Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Syarat dan Ketentuan Umroh Terbaru 2023

Terdapat berbagai syarat dan ketentuan umroh terbaru tahun 2023 yang wajib diketahui. Apalagi untuk Anda para pemula yang baru akan beribadah ke tanah suci mekkah. Syarat ini harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum melakukan penerbangan ke mekkah. 
 
Umroh merupakan ibadah haji kecil yang dilakukan di tanah suci mekkah. Terdapat berbagai ketentuan untuk melaksanakan ibadah tersebut. Umrah juga tidak dapat dilakukan dirumah, maka dari itu Anda harus mempelajari tata caranya terlebih dahulu agar tidak keliru. 
 
Bukan hannya memahami syarat dan ketentuan umroh saja, Anda juga harus paham dengan berbagai hal mengenai umroh. Seperti tata cara melakukan ibadah dengan benar, doa apa yang harus dipanjatkan ketika sudah di depan kabbah, serta lokasi mana saja yang harus dikunjungi. 
 
Anda juga harus memiliki travel yang terpercaya, yang memiliki jadwal keberangkatan yang jelas. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghindari berbagai jenis penipuan dalam bentuk apapun. Pelajari semuanya dengan baik, agar tidak rugi waktu dan uang. 
 
Perlu menjadi perhatian, jika seorang calon jamaah belum bisa menaati syarat dan ketentuan umroh, maka perjalan ke tanah suci mekkah tidak dapat dilakukan. Maka dari itu, harus diperhatikan dengan baik dan dipatuhi sesuai ketentuan travel dan pemerintah. 
 

Syarat dan Ketentuan Umroh yang Wajib Diketahui

 
Beberapa syarat yang akan kami sampaikan akan melindungi Anda sebagai warga Negara Indonesia. Jadi, ketika terjadi masalah, pemerintah akan turut serta dalam membantu menyelesaikan masalah. Begitu juga dengan travel yang digunakan. Berikut syaratnya:
 
1. Passpor Hijau 
 
Tentu saja, untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, seseorang harus memiliki passport sebagai tanda pengenal di bandara dan Negara tujuan. Seorang calon jamaah umroh harus memiliki passport hijau yang terdiri dari 2 suku kata dan masih berlaku minimal dalam waktu 7 bulan saat keberangkatan. 
 
Jika belum mempunyai passport, Anda bisa membuatnya langsung di kantor imigrasi. Buatlah passport 3 bulan sebelum keberangkatan. Namun, jika keberangkatan mendadak, passport juga bisa jadi dalam waktu satu hari, tapi terdapat biaya tambahan yang harus disiapkan oleh pembuat passport. 
 
2. Dokumen Penting 
 
Dokumen yang dimaksud disini adalah KTP, kartu keluarga, serta pas foto dengan ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar. Untuk perempuan wajib menggunakan hijab saat berfoto. Syarat dan ketentuan umroh yang satu ini wajib untuk ditaati, untuk mengisi data diri lengkap, sehingga bisa terdata sebagai jamaah. 
 
Untuk yang sudah menikah, anda perlu menyiapkan buku nikah dan juga kartu keluarga asli. Bagi anak dibawah umur, perlu adanya akta lahir dan juga surat muhrim. Hal ini sangat diperlukan untuk melengkapi data keluarga, sehingga semua aman dalam perjalanan maupun saat mengikuti ibadah.
 
3. Vaksin 
 
Syarat dan ketentuan umroh berikutnya adalah dengan menyediakan kartu kuning suntik meningitis yang bisa didapatkan melalui kantor kesehatan pelabuhan setempat serta siapkan sertifikat vaksin covid-19 sampai booster untuk usia diatas 18 tahun, dan vaksin kedua untuk dibawah usia 18 tahun.
 
Vaksin meningitis dan covid-19 akan dicek terlebih dahulu. Jika memenuhi maka Jemaat bisa berangkat ke tanah suci mekkah, jika tidak lengkap maka akan dipertimbangkan terlebih dahulu. Sebab, hal tersebut juga menjadi syarat untuk memasuki wilayah mekkah. Jadi, tidak bisa sembarangan. 
 
4. Melunasi Semua Pembiayaan 
 
Umumnya, seseorang melakukan umroh bersama keluarga maupun saudara menggunakan travel perjalanan. Pada setiap travel, tentu saja memiliki syarat untuk pelunasan setiap biaya terlebih dahulu sebelum keberangkatan umroh dilakukan. Hal ini harus dipatuhi untuk bisa melakukan perjalanan. 
 
Anda harus memenuhi pembayaran terlebih dahulu sebelum melakukan keberangkatan. Maka dari itu, perlu memilih travel terpercaya agar tidak terkena penipuan dalam bentuk apapun. Hal ini akan menjamin uang aman dan tidak hilang begitu saja, pastikan juga sudah melunasi semua pembuatan dokumen penting. 
 
Sebelum pergi ke tanah suci, hendaknya mempelajari berbagai hal penting terlebih dahulu agar perjalanan tidak menjadi sia-sia. Syarat dan ketentuan umroh di atas harus ditaati untuk menjadikan perjalanan Anda lancar tanpa hambatan, biasanya pihak travel juga akan membantu mengurus setiap dokumen penting.