Informasi Umrah

Semua informasi suputar ibadah umrah dan haji

Tata Cara Umroh yang Baik dan Benar

Penting bagi Anda untuk mengetahui tata cara umroh yang baik dan benar seperti apa. Sehingga bisa melakukan ibadah secara maksimal. Umroh merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan oleh umat muslim.
 
Hal ini sangatlah wajar sebab umroh biasanya dikatakan sebagai haji kecil sehingga ketika seseorang tidak mampu melakukan ibadah haji maka mereka bisa melakukan umroh. Apalagi umroh bisa dilakukan beberapa kali.
 
Walaupun disebut sebagai haji kecil tetapi terdapat perbedaan antara ibadah umroh dengan haji sehingga Anda harus mengetahuinya. Agar ibadah ini berjalan dengan maksimal dan Anda khusyuk menjalankannya maka harus mengetahui bagaimana tata caranya.
 
Selain mengetahui tata cara umroh maka penting bagi Anda untuk mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan ibadah ini. Dengan mendapatkan informasi ini maka Anda bisa menjalankan ibadah dengan mabrur.
 
Jadi sebelum berangkat sangat penting untuk Anda mencari informasi seputar tata cara ibadah umroh sehingga tidak melakukan kesalahan tanpa disadari. Dengan cara seperti ini Anda bisa maksimal dalam melakukan ibadah.
 
Jadi diharapkan Anda melakukan persiapan sebelum jauh hari sehingga bisa maksimal dan tidak ada yang terlupakan. Apalagi nantinya Anda harus melakukan persiapan baik fisik maupun rohani sehingga bisa khusyuk dalam beribadah.
 

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Berangkat Umroh

 
Walaupun penting untuk Anda mengetahui tata cara umroh namun terdapat beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sejak jauh hari. Salah satu hal yang harus Anda 
ketahui adalah langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum Anda berangkat.
 
Jadi sebelum Anda berangkat sekalipun terdapat tata cara yang mengatur Anda untuk melakukan apa saja sehingga tidak kelewatan. Dengan cara seperti ini Anda bisa melakukan ibadah menjadi lebih maksimal.
 
Sebelum Anda berangkat Maka sangat disarankan untuk melakukan shalat Sunnah Safar sebanyak 2 rakaat. Nantinya ada harus membaca surat al-fatihah dan surat pendek seperti al kafirun di rakaat pertama dan di rakaat kedua boleh membaca Al ikhlas.
 
Jangan lupa pula sabun keluar rumah Anda membaca doa agar selalu dilindungi oleh Allah atau Anda. Tentunya hal ini tidak boleh Anda lewatkan akibat terlalu berfokus dengan tata cara umroh.
 
Serta sebelum berangkat sangat disarankan jika Anda berdoa untuk keluarga maupun teman dekat Karena nantinya akan meninggalkan mereka selama beberapa waktu. Serta Jangan lupa untuk membaca doa ketika naik kendaraan termasuk pesawat. Tujuannya adalah agar perjalanan Anda menjadi berkah dan aman.
 

Tata Cara Umroh yang Harus Anda Ketahui

 
Ketika Anda ingin menjalankan ibadah ini maka wajib mengetahui tata cara umroh. Dengan adanya informasi ini maka bisa dijadikan pegangan agar bisa melakukan ibadah ini secara maksimal. Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan yaitu:
 
1. Melakukan mandi junub
 
Sebelum Anda berangkat ke miqat maka ada baiknya melakukan mandi junub untuk menghilangkan hadas. Jadi tidak cukup untuk sekedar mandi saja untuk membersihkan diri Anda. Namun dengan mandi wajib Anda bisa menghilangkan hadas sekaligus. Jangan lupa pula untuk Anda menggunakan wangi-wangian dan berwudhu.
 
2. Menggunakan pakaian untuk ihram 
 
Setelah Anda selesai mandi maka menggunakan pakaian ihram di mana berupa kain yang menjuntai dan tidak memiliki jahitan. Tentunya terdapat perbedaan antara pakaian ihram laki-laki dengan perempuan di mana untuk laki-laki terdiri dari dua lembar kain yang berguna untuk sarung dan penutup pundak.
 
Sedangkan untuk perempuan harus menutupi seluruh tubuh dan tidak boleh menggunakan niqab di mana harus sesuai syariat. Serta jangan lupa untuk berniat dari miqat.
 
3. Selama perjalanan ke Mekah membaca talbiyah
 
Setelah Anda melakukan ihram di miqat maka ketika menuju ke Mekah ada baiknya untuk membaca talbiyah.
 
4. Masuk ke Masjidil haram
 
Ketika melakukan umroh Maka jangan lupa untuk masuk ke Masjidil haram di mana ketika masuk ke dalamnya harus membaca doa masuk masjid dan mendahulukan kaki kanan 
terlebih dahulu.
 
Setelah masuk ke Masjidil haram maka Anda bisa ke Hajar Aswad untuk mengusap dan mencium batu tersebut. Namun apabila tidak mampu melakukan hal tersebut Anda bisa memberikan isyarat berupa lambaian tangan sehingga tidak perlu memaksakan diri.
 
5. Melakukan tawaf sebanyak tujuh kali
 
Ketika Anda melakukan umroh maka harus melakukan tawaf sebanyak 7 kali di mana dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di tempat tersebut juga. Bahkan disunnahkan di dalam ibadah umroh Anda berlari kecil sebanyak 3 putaran pertama dan berjalan biasa di empat putaran terakhir.
 
Oleh sebab itu inilah beberapa tata cara untuk umroh yang wajib Anda ketahui sehingga bisa dijadikan pegangan pada saat beribadah. Informasi tata cara umroh membuat Anda tidak kebingungan pada saat menjalankan umroh.