Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Situs Bersejarah Islam di Mekah dan Madinah Perlu Dikunjungi

Saat haji atau umrah, mengunjungi situs bersejarah Islam adalah agenda yang tidak boleh terlewatkan. Kota Mekkah dan Madinah merupakan kota memiliki banyak nilai sejarah berkaitan dengan Islam

Situs bersejarah yang ada di sana juga memiliki keistimewaannya tersendiri. Selain itu bagi jamaah haji atau umrah bisa menambah wawasan mengenai nilai keimanan.

 

Situs Bersejarah Islam di Mekkah dan Madinah

Seperti sudah disebutkan diatas bahwa Mekkah dan Madinah memiliki banyak nilai sejarah yang cukup banyak mengenai Islam. Kota tersebut menjadi saksi perjuangan Nabi Muhammad untuk menyebarkan Islam hingga sampai ke penjuru dunia sampai saat ini. 

Ada banyak situs bersejarah Islam memiliki nilai historis tinggi. Berikut situs bersejarah di tempat tersebut.

1. Masjid Quba

Merupakan masjid yang pertama kali di bangun oleh Nabi Muhammad. Terletak disisi tenggara Kota Madinah dan didirikan pada tahun 622 masehi. Merupakan salah satu situs bersejarah yang banyak dikunjungi jama'ah haji maupun umrah.

Selain itu situs bersejarah Islam ini memiliki keutamaan seperti hadist nabi Muhammad, yang mengatakan bahwa orang melakukan salat di masjid tersebut pahalanya seperti melaksanakan umrah.

2. Masjid Nabawi

Didirikan sekitar tahun 622 masehi oleh Nabi Muhammad berada di Kota Madinah. Merupakan salah satu masjid terbesar saat ini dan merupakan yang ketiga dibangun oleh Nabi Muhammad

Ada keistimewaan di Masjid Nabawi dan tidak dimiliki oleh masjid lainnya. Situs bersejarah ini juga merupakan rumah dan juga makam Nabi Muhammad. Selain itu juga terdapat Raudhah dan mimbar Nabi Muhammad.

3. Bir Ali

Bir Ali merupakan tempat miqat atau tempat dimulainya para jama'ah haji maupun umrah untuk berihram. Bir diartikan sumur, sedangkan Ali adalah sahabat nabi yang konon membuat banyak sumur di daerah tersebut. Di zaman Nabi Muhammad, tempat ini disebut Lembah Aqiq.

Selain itu, situs bersejarah Islam ini cukup istimewa di kalangan jama'ah haji dan umrah. Karena dulu Nabi Muhammad mengambil miqat di tempat tersebut. Jarak antara Masjid Bir Ali sendiri ke Kota Mekkah sekitar 450 kilometer.

4. Jabal Uhud

Merupakan sebuah gunung yang ada Madinah dan berketinggian sekitar 1077 meter. Tidak seperti gunung di Madinah, Jabal Uhud sendiri tidak bersambung dengan gunung lainnya. Ada beberapa tempat bersejarah di Jabal Uhud seperti Jabal Rahmah, Makam Syuhada Uhud serta Khandak.

Ada keistimewaan dengan situs bersejarah Islam ini, seperti hadist Nabi Muhammad mengatakan bahwa Bukit Uhud merupakan salah satu bukit yang ada di Surga. Selain itu didekat Jabal Uhud juga menjadi tempat Perang Uhud antara umat Islam dan kafir Quraisy.

5. Gua Hira

Gua Hira merupakan sebuah gua berada di dekat Masjidil Haram. Di tempat ini nabi Muhammad pertama kali mendapatkan wahyu, yaitu surat Al Alaq ayat 1 -5. Gua tersebut digunakan Nabi Muhammad untuk menyendiri dari masyarakat pada zaman itu masih banyak penyembah berhala. Disini jama'ah bisa tahu tempat awal Nabi Muhammad mendapat wahyu pertama.

6. Masjid Qiblatain

Merupakan salah satu masjid terkenal di Madinah. Dulunya tempat ini bernama Masjid Bani Salamah sebab dibangun di atas rumah Bani Salamah. Ada hal unik di masjid ini dengan memiliki dua arah kiblat ke  Masjidil Aqsa dan Masjidil Haram.

7. Masjidil Haram

Merupakan masjid terbesar di dunia berada di Makkah. Hampir setiap tahun selalu dikunjungi oleh orang-orang untuk tawaf dalam berhaji. Tempat ini jadi kiblat bagi umat Islam dalam beribadah.

Banyak situs bersejarah Islam yang ada di Masjidil Haram seperti Ka'bah, Hajar Aswad, Maqam Ibrahim, Shofa dan Marwah, Hijr Ismail, sumber Zamzam. Ada keistimewaan di masjid ini seperti hadist Nabi Muhammad mengatakan bahwa salat di Masjidil Haram pahalanya lebih utama 100 ribu kali lipat dari salat di masjid lainnya. 

8. Jannatul Baqi

Merupakan pemakaman utama terletak di Madinah dan berseberangan dengan Masjid Nabawi. Di pemakaman ini banyak sekali keluarga dan sahabat Nabi Muhammad yang dikuburkan di tempat tersebut.

9. Jabal Rahmah

Merupakan bukit di Padang Arafah yang terletak dekat dengan Masjid Namirah. Situs bersejarah Islam ini sering dilakukan jama'ah haji ketika melaksanakan wukuf. Bukit ini diyakini sebagai lokasi pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa setelah diturunkan dari Surga oleh Allah SWT.

10. Masjid Hudaibiyah

Merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk miqat sebelm berihram.  Terletak 26 kilometer dari Masjidil Haram. Tempat ini dibangun di lokasi Perjanjian Hudaibiyah.

Di atas beberapa situs bersejarah Islam yang ada di Mekah dan Madinah yang bisa dikunjungi ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh.