Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Sunnah-sunnah yang Sayang Jika Dilewatkan saat Wukuf di Arafah

Wukuf di Padang Arafah adalah salah satu momen paling bersejarah dalam ibadah haji. Saat itu, jamaah haji berdiri di bawah terik matahari, bersama-sama memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Selain wajib melakukan ibadah wukuf, terdapat pula sejumlah sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Inilah beberapa sunnah yang sayang jika dilewatkan saat wukuf di Arafah:

1. Berpuasa pada Hari Arafah

Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan pada hari Arafah adalah berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, "Aku berharap dari Allah bahwa puasa pada hari Arafah dapat menghapuskan dosa-dosa setahun sebelumnya dan setahun yang akan datang." (Muslim) Puasa pada hari Arafah merupakan amalan yang sangat dianjurkan karena pahalanya yang besar dan kesempatannya yang langka. Sahabat tidak boleh melewatkan kesempatan emas ini untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Memperbanyak Istighfar dan Doa

Selama berada di Padang Arafah, Sahabat juga dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan doa. Ini adalah waktu yang sangat istimewa di mana doa-doa dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik doa adalah doa di hari Arafah, dan sebaik-baik yang aku ucapkan beserta para nabi sebelumku adalah: La ilaha illallah wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa Huwa 'ala kulli syai'in Qadir." (Tirmidzi) Sahabat dianjurkan untuk menggunakan waktu ini untuk memohon ampunan, memperbaiki diri, dan meraih keberkahan.

3. Berdzikir dan Berzikir

Selain itu, Sahabat juga dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan berzikir saat berada di Padang Arafah. Dzikir merupakan cara untuk mengingat Allah SWT dan mendekatkan diri kepada-Nya. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada hari yang lebih besar di sisi Allah dan lebih mulia daripada hari Arafah. Pada hari ini Allah menurunkan rahmat-Nya, mengampuni dosa-dosa, dan menyombongkan hamba-hamba-Nya di hadapan para malaikat serta berbangga kepada mereka." (HR. Muslim) Sahabat dapat mengisi waktu di Arafah dengan dzikir, tasbih, tahmid, dan takbir untuk meraih keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

4. Membaca Al-Quran

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan saat berada di Arafah adalah membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran adalah cara yang baik untuk mengisi waktu dan mendapatkan pahala yang besar. Sahabat dapat membaca surah-surah pilihan atau merenungkan makna ayat-ayat Al-Quran untuk memperdalam keimanan dan kekhusyukan ibadah.

5. Memperbanyak Doa untuk Orang Lain

Selain memohon ampunan dan rahmat untuk diri sendiri, Sahabat juga dianjurkan untuk memperbanyak doa untuk orang lain saat berada di Arafah. Doa untuk orang tua, keluarga, sahabat, umat Islam, dan seluruh umat manusia adalah amalan yang sangat mulia. Sahabat dapat memanfaatkan waktu di Arafah untuk memohon kebaikan, keselamatan, dan keberkahan bagi orang-orang yang dicintainya.

Sahabat, jangan lewatkan kesempatan emas untuk menjalankan sunnah-sunnah yang dianjurkan saat wukuf di Arafah. Bergabunglah dengan program umrah Mabruk Tour untuk mendapatkan panduan yang komprehensif dan bimbingan yang tepat selama perjalanan ibadah Anda. Jadikan setiap langkah ibadah Anda sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat keimanan Sahabat. Segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan daftar sekarang juga. Ayo satukan niat kita dalam beribadah untuk meraih keberkahan-Nya di tempat yang penuh berkah ini.