Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Siapkan Uang, Inilah Biaya Haji 2022 yang Wajib Diketahui

Pembahasan mengenai estimasi berapa biaya haji 2022 menjadi salah satu informasi penting yang membuat bisa mengatur rencana untuk menunaikan ibadah ini. Sebab tidak dapat dipungkiri untuk bisa menaikkan haji itu tidak semudah seperti yang dibayangkan.
 
Maka dari itulah tidak menjadi suatu hal mengherankan apabila kesiapan diri menjadi salah satu poin penting untuk menunaikan. Persiapan secara sederhana bisa dilakukan dengan memperbanyak informasi yang bisa diketahui terlebih dahulu.
 
Salah satu informasi yang bisa di ketahui adalah memahami mengenai berapa perkiraan biaya dibutuhkan untuk menunaikan ibadah haji. Sebab tidak dapat dipungkiri apabila alasan mengapa banyak orang tidak bisa melaksanakan ibadah ini ialah dikarenakan keterbatasan biaya.
 
Sebab sudah menjadi rahasia umum bahwa biayanya memanglah besar. Karena itulah akan kami ungkap mengenai informasi tentang perkiraan biaya haji 2022 yang bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk mempersiapkan uang.
 

Alasan Mengapa Biaya Haji 2022 Itu Mahal

 
Banyak orang mempertanyakan mengapa biaya haji itu bisa menyentuh angka sangat fantastis. Dengan mengetahui hal ini maka kita bisa mengetahui mengenai alasan mengapa uang yang kita keluarkan bisa sangat fantastis.
 
Selain dikarenakan dalam faktor biaya aslinya mahal, ternyata terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat hal ini terjadi. Simaklah informasi berikut ini untuk memahami mengenai beberapa faktor tersebut.
 
Faktor pertama yaitu ialah dikarenakan memang biaya transportasi untuk pergi ke Arab tidaklah murah. Mengenai jaraknya yang jauh menjadi alasan masuk akal apabila calon jemaah harus mengeluarkan uang puluhan juta.
 
Faktor kedua yaitu dikarenakan biaya haji 2022 yang dikeluarkan itu Akan dikumpulkan di bank sehingga menjadi bunga yang sangat fantastis. Lalu bunga tersebut akan digunakan sebagai subsidi untuk jamaah yang akan berangkat Haji. Anda bisa mengenalnya sebagai Dana Optimalisasi Haji. 
 
Sedangkan mengenai alasan terakhir yaitu dikarenakan Indonesia memang masih mempertimbangkan mengenai pemberian living cost. Padahal negara lain sangat jarang yang menggunakan pembiayaan ini.
 
Alasannya ialah kondisi ekonomi dari mayoritas jamaah Indonesia ternyata hanya mampu untuk memberangkatkan mereka haji saja tanpa memikirkan bekal. Karena itulah biaya bahan tersebut akan digunakan sebagai subsidi untuk memberikan uang bekal kepada jamaah.
 

Inilah Biaya Haji 2022 Serta Rinciannya

 
Setelah mengetahui mengenai alasan mengapa biaya Haji itu relatif mahal. Maka selanjutnya kamu bisa mengetahui tentang berapa biaya Haji 2022 yang diperlukan untuk berangkat.
 
Sebab tidak dapat dipungkiri apabila mengenai biaya untuk menunaikan ibadah Haji itu akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk tahun 2022, sudah kami uraikan mengenai biaya serta rinciannya sehingga anda bisa mempersiapkannya dengan matang.
 
Jika mengikuti peraturan dari Indonesia, maka terdapat aturan yang mengatur haji yakni UU No.8 Tahun 2009 mengenai Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Di mana aturan tersebut membahas tentang struktur biaya haji yang dapat dikenal sebagai Bipih dan BPIH.
 
Bipih merupakan suatu nominal biaya yang harus di bayarkan secara langsung oleh para jamaah ketika ingin menunaikan ibadah haji. Untuk BPIH tahun 2022, sudah ditetapkan apabila nominalnya sekitar adalah Rp. 39.886.009. Mengenai rincian dari biaya tersebut ialah :
 
1. Biaya transportasi atau penerbangan sejumlah Rp. 29.500.000
 
2. Biaya hidup sejumlah Rp. 5.770.005
 
3. Akomodasi Makkah dan Madinah yakni Rp. 2.692.669 dan Rp. 769.334
 
4. Visa yakni Rp. 1.154.001
 
Selain itu, masih ada aturan berupa BPIH yang bisa digunakan untuk operasional penyelenggaraan haji. Adapun biaya operasional penyelenggaraan haji tersebut akan digunakan sebagai biaya tidak langsung serta dikenakan subsidi sebanyak Rp41.861.835.
 
Adapun subsidi tersebut akan digunakan untuk menutup beberapa komponen seperti pelayanan jamaah di Arab Saudi dan dalam negeri, operasional di Arab Saudi serta dalam negeri, dana cadangan kurs serta indirect cost.
 
Dengan informasi di atas maka tidak mengherankan apabila biaya haji 2022 memang terpaut jauh dengan biaya untuk menunaikan umroh. 
Sebab tidak dapat dipungkiri apabila kuota Haji memang sangat terbatas. Sehingga hanya bisa ditunaikan pada waktu-waktu tertentu saja.
 
Dengan adanya gambaran mengenai rincian biaya yang diperlukan untuk menunaikan ibadah haji seperti di atas, tentunya anda bisa memiliki persiapan yang lebih matang dalam mempersiapkan uang. Sebab dengan estimasi biaya haji 2022 ini tentu akan sangat membantumu.