah Umrah, jangan lupa untuk melakukan persiapan sejak jauh hari. Terutama persiapan finansial dan juga fisik
 
1. Menyisihkan sebagian penghasilan
 
Agar Anda dapat berangkat beribadah ke tanah suci tentunya jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan. Anda bisa menyisihkan 10-20% rutin setiap bulan, dengan begitu maka tidak hanya berniat tetapi juga melakukan langkah yang tepat.
 
2. Berikan Target Waktu
 
Berikan target waktu kapan Anda akan melaksanakan umrah. Misalkan 2-3 tahun lagi, tentunya soal waktu kembali pada ukuran masing-masing. Tetapi ada baiknya untuk menentukan agar target lebih jelas untuk dicapai.
 
3. Persiapkan Kesehatan
 
Salah satu syarat dikatakan mampu beribadah umrah ialah mempunyai badan yang sehat. Sehingga Anda perlu untuk mempersiapkan fisik sejak jauh hari. Rajin berolahraga dan menjaga asupan makanan adalah salah satu caranya.
 
Setelah membaca ulasan diatas maka Anda telah mengetahui bagaimana caranya untuk mempersiapkan diri dan juga finansial untuk pergi berangkat ke tanah suci. Selain itu yang tidak kalah penting lagi Anda sudah mengetahui rukun ibadah umrah ada berapa yang harus dilakukan.