Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Syarat Umroh Terbaru 2022, Siapkan Sebelum Berangkat

Syarat umroh terbaru 2022 penting untuk dipahami oleh semua umat muslim yang hendak berangkat ke Mekah. Dalam hal ini, ada dua persyaratan yang harus dipenuhi oleh siapa pun yang hendak menjalankan ibadah tersebut.
 
Yang pertama adalah memenuhi persyaratan secara Islam. Sedangkan yang lainnya adalah memenuhi persyaratan secara administratif. Tentu saja ketika Anda memilih jasa travel umroh atau haji, pihak penyedia jasa akan menjelaskan secara detail terkait kedua persyaratan tersebut.
 
Tapi agar Anda bisa melakukan persiapan sejak awal disini kami sudah merangkum beberapa persyaratan tersebut. Untungnya saat ini ini pihak pemerintah Arab Saudi sudah menghapus syarat negatif tes PCR atau antigen. Jadi persyaratannya jauh lebih mudah.
 

Syarat Umroh Terbaru 2022 Secara Syariat Islam

 
Umrah adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang mengharuskan jamaah melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Tentu saja ada rangkaian ibadah yang harus diikuti ketika Anda sampai di lokasi. Jadi persiapannya harus dilakukan dengan sangat matang. 
 
Setelah kami rangkum dari berbagai sumber ternyata ada lima syarat utama secara Islam yang harus dipenuhi oleh seorang jamaah umroh. Tanpa memenuhi persyaratan secara syariat ini, maka ibadah umrah yang dilakukan dianggap tidak sah. Ini dia poin-poin Syarat umroh terbaru 2022 tersebut. 
 
1. Beragama Islam
 
Menjadi salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam, tentu saja syarat utama untuk melakukan ibadah umrah adalah beragama Islam. Sama sekali tidak wajib dan tidak sah bagi mereka yang menganut agama lain untuk melaksanakan ibadah tersebut.
 
2. Berakal
 
Syarat lain yang harus dipenuhi oleh seorang jamaah umrah adalah berakal. Jadi ketika ibadah dilakukan mereka tidak mengalami gangguan jiwa atau mental dan benar-benar sehat secara batiniah. Mereka yang tidak sehat akalnya atau tidak memiliki kesadaran diri sama sekali tidak wajib melakukan umrah. 
 
3. Baligh
 
Syarat umroh terbaru 2022 lainnya adalah baligh. Di dalam agama Islam baligh sendiri diartikan sebagai kedewasaan secara fisik. Jika seorang anak melakukan umrah sebelum baligh, maka ibadah tersebut tidak menjadi pengganti ibadah umroh baginya setelah dewasa. 
 
4. Memiliki Kemampuan
 
Syarat lain yang harus dipenuhi oleh seorang jamaah umroh adalah memiliki kemampuan untuk melakukan umroh itu sendiri. Kemampuan ini sendiri datang dari beberapa aspek dari mulai kemampuan secara fisik, finansial, hingga waktu yang dimiliki.
 
5. Merdeka
 
Syarat umroh terbaru 2022 selanjutnya adalah merdeka. Syarat merdeka ini diperlukan oleh para Abdi atau hamba sahaya yang memiliki kewajiban untuk mengurus aktivitas tuannya. Jika seorang hamba sahaya tidak memiliki izin untuk melakukan ibadah umrah maka mereka tidak wajib melakukannya. 
 
6. Disertai Mahram
 
Jalan raya yang seringkali dilewatkan oleh para jamaah umrah adalah mahram. Terutama bagi seorang perempuan yang hendak melakukan ibadah umrah. Ketika seorang perempuan tidak ditemani mahram saat melakukan ibadah Umroh, maka tidak ada beban atau kewajiban umroh terkini. 
 
Enam persyaratan tersebut harus dipenuhi ketika seorang muslim hendak melakukan ibadah umrah. Selain menjadi syarat sah ibadah syarat-syarat tersebut juga menjadi tolak ukur kenikmatan pelaksanaan ibadah umrah itu sendiri di tanah suci.
 

Syarat Umroh Terbaru 2022 Secara Administratif

 
Selain persyaratan secara syariat seperti yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata ada syarat lain yang harus dipenuhi sebelum berangkat umroh. Syarat tersebut adalah persyaratan secara administratif. Persyaratan ini sebenarnya terus mengalami perubahan. 
 
Tapi tenang saja karena pihak penyedia jasa travel akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai hal ini. Sejauh ini ada 10 syarat administratif yang harus dipenuhi oleh seorang jamaah umroh ketika hendak berangkat. Langsung saja simak detailnya di bawah ini.
 
1. Memiliki Paspor
 
2. Memiliki Visa Umrah
 
3. Melengkapi Dokumen Dengan Pas Foto 4x6 background putih. Fokus wajah harus 80 persen pada rasio foto. Jumlah foto adalah 4 lembar untuk setiap calon jamaah.
 
4. Melampirkan fotokopi KTP, KK, dan buku nikah
 
5. Memiliki Kartu kuning meningitis aktif
 
6. Melampirkan Sertifikat vaksin Covid-19 2 dosis
 
7. Memiliki KSA Tawakkalna (Sertifikat Internasional Arab Saudi)
 
8. Mendapatkan Surat rekomendasi dari Kepala Kantor Kemenag Kabupaten masing-masing
 
9. Memiliki tiket pesawat Indonesia-Saudi Arabia Pulang Pergi
 
Ketika semua persyaratan administratif dan syariat tersebut sudah disiapkan, maka Anda bisa segera berangkat umroh sesuai dengan jadwal penerbangan masing-masing. Jangan pernah menyepelekan Syarat Umroh Terbaru 2022 tersebut karena bisa berdampak buruk terhadap keberangkatan Anda.