Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Syarat Memulai Bisnis Travel Umrah yang Perlu Dipersiapkan

Tingginya minat umat muslim untuk menjalankan ibadah ke tanah suci membuat bisnis travel umrah berkembang semakin pesat. Tidak heran jika banyak pengusaha mulai melirik untuk membuka bisnis ini karena memiliki prospek yang bagus di masa depan.
 
Bisa beribadah ke tanah suci baik dengan menjalankan umrah atau haji sudah pasti menjadi impian semua umat muslim. Dengan menjalankan umrah atau haji, umat muslim merasa lebih dekat dengan Tuhan sehingga nilai keimanannya bisa semakin meningkat.
 
Untuk membantu umat muslim bisa menjalankan ibadah umrah dan haji dengan lancar, dibutuhkan agen yang mampu mengurus semua persiapan dengan tepat. Maka dari itu tidak heran, jika agen travel umrah dah haji saat ini semakin dibutuhkan.
 
Pada dasarnya siapa saja bisa memulai bisnis travel umrah ini. Akan tetapi untuk membuka bisnis ini memang tidak mudah dan membutuhkan banyak hal yang perlu dipersiapkan. Tidak heran jika tidak sembarangan orang bisa memulai bisnis travel untuk umrah dan haji.
 
Untuk dapat membuka bisnis travel atau agen perjalanan haji dan umrah, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Mau tahu apa saja kira-kira syarat dan ketentuan tersebut? Berikut penjabaran lengkapnya :
 

Syarat dan Ketentuan Wajib untuk Membuka Bisnis Travel Umrah dan Haji

 
Walaupun terbilang menjanjikan, akan tetapi untuk memulai bisnis travel atau perjalanan haji dan umrah ini tidak mudah. Ada banyak syarat dan ketentuan yang perlu dipersiapkan oleh pemilik usaha. Antara lain yaitu :
 
1. Mengurus Izin Legalitas dan Perizinan
 
Syarat pertama jika ingin membuka bisnis travel haji dan umrah ini adalah harus mengurus administrasi legalitas dan perizinan untuk mendirikan bisnis terlebih dahulu. Ada beberapa persyaratan wajib jika ingin mendirikan bisnis travel umrah berdasarkan kutipan dari laman kemenag.go.id, antara lain yaitu :
 
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
 
Memiliki NPWP
 
Mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
 
Mengurus izin biro perjalanan wisata dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata
 
Mengurus Keanggotaan di ASIT
 
Mengurus keanggotaan di IATA
 
Mengurus izin biro perjalanan haji dan umrah dari Kemenag RI
 
Membayat deposit sebesar 100 juta untuk umrah dan 500 juta untuk haji
 
Mengurus surat perizinan pendirian travel haji dan umrah
 
2. Lokasi Usaha
 
Saat ingin membuka usaha travel umrah dan haji, Anda juga perlu menentukan lokasi yang tepat. Penetuan lokasi bisnis atau kantor perusahaan ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.
 
Pilih lokasi bisnis yang memiliki akses mudah serta lokasi potensial untuk mendatangkan target market. Dengan cara seperti ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan jemaah sehingga bisnis travel umrah bisa berkembang dengan cepat.
 
3. Rekrut SDM yang Berpengalaman
 
Untuk menjalankan bisnis agen perjalanan haji dan umrah ini tidak cukup jika hanya mengandalkan modal saja. Akan tetapi agar bisnis bisa berjalan dengan baik, maka diperlukan SDM yang menguasai bidang bisnis ini.
 
Pilih SDM yang mengerti tentang pengurusan dokumen dan perjalanan untuk ibadah umrah dan haji. Dengan begitu, bisnis bisa berjalan dengan baik sehingga kepercayaan target pasar juga semakin meningkat.
 
4. Siapkan Fasilitas yang Memadai
 
Syarat lainnya jika ingin membuka bisnis travel umrah dan haji adalah harus mampu mempersiapkan fasilitas dengan benar. Anda harus bisa mempersiapkan fasilitas yang 
nyaman untuk jemaah umrah dan haji dari awal keberangkatan hingga kembali.
 
Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan pemandu atau pembimbing ibadah yang sudah berpengalaman. Agen travel tidak hanya mempersiapkan fasilitas saat masih di tanah air akan tetapi juga kebutuhan jemaah saat sudah tiba di tanah suci.
 
5. Lakukan Promosi
 
Membuka bisnis tidak akan bisa berkembang jika tidak dibarengi dengan promosi yang optimal. Maka dari itu, jika saat memulai bisnis travel haji dan umrah ini, lakukan 
promosi agar bisnis dikenal oleh khalayak luas dan mendatangkan jemaah yang akan menggunakan jasa Anda tersebut.
 
Membuka bisnis atau agen perjalanan beberapa waktu belakangan ini memang tengah populer karena terbukti mendatangkan keuntungan besar. Meski begitu, pastikan Anda tahu syarat dan ketentuan untuk membuka bisnis travel umrah agar usaha bisa berjalan dengan lancar.