Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Saran Persiapan Haji yang Mesti Anda Ketahui

Saran persiapan haji bagus untuk didengarkan bagi Anda yang akan pertama kali berangkat ke Tanah Suci. Panduan rinci tentang tips kesehatan untuk mengoptimalkan ibadah haji jadi pedoman utama para jamaah.
 
Tubuh Anda memiliki hak atas Anda dan kesehatan Anda adalah amanah, kepercayaan, yang diberikan kepada Anda. Kesehatan bahkan bisa menjadi aset besar dalam haji, atau beban besar yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk melaksanakan berbagai ritual.
 
Berikut Ini 5 Saran Persiapan Haji
 
Kami akan merangkum beberapa poin penting terkait kesehatan dan saran tentang persiapan haji. Namun, kami mendorong semua peziarah untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional medis terkait sebelum melakukan perjalanan haji.
 
Di Mekkah, Anda akan terpapar jutaan orang dari seluruh dunia, iklim yang berbeda, diet, bakteri, dan kekebalan. Untuk mempersiapkan ini ada beberapa saran persiapan haji yang dapat Anda lakukan baik sebelum dan selama perjalanan Anda.
 
1. Sudah Vaksinasi
 
Pastikan Anda mengetahui semua vaksinasi rutin Anda untuk difteri, tetanus, pertusis (dTpa), polio dan MMR (campak, gondok, dan rubella). Ada juga persyaratan bagi semua jamaah untuk menunjukkan bukti imunisasi meningitis.
 
Peziarah harus memiliki sertifikat yang valid, yang dapat Anda minta dari klinik vaksinasi. Lebih rincinya, yang mengkonfirmasikan vaksinasi Anda untuk meningitis ACWY. Dalam 3 tahun terakhir untuk vaksin polisakarida, serta dalam 8 tahun terakhir untuk vaksin konjugasi.
 
Vaksinasi Anda juga harus dilakukan setidaknya 10 hari sebelum Anda melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Saran persiapan haji yang juga dianjurkan adalah vaksinasi influenza musiman dan terbaru, terutama jika Anda berusia 65 tahun atau lebih, serta dalam keadaan hamil.
 
2. Belanja Obat
 
Berikut adalah daftar barang-barang yang disarankan untuk dibawa bersama Anda, ini tidak dimaksudkan sebagai keharusan melainkan sebuah rekomendasi. Jangan khawatir jika lupa salah satu barang berikut ini karena apotek dan toko banyak tersedia di Makkah dan Madinah.
 
Obat resep reguler (misalnya insulin untuk diabetes).
 
Vaseline (untuk menghindari lecet).
 
Imodium dan dioralyte (untuk sakit perut).
 
Parasetamol, ibuprofen, lemsip (obat penghilang rasa sakit dan untuk pilek).
 
Tablet vitamin dan energi seperti Berocca atau Lucozade.
 
Gaviscon (untuk gangguan pencernaan).
 
Piriton atau antihistamin lainnya (untuk alergi).
 
Optrex (untuk mata kering atau konjungtivitis).
 
Panas dalam dan Vicks (untuk nyeri otot).
 
Strepsils (untuk sakit tenggorokan).
 
Lib balm (tidak beraroma).
 
Gel antibakteri (tidak beraroma).
 
3. Jaga Kadar Hidrasi
 
Perbanyak minum air putih terutama saat cuaca panas. Minumlah air yang disegel atau diketahui telah dimurnikan atau langsung dari wadah zamzam. Air terbaik di muka bumi adalah air zamzam, di dalamnya ada makanan untuk nutrisi dan obat untuk penyakit.
 
Saran persiapan haji yang juga penting adalah kenakan tabir surya (tidak beraroma) dan cari tempat teduh bila memungkinkan. Jadwalkan aktivitas Anda di luar periode terpanas hari jika memungkinkan. Ini bisa meminimalisir potensi Anda terserang dehidrasi.
 
4. Hati-hati Soal Konsumsi
 
Selalu makan makanan dari gerai tepercaya dan pastikan makanan panas masih panas saat disajikan. Hindari pedagang kaki lima terutama jika Anda sensitif terhadap makanan asing. Hubungi pemimpin regu Anda jika Anda merasa tidak sehat setiap saat selama perjalanan Anda.
 
Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air atau disinfektan yang sesuai. Pastikan pisau sekali pakai digunakan oleh tukang cukur saat mencukur rambut. Saran persiapan haji ini untuk menghindari risiko penularan virus seperti hepatitis C, hepatitis B, dan HIV.
 
5. Taat Instruksi
 
Cobalah untuk menghindari area yang ramai dan cobalah untuk melakukan ritual selama periode non-puncak. Selalu ikuti petunjuk dan rambu pengendalian massa. Ini untuk mengatur langkah kaki dan menghindari kepadatan yang terkadang bisa berakibat fatal.
 
Selalu bawa ID Anda sehingga penjaga dan orang lain dapat mendukung Anda dengan baik jika Anda tidak dapat berkomunikasi bahasa Arab.
 
Apabila Anda mencari agen travel haji yang terpercaya, sila cek langsung laman kami. Ada beragam layanan, kabar terkini, tips, serta saran persiapan haji lainnya pada laman Mabruk Tour.