Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tata Cara Ibadah Umroh Sesuai Sunnah Wajib Dipahami

Apakah Anda sudah mengetahui bagaimana tata cara ibadah umroh? Jika belum, pastikan untuk mempelajarinya dari sekarang. Pasalnya, ketika berada di Tanah Suci, seluruh komponen ini akan sangat penting untuk dilakukan.
 
Mengapa mempelajari langkah-langkah tersebut menjadi penting, terutama bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah tersebut. Karena, jika Anda mampu melaksanakannya sesuai dengan aturan dan sunnah yang berlaku. Maka, amalan akan menjadi sempurna.
 
Sehingga, setiap pelaku yang menjalankan tata cara ibadah umroh dengan benar. Bisa memperoleh pahala sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Oleh karena itu, poin ini menjadi sangat penting dan tidak boleh Anda tinggalkan, terutama jika berencana pergi ke Mekkah.
 
 

Inilah 7 Tata Cara Ibadah Umroh yang Wajib Anda Pahami

 
Melakukan segala sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini selain memudahkan Anda dalam mengikuti acuan, juga membuat pemahaman lebih detail. Beberapa langkah yang harus Anda lakukan tanpa terkecuali, dapat disimak pada ulasan berikut ini :
 
1. Melakukan Persiapan Umroh
 
Hal pertama dalam tata cara ibadah umroh adalah menjalankan segala persiapan yang ada. Pada konsep ini, Anda wajib membersihkan diri dari segala kotoran dan najis. 
Mulai dari melakukan mandi junub atau mandi besar, dan pemakaian wewangian terbaik.
 
Anda juga sangat dianjurkan untuk memotong kuku dan kumis sebelum berangkat. Bahkan, mencukur bulu ketiak dan kemaluan juga menjadi bagian dari sunnah ini. Kemudian, lanjutkan dengan mengenakan pakaian ihram terbaik bagi laki-laki ataupun perempuan.
 
Pemilihan kain ihram sendiri juga terdapat aturannya, di mana pada laki-laki berupa dua lembar kain lebar untuk menutupi pundak hingga bagian bawah panggul seperti sarung. Poin ini mengharuskan laki-laki tidak mengenakan pakaian dalam sekalipun.
 
Sedangkan pada perempuan, pakaian yang disyariatkan dapt menutupi seluruh tubuh. Tetapi sangat tidak diperbolehkan untuk menggunakan cadar maupun sarung tangan. Hal ini diambil dari contoh istri nabi, Aisyah radyallahu anhuma.
 
2. Miqot Dengan Melakukan Niat Ihram
 
Tata cara ibadah umroh berikutnya yaitu Miqot. Di mana, ini merupakan sebuah tempat yang telah dipilih oleh Rasulullah untuk setiap jamaah dalam mengucapkan ihram pertama. Poin tersebut diperuntukkan pada jamaah dengan niat haji atau umroh.
 
Beberapa letak miqot berdasarkan jamaah dapat Anda simak pada pembahasan berikut :
 
- Jamaah dari arah Madinah, wajib ihram di Dzulhulaifah atau Bir Ali.
 
- Jamaah dari arah Syam (Palestina, Yordania, atau Lebanon), niat dilakukan di Al Juhfah.
 
- Sedangkan dari arah Riyadh dan sekitarnya, maka miqot dilakukan pada Qornul Manazil (As Sailul Kabiir).
 
- Pada arah selatan seperti Yaman, maka miqot dilakukan di Manazil (As Sailul Kabiir)
 
- Terakhir dari arah Irak, maka miqot dilaksanakan di Dzatu Irq (Adh Dhoribah).
 
3. Berangkat Menuju Mekkah
 
Jika seluruh jamaah telah melakukan niat di Miqot, maka tata cara ibadah umroh selanjutnya yaitu membaca talbiah hingga tiba di Mekkah. Sunnah ini dipertegas dengan pengumandangan keras pada laki-laki, dan suara lirih bagi kaum wanita.
 
4. Thawaf
 
Berikutnya, Anda akan diajak untuk mengikuti serangkaian ibadah salah satunya yaitu Thawaf. Di mana kegiatan ini dilakukan sebanyak 7 putaran. Di mulai dari titik Hajar Aswad pada kaki Ka’bah dan berakhir pada lokasi yang sama.
 
Tata cara ibadah umroh ini menganjurkan setiap jemaah untuk melakukan lari-lari kecil di putaran pertama. Kemudian melanjutkan proses thawaf dengan berjalan biasa pada 4 putara terakhir.
 
5. Menuju Maqam Ibrahim
 
Tidak hanya berhenti di situ, Anda juga akan melanjutkan proses ibadah dengan mengunjungi maqam Ibrahim. Di sana, Anda akan diperintahkan untuk melakukan salat sunnah thawaf sebanyak 2 rakaat. Kemudian dilanjutkan dengan minum air Zamzam yang telah disediakan.
 
6. Sai
 
Jika Anda belum mengetahui apa itu sai, maka pengertian ringannya adalah proses berlarian kecil dari bukit Shafa ke Marwah. Sesampainya di bukit Shafa, Anda akan disuruh untuk naik ke atas bukit dan menghadap Ka’bah dari puncak.
 
7. Bertahallul
 
Terakhir, setiap pelaku ibadah di Mekkah untuk mengakhiri setiap rangkaiannya adalah dengan tahallul atau bercukur. Bagi kaum laki-laki maka proses ini akan menghabiskan seluruh rambut hingga gundul. Sedangkan pada wanita hanya sekedarnya saja.
 
Beberapa langkah yang telah dijelaskan di atas merupakan poin penting dan wajib diikuti oleh setiap pelaku umroh. Pasalnya, keseluruhan rangkaian tersebut telah dilakukan bertahun-tahun dan wajib. Sehingga, memahami tata cara ibadah umroh akan memberi keuntungan.