Syarat Daftar Umroh - Animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah kian tahun semakin meningkat. Tentu saja hal tersebut menjadi kabar baik karena semakin banyak orang yang mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.
Terlebih lagi masa tunggu umroh tidak seperti haji, yang bisa sampai puluhan tahun. Namun umroh dapat dilakukan kapan saja dan bisa langsung berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan. Untuk itu bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah umroh tetapi masih bingung bagaimana syarat daftar umroh serta tata caranya. Yuk simak ulasan artikel ini sampai akhir ya.
A. Syarat Pendaftaran Umroh
Selepas pandemi covid-19, persyaratan tes PCR sudah tidak menjadi urgensi lagi dari pemerintah Arab Saudi. Disamping batasa usia untuk umroh juga sudah tidak ada lagi loh. Sehingga bagi calon jemaah haji yang sudah berusia lanjut maupun kalangan anak-anak, kini terbuka kembali untuk dapat melakukan ibadah umroh dengan kata lain sudah tidak dibatasi seperti sebelumnya.
Lalu, apa saja ya syarat dokumen dalam umroh?
- Yang pertama ialah paspor yang asli dan juga masih berlaku masa aktif paspornya. Ini merupakan tanda identitas penting untuk perjalanan internasional.
- Mempunyai visa umroh
- Melampurkan pas foto terbaru dengan memenuhi ketentuan-ketentuan berikut:
- Ukurannya adalah 4x6 sejumlah 4 lembar
- Background yang digunakan ialah berwarna putih dan fokus pada wajah sebanyak 80%
- Untuk wanita haruslah menggunakan kerudung.
- Syarat daftar umroh selanjutnya ialah siapkan fotokopian Kartu Tanda Penduduk alias KTP, beserta KK hingga buku nikah apabila calon jemaah haji sebelumnya telah menikah.
- Kartu tanda vaksin meningitis kartu ini menjadi bukti bahwa calon jemaah bersangkutan sudah menerima vaksin meningitis. Sebenarnya syarat kartu tanda vaksin meningitis ini sifatnya itu opsional. Apabila calon jemaah haji ingin mengajukan vaksin meningitis. Maka itu dapat dilakukan di rumah sakit terdekat yang biayanya berkisar Rp. 300 ribuan.
- Sertifikat vaksin, hal ini untuk menandakan bahwa anda sudah menerima vaksin covid-19 setidaknya sebanyak 2 kali. Meskipun pemerintah Arab Saudi sendiri sudah mengizinkan bagi jemaah umroh dari Indonesia untuk tak menggunakan atau memakai vaksin covid-19. Akan tetapi Kementerian Agama Republik Indonesia, tetap mensyaratkan vaksin covid-19 sebagai salah satu syarat daftar umroh sampai waktu yang masih belum diperkirakan.
- Memiliki KSA Tawakkalna alias sertifikat Internasional Arab Saudi, yang mana sertifikat tersebut bisa anda dapat lewat peduli lindungi.
- Surat rekomendasi dari Kemenag di kabupaten ataupun kota.
- Mempunyai tiket pesawat untuk pulang pergi dari Indonesia ke Arab Saudi.
Baca Juga: Tips Merencanakan Ibadah Haji dan Umroh yang Teratur
B. Cara Membuat Paspor
Salah satu syarat dokumen untuk umroh ialah adanya paspor. Nah bagi anda yang saat ini masih belum memiliki paspor. Maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat paspor. Yang mana paspor ini bisa berlaku selama 10 tahun. Proses pembuatannya sendiri dapat langsung ke kantor imigrasi setempat maupun dilakukan secara online lewat aplikasi M-Paspor.
Langkah Membuat Paspor Secara Manual
- Pertama isilah formulir permohonan, dibagian loket permohonan yang ada di kantor imigrasi.
- Selanjutnya penuhi segala syarat dan juga dokumen umroh untuk memulai membuat paspor. Nah beberapa syarat tersebut meliputi: Surat rekomendasi dari pihak travel yang menjadi penyelenggara perjalanan umroh, Dokumen data diri yang asli maupun fotokopi seperti kartu keluarga, KTP, ijazah atau akta kelahiran serta termasuk juga buku nikah jikalau sudah menikah. Memberikan nama setidaknya terdiri dari tiga suku kata. Namun apabila nama anda hanya mempunyai dua maupun satu suku kata. Maka anda bisa menambahkan nama yang diambil dari orang tua. Menyertakan surat rekomendasi dari pihak Kepala Kantor Kemenag baik itu Kabupaten ataupun kota setempat.
- Saat syarat-syarat telah dipenuhi nantinya petugas imigrasi akan lebih dulu memeriksa semua dokumen persyaratan yang sudah diberikan.
- Lalu anda akan menerima tanda terima permohonan serta kode untuk pembayaran,apabila dokumen-dokumen tersebut sudah dinyatakan lengkap.
- Kemudian anda dapat melakukan pembayaran. Yang mana ada dua jenis paspor yaitu yang biasa dan juga elektronik.
- Apabila proses pembayaran sudah selesai, nantinya pejabat imigrasi akan melakukan proses pengesahan yaitu dengan cara verifikasi data pengambilan foto dan sidik jari hingga wawancara.
- Setelah semua proses sudah dilalui, maka anda hanya tinggal menunggu hasilnya, alias paspornya telah selesai dibuat dengan masa kerja 4 sampai dengan 7 hari. Ketika akan mengambilnya juga, jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran serta formulir permohonannya.
Baca Juga: Berapa Uang Saku yang Ideal untuk Umroh?
C. Ingin Umroh yang Terpercaya? Percayakan ke Mabruk Tour
Nah apabila saat ini anda sedang mencari layanan travel biro perjalanan umroh maupun haji yang sudah memiliki kredibilitas, dengan legalitas yang juga legal, serta berpengalaman. Maka jangan ragu untuk menggunakan layanan di Mabruk Tour, yang mana paket umroh yang tersedia itu sudah termasuk dengan aneka perlengkapan umroh, akomodasi dengan hotel terbaik yang juga dekat dengan tempat ibadah. Kemudian tiket pesawat PP, lalu layanan city tour sampai dengan makan dan juga termasuk transportasinya.
Informasi lebih lanjut mengenai ragam layanan di Mabruk Tour beserta proses pemesanan dapat anda langsung hubungi tim customer service kami dengan mengklik langsung ikon whatsapp yang ada diwebsite ini. Terima kasih sudah membaca ulasan mengenai syarat daftar umroh sampai akhir, semoga niat anda untuk melaksanakan ibadah umroh dapat terlaksana dengan baik dan menjadi keberkahan tersendiri untuk anda.