Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Syarat Wajib Umroh Ini, Wajib Dipenuhi Calon Jamaah

Sebagian besar umat Islam pasti bermimpi mengunjungi Tanah Suci untuk menunaikan ibadah, bagaimana syarat wajib umroh? Apakah Anda terlibat dalam perencanaan ini? Jika demikian, harus mengetahui syarat-syarat umroh agar ibadah yang dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.
 
Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Tanah Suci, sebaiknya sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang syarat-syarat penting umroh. Jadi, sebelum menunaikan ibadah umroh, sejumlah prasyarat umroh harus dipenuhi.
 
Seseorang kemungkinan besar akan dibebaskan dari kewajibannya untuk melakukan umroh jika kondisi ini tidak terpenuhi. Lantas apa saja syarat untuk menunaikan ibadah umroh yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim? Silahkan baca penjelasan dibawah ini.
 

Apa Saja Syarat Wajib Umroh?

 
Kami akan jelaskan mengenai syarat wajib umroh, sebelum keberangkatan ke tanah suci, maka Anda diwajibkan untuk memahaminya terlebih dahulu.
 
Seluruh umat Islam pasti mengetahui beberapa kewajiban umroh, khususnya Anda yang berniat melakukan perjalanan umroh dalam waktu dekat. Berikut ini adalah syarat yang 
harus dipenuhi oleh calon jemaah haji untuk melaksanakan umroh:
 
1. Beragama Muslim
 
Menjadi Muslim adalah syarat wajib umroh pertama yang diperlukan untuk melakukan ibadah ini. Dengan kata lain, teman-teman Muslim jelas diizinkan menjalankan agamanya di Tanah Suci.
 
Dilarang bagi pemeluk agama lain untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci karena kriteria yang disyaratkan tersebut.
 
2. Dewasa atau Baligh
 
Menjadi dewasa atau baligh adalah syarat kedua untuk melakukan umroh. Dianjurkan agar seorang Muslim yang telah mencapai pubertas dan mampu melakukan umroh. Kematangan fisik mencirikan tahap kehidupan ini. Umroh yang dilakukan saat masih kecil tidak akan menggantikan umroh yang dilakukan saat dewasa.
 
Itu tidak menghalangi anak-anak untuk melakukan umroh. Anak-anak bahkan bayi dapat melakukan umroh jika kedua belah pihak atau keluarganya dapat memberikan dana yang diperlukan. Namun perlu Anda ketahui, anak-anak tidak diwajibkan untuk menunaikan umroh.
 
3. Berakal Sehat
 
Syarat wajib umroh ketiga yang diperlukan adalah akal sehat. Dengan kata lain, umat Islam didorong untuk melakukan perjalanan umroh sebagai individu yang berakal sehat yang dapat mengetahui apa yang benar dan salah untuk diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.
 
Dengan demikian, salah satu syarat umroh adalah umat Islam mampu menimbang baik dan buruk secara logis dan matang. Masih ada syarat lain untuk menunaikan umroh yang harus patuhi.
 
4. Mandiri
 
Kemandirian menjadi syarat wajib umroh selanjutnya yang harus dipenuhi seluruh calon jamaah. Mengapa itu penting? Sebab umat Islam yang akan menjalankan umroh harus bebas dari dunia perbudakan.
 
Prasyarat umroh yang satu ini terkait dengan cara hidup orang Arab sebelumnya. Karena perbudakan masih diberlakukan di masa lalu oleh orang-orang Arab, budak tidak diwajibkan untuk menunaikan ibadah haji atau umroh.
 
5. Mampu
 
Syarat wajib umroh selanjutnya untuk menunaikan umroh adalah memiliki kemampuan. Persyaratan wajib umroh ini diberlakukan untuk semua kalangan yang akan melakukan perjalanan ke Tanah Suci. Baik dalam hal kemampuan keuangan dan fisik serta waktu yang digunakan.
 
6. Harus Ada Mahram Bagi Perempuan
 
Umat Islam yang berjenis kelamin perempuan juga harus memenuhi syarat untuk didampingi mahramnya saat melakukan umroh. Orang yang melakukan umroh kadang-kadang bukan suami istri. 
 
Namun, pemerintah Arab Saudi telah membuat persyaratan bahwa setiap wanita Muslim yang ingin melakukan umroh harus didampingi oleh mahramnya. Mahram mungkin orang tua kandung, saudara kandung, atau anggota lain dari keluarga inti. 
 
Namun, jika Anda tidak memiliki mahram, bisa pergi dengan saudara perempuan, seperti teman atau kerabat. Hukum mahram juga mengatur haji. 
 
Namun, pemerintah Indonesia telah bekerja sama dengan Imigrasi Arab Saudi dalam masalah ini untuk membatasi mahram sebagai syarat wajib umroh dan Haji.
 
Hal ini menandakan tidak ada lagi pembatasan mahram bagi calon umroh atau haji perempuan mulai musim haji 2014. Untuk jemaah haji dan umroh, beberapa maskapai juga sudah mengimbau adanya kesepakatan ini. 
 
Itulah beberapa syarat umroh yang harus dipenuhi oleh para calon jamaah yang berniat melakukan perjalanan umroh. Ketika Anda memahami syarat wajib umroh tentu saat menjalankan ibadah semuanya menjadi lancar dan tidak ada kendala sama sekali.